Saturday, May 1, 2010

babysitter-another problem....

ingat postingan gw yg ini akhirnya-pakai-babysitter di bulan maret???*gw ambil pas bulan februari tanggal 25*
dan ingat dong kata2 gw "Dan juga mau gw kirim dia ke prodia buat cek kesehatan : tbc,hepatitis,hamil dan HIV..".....karena gw ga sempet2...gw br bisa jalanin semua tes itu di bulan april...

babysitter gw sebutlah si S...alhamdulilah anaknya baik...baiiiiik banget...so far gw ga pernah marah atau jengkel atau kecewa..kalupun dia ngelakuin kesalahan ...ga ada yg parah...
anaknya rajin dan kerja ga itungan...ga pernah ngeluh dan ga pernah sakit....
sayang banget sama ava...dan juga care sama kondisi rumah gw 
*kalo pas prt gw pulang weekend..dia ga segan2 nyuci or masak juga..pdhl udah dibilang ga usah...*..
.jadwal ava sama si bs gw ini cuman pas pagi *jemuran* sama siang2 kalo gw makan atau sore *main di halaman*..sisanya masih sama gw.....mandi-makan *gw yg masak n nyuapin*-poop dst..gw masih pengang dia..bs gw lebih banyak waktu luang..toh si ava ga rewel dan juga gw ga mau walaupun ada bs..semuanya diserahkan ke bs...intinya...anak ini baik sekali...jujur,tulus dan pintar..

pas ada waktu luang..gw suruh dia tes ke Prodia yg dekat rumah...
gw minta dia untuk tes :

1.hepatitis B
2.Hepatitis C
3.TBC (darah n xray)
4.HIV
5.Hamil

hasil di fax malamnya..*gw tes siang*...orang prodianya tlp....dan jelasin...kalo bs gw ini POSITIF HEPATITIS B...dan prodia sempet2nya pesen "bayinya ga tidur sama susternya kan bu"....jantung gw berhenti saat itu juga....gw panik..mau nangis..bingung..marah..kecewa...
alhamdulilah ava udah lengkap imunisasi hep.b'nya...tp kan tetep..ini penyakit menular...*saat itu gw ga tau gimana cara menularnya...*

gw saat itu bingung..gw minta nyokap yg ngomong ke si bs...krn hasil lab harus dibaca sama dokter..malam setelah gw terima hasilnya..gw nangis...gampang ya gw tinggal tlp yayasan, bilang bs gw sakit hep.b..minta ganti baru..toh baru 1 bulan kok...tp apa yg gw pikirin???gw nangis karena gw mikir "Ya Allah, anak ini jadi bs kan karena gajinya lebih besar sedikit dari PRT...buat bantu ibu n adeknya dikampung....kok dikasih sakit yang bikin dia pasti ga bisa lagi jadi bs"...trus pikiran kaya "gimana kalo dia malah ga bisa kerja dimana2" "gimana kalo dia ga punya uang untuk bayar obat"...etc etc...intinya gw nangis karena kasihan sama bs gw....dan gw bingung hrs nyari bs yg cocok lagi donk..anak gw udah cocok sama si S ini...tp dia sakit :(

setelah itu gw tlp dokter endah, untuk sementara AVa insyallah aman, karena udah terproteksi *dimana selanjutnya (hari ini) gw baru deg2an karena ada tes yg hrs dijalanin ava krn udah deket2 sama orang yg terinfeksi Hep.B*...jd nyokap n si bs besoknya ke dokter deket rumah gw..di RS.Suyoto *kalo sering lewat bintaro-veteran tau deh*...gw langganan sama dokter disana..jadi kalo mau tuker pikiran enak...

si S disuruh tes SGPT-SGOT (fungsi hati)...kalo nilainya diatas normal..artinya selain dia positif hep.b...dia juga sedang masa infeksi..*sangat menular*..
ternyata hasil SGPT-SGOT'nya diatas normal (normalnya 25..dia yang satu 37 yg satu lagi 30)...
sama dokter gw dikasih obat merk C...ternyata itu hanya semacam "vitamin" untuk menjaga kestabilan fungsi hati CMIIW ya..gw bukan dokter n info yg gw terima dari orang ke 2..

gw mikir2 kapan nih anak tertularnya..apa dari rumah gw *kalo iya gw wajib tanggung jawab sembuhin dia...*.....akhirnya satu rumah *kecuali bapak gw-laki gw-adek gw dan ava* dites darah semua..total ada 8 orang (satpam2,prt,supir,dan gw sendiri)....krn banyak prodia layanan ambil darah ke rumah..hasilnya???semua negatif hep.b...jadi si S ga ketularan dari rumah gw....trus?si S dipecat...oooh enggak...krn masih ada sinar harap2 bahwa dia bisa sembuh...
.selama 2 minggu si S minum obat C, gw bilang dia jangan terlalu capek dan terlalu dekat sama ava...selain minum obat C, dia bikin sendiri tuh jamu2an pait..dari kunyit,daun meniran trus apa lagi direbus gt.....alami bgt....dia rajin bgt minumnya..mau sembuh soalnya..dia bilang dia betah banget dirumah gw....

abis 2 minggu dites...hasil sgpt dan sgot'nya bagus.....malah dibawah angka normal...jd dia sehat..tapi! gw tetep harus tes lagi si hbsag...*ini nilai yg menunjukkan apa dia masih ada virusnya atau engga*..gw hrs nunggu 3 minggu dari pertama dia tes hep.b dan minum obat2+jamu..
tesnya 2 hari lalu...hasilnya masih positif...kemudian gw tlp kakak ipar gw..tanya langkah selanjutnya di tes apalagi..kata kakak ipar gw cari tau apakah virusnya masih aktif atau enggak...
krn gw ga ngerti..gw tanya prodia..dan disuruhnya cek HBeAg......itu buat liat apakah si S dalam masa "terinfeksi" atau "pernah terinfeksi".....kemarin dia cek lab lagi....
hasilnya baru tadi siang...dan ternyata dia dalam masa "terinfeksi"
gw bingung banget...akhirnya gw berani nge twit ttg bs gw..sebelumnya gw hanya nyaru2 aja..karena takut bs gw ternyata sehat...hari ini ketauan dia bener2 sakit...
akhirnya si bs gw ajak ke dokter dulu..buat tau apa sih dampak penyakit ini,bagaimana penularannya, gimana kalo ga diobatin,,

kita ke RS.Yadika ciputat *masih deket rumah gw...dan juga salah satu rumah sakitnya Ava*..
ketemu dokter internist namanya dokter Imran Tino ....dokternya to the point dan penjelasannya cukup jelas..dia sempat tanya 
Dokter : "ibu kok ngerti harus tes sampe detail begini?ibu keluarga dokter?"...
gw jawab : "bukan...tp saya punya syarat kesehatan utk orang yang mengasuh anak saya dok, si S ini saya tes hep.B,Hep.C,Hamil,TBC (darah dan xray) dan HIV"
si dokter langsung kaget dan bilang "HIV juga? saya salut..ibu concern..seharusnya ibu2 lain yang anaknya diasuh babysitter memberlakukan sistem seperti ini..jadi anak sehat dan semua tenang"...
gw ga GR ...krn saat ini jantung gw lg pindah tempat..tp gw lega krn dokter sendiri bilang langkah2 yg gw lakuin tepat...
*mudah2an mamak2 yg lain yg pake babysitter mau ya ngeluarin uang skitar 800-900rb utk tes kesehatan babysitternya...demi anak kita juga loh mak*

dokter jelasin kalo penularan Hep.B itu lewat darah...apa gunting kuku(halo mamak2 yg suka meni pedi),cukuran,sikat gigi,hubungan sex,jarum suntik *serem ya mirip2 sama penularan HIV*

dan saat ini si S dalam kondisi TERINFEKSI dan baiknya tidak mengasuh bayi dulu...
trus dokternya tanya.."bu..anaknya sudah imunisasi Hep.B?"...
gw jawab : "udah dokter sudah lengkap semua"
dokter : "apakah ibu tau kalo anak ibu kebal hep B"
me : "eeerrr ya kan sudah diimunisasi"
dokter : "tp belum tentu kebal!"
me : "hah"
dokter : "satu2nya imunisasi yg bisa dicek ditubuh manusia,apakah sudah ada kekebalannya atau tidak....adalah imunisasi Hep.B...jadi ibu besok cek anaknya ke lab...suruh tes anti Hbs....kalo positif..berati anak ibu terlindungi" (sekali lagi...CMIIW...gw terlalu banyak pikiran bisa aja ketuker2 apa yg gw tulis ttg HBS atau HBE)
me : ooh..ok dok
dokter : "dan bu..si S ini bisa dites sekali lagi untuk kadar Anti Hbe'nya..buat lihat si virus ini sedang "indekost" aja atau dia sedang "ngerusak"...krn saat ini fungsi hati (sgot-sgpt)'nya normal....kalo virusnya hanya indekost..ya kita harus jaga nilai fungsi hatinya....kalo nilainya naik 2 x lipat dari normal...baru bisa dikasih obat"

dokter Imran juga bilang "saya sebenarnya tidak setuju dengan adanya SUNATAN MASAL..ibu tau tidak..jika sunatan masal itu bersihin alat2 utk menyunatnya tidak sesteril di rumah sakit...bayangkan jika yg disunat anak no.3 kena hep.b..lalu ada 100 anak yg ikut sunatan masal....sisanya 97 anak kena hep.b semua bu....selain itu juga harus hati2 dengan dukun sunat bayi perempuan..biasanya pisau yg digunakan tidak steril...(bah...gw jd inget cerita emak gw dimana dia ngamuk2 sama dukun sunat gw pas bayi dipalembang..gw dipaksa disunat sama nenek buyut gw...dan si dukun sunat ini pisaunya udah kaya karatan gt kata emak gw...dan emak gw jejeritan nyuruh pisaunya direbus dulu dan disiram alkohol...si dukun awalnya bilang pisau itu "sakti" dst dst..tp emak gw bilang kalo ga mau disteril ga boleh anaknya disunat...hiks....ngeri bgt sih!!!)....."

ternyata si S ini sebenernya belum parah..gw pengen dia tes anti Hbe...tp kayanya anaknya keburu drop..nangis terus :( kasian....dia sampe bilang dia dipulangin aja....well gw udah pasti cari bs baru..tp kalo si S dipulangin...apakah teman2 tau yg terjadi????

1.gw dapat bs ganti dari yayasan....gw ga bayar2 lagi kecuali gaji....tapiii..si S "berhutang" 600ribu ke yayasan krn dia harus dibalikin...dan S harus bayar itu.

2.pilihannya si S dipulangin kekampung sama yayasan krn sakit n udah pasti ga bisa jd BS...atau kalo yayasannya nakal..si S tetep dikasih ke client lain yg cari BS dan ditutupilah itu penyakitnya...

well...saat ini gw lagi nyuruh dia mikir...apa yg mau dia pilih....stay with us tp ga jadi BS..tp jadi PRT....atau pulang kampung (2 pilihan ini disertai pengobatan yg dibiayai gw n nyokap gw)...atau pulang ke yayasan....(kalo dia pulang ke yayasan...gw ga ngobatin)

*fyi obatnya lumayan mahal....sekitar 2 juta perbulan...harus minum selama 6bln-1thn...tp insyallah kalo si S mau diobatin....gw sm nyokap sanggup
utk biayain pengobatannya....dan BELOM TENTU SEMBUH TOTAL..paling enggak kesembuhannya 80%....dan dia hanya tidak bisa jadi donor darah....*

gw sih udah mulai browsing2 yayasan lagi...

berat memang....masalahnya udah cocok banget.....dan harus ngelepas orang yg kita percaya karena alasan kaya gini.....

postingan ini gw buat untuk semua yang concern...mudah2an tidak lupa...siapapun yg kita percayakan untuk merawat anak kita...jadikan dia orang yang sesehat yg kita inginkan.....jangan krn kita sibuk cari uang atau sekolah...malah si anak *amit2* tertular penyakit yg aneh2 dari si perawatnya.....
jangan cuman tes TBC...tes semuanya....yg gw tulis diatas....sebelum semuanya terlambat....

gw yakin dari semua kejadian ini pasti ada hikmahnya buat keluarga gw....mungkin gw diingatkan untuk cepet2 selesaikan tesis dan jadi full time mom buat ava.....

doain gw dapat BS pengganti yang seperti si S tapi sehat jasmani n rohani ya.....


*last update* (2/4/10)

babysitter gw memutuskan untuk pulang kekampungnya...dan gw setuju,,gw bawakan dia uang dan juga vitamin2 utk dia dikampung, dan gw pesan kalau dia butuh utk cek lab (sgot dan sgpt) yang harus selalu dipantau..kalau2 dia belum ada kerjaan boleh tlp gw nanti gw transferin uang..

gw minta dia ga usah bilang ke yayasan..karena apa??toh si BS udah lepas kontrak...gw bayar semua potongan gajinya dia....dan gak ada dokumen miliki si BS yang ditinggal di yayasan *kecuali ijazah susternya dia..nanti gw minta pas tepat 3 bulan gw ambil si BS di yayasan*
hal ini gw lakukan untuk mencegah yayasan berbuat yg nakal..atau malah BS gw nekat krn butuh duit jadi nakal...dgn tetap bekerja jadi sitter...dan gw sama aja membahayakan kesehatan anak orang lain....

bs gw setelah gw bujuk dia setuju utk alih profesi....gw bilang jadi BS emang uangnya besar, tp Allah udah ngatur jalan kamu bukan disana rejekinya, siapa tau kamu dikampung malah punya rejeki lebih banyak ketimbang kamu jadi bs...
*dia sih nangis terus..karena alasannya berat bgt ninggalin keluarga gw...dia betah bgt disini..anak gw ga rewel,jagainnya mudah,makannya gampang,...*,,ini salah satu pembicaraan gw sama si bs

me : S,maaf ya ibu harus mulangin kamu,pdhl kamu kerjanya udah bagus banget,ava sayang sama kamu,ibu juga merasa kamu bener2 bantuin ibu banget...ibu minta maaf kalo2 selama kamu kerja 2.5bulan ada yang ga berkenan,,

S : saya bu yang minta maaf.......saya membuat ibu keluar banyak uang untuk saya,dan juga harus repot tes darah orang2 rumah dan juga sekarang ibu harus cari gantinya saya,padahal ibu sedang repot banget...

***disini gw ga bisa ngomong..gw dah nangis juga...dia tau banget gw lagi repot...besok gw HARUS kuliah,minggu ini HARUS kelarin tesis, laki gw besok berangkat keluar kota, ava masih flu,nyokap gw ga kuat jagain ava....******* 

me : ya sama2 ya S, ibu minta maaf, ibu minta kamu sehat2 di kampung dan doain biar ava dapat pengasuh yang sama baiknya kaya kamu,yang sayang sama dia dan sehat ya...

*i'm not good in GOODBYE.....kaya gini yang ada gw nangis mulu deh :(

besok dia diantar supir gw ke stasiun kereta....gw suruh dia sms kalo sudah sampe kampungnya...*bs gw ini ga punya hp....tp sodaranya punya...
mudah2an dia sehat2.....gw doain biar dia dapat rejeki dan selalu sehat

*oiya gw juga bawain hasil darahnya,,untuk dia jadiin patokan kalo mau cek darah dikampungnya...

thats it...ini pertama kalinya dalam hidup gw...gw harus mulangin "karyawan" pertama gw *yg bener2 gw gaji sendiri*...dan dipulanginnya bukan karena dia ga baik,ga sopan or yg jelek2...tp karena dia sakit :(

kesehatan ava yang utama...insyallah anak gw selalu sehat....besok kami sekeluarga akan cek Anti Hbs di prodia..doakan kami sehat2  dan cepat dapat bs baru ya *td udah tlp 30 agen...yg ready stock minta gaji mirip2 sama uang jajan laki gw sebulan....hiks*

^makasih buat teman2 yg udh comment dan RT tulisan gw....mudah2an kita semua dapat pahala krn menyebarkan info baik ya....






4 comments:

d e p e z a h r i a l said...

jadi.... Si BS ini ketularan darimana ya kira2? Sebelumnya apa pernah kerja dimana gt?
Ribet ya bu... Agak curcol dikit, aku juga pusing ngurusin thesis sambil ngurus anak+rumah tanpa asisten. Tapi kalo ngambil asisten berarti harus ngurusin semua tes-tes kesehatan itu ... Yang ada aku bakal setressss... All the best ya mak, at least she owe you sumthin,,,, her life... jadi prt pun jangan boleh masak lah, ngeri kalo kepotong atau lupa nyicip pake sendok segala macem... peralatan makan ga boleh bareng kan...? Bukannya kejem, daripada repet bin repot...

ariendariendarienda said...

mba Depe...
entah kapan dia ketularannya mbak....krn virus ini baru merusak jika nilai fungsi hati berubah 2x lipat dari nilai normal..dan itu memakan waktu 5 taun...

sebelumnya dia jd bs juga rawat balita gt(selama 2 taun)...sebelumnya lagi rawat manula selama 8tahun,.,

iya mbak skg si bs udah pulang....bener bgt pikiran mbak...kalo sampe luka atau gimana2...
thanks for comment mbak

Anandhita Harmujianto said...

riend, pertama gw ikut sedih. soal si BS itu. kasian. ikut mendoakan yg terbaik buat dia :'(
kedua, gw terharu. salut deh sama lo. mau repot2 ngobatin. kan bisa aja pas tau hasil lab lo tinggal balikin ke yayasan. tp lo usaha dulu buat nyembuhin. semoga BS yg baru ga ada masalah apapun ya, riend...

epi said...

hallo ariend..selama ini aku silent readernya blog mu :-), anyway bisa minta infonya yayasan BS yang BSmu ini sakit? kayanya yayasannya bagus ya? sori bgt terpaksa nanya2 gini, so hopeless soalnya ga ada pembantu or BS saat ini. Bisa info ke welove_epi@yahoo.com. makasi banyak ya :-).cheers.epi