Wednesday, March 31, 2010

Anak ke 2 oooh anak ke 2

Judulnya berat ya!
Gw diteror!!!sama emak dan hubby gw utk punya anak 1 lagi,,pdhl gw bener2 ga kepikiran utk tambah...*i got many reasons!..
Dan muncul banyak syarat kalo emang mau nambah baby lagi....
Kenapa gw ga kepikiran utk nambah lagi??gw sangat traumaaaa sama kehamilan n ngurusin anak gw si ava...terlalu banyak orang ikut campur n komen dan merasa paling bener sama komen mereka!
Jadi kalo emg gw mau punya anak lagi...semua hrs nurutin syarat gw ;
1.Ga boleh ada yang liat kalau gw lg nyusuin (breastfeeding) anak gw..apapun alasannya!kecuali gw ijinin!
2.Ga ada yg boleh maksa gw utk ngasih asix atau ngasih sufor ke anak gw..its my own decission!
3.Gw ga mau dipaksa ikut seminar asi dsb....
4.c-section pleaseee!!!!
Hihihi semua syarat ini mau dilakuin hubby n keluarga gw....
Gw sempet ngobrol sm sahabat gw si dila,ttg rasa takut gw kalo ga bs sayang sm anak ke 2 seperti gw sayang sm ava..atau ketakutan gw akan berubah jd emak2 stress krn punya 2 anak dengan waktu yg berdekatan dan ngerasa hectic yg ada anak gw bisa kena marah atau gw yg cranky mulu....
Trus dila nanya
"Emang pas lo hamil ava lo tau klo lo bakalan sesayang ini sama dia?"....
Nyesssss...bener bgt...bahkan gw pas ava lahir aja masih ga segitunya rasa sayang gw...krn jujur..proses sc dan persalinan yg panjang n lama bikin gw masih dalam tahap shock!
Lahir 2 hari..leukositnya tinggi...dan asi gw keluarnya masih gitu2 aja....mulailah gw ngerasa makhluk kecil ini sangat bergantung dgn gw.....abis itu jg ava kuning...dan pas gw dirumah gw ga bs tidur,,gw nangiiisss aja kerjaannya....
Baru disitu gw sadar kalo gw cinta bgt sama ava :)
Again dila bilang.....kalo proses hamil 9 bln itu sebenernya proses mulai tumbuhnya kasih sayang...bener sih....bayangin,gw rela ga makan sushi,ga makan bakar2an,ga mau deket2 orang ngerokok,ga mau sakit,,ikut hypnobirthing,senam n yoga hamil..itu semua buat ava kan ya :)
Selain itu gw super takut akan ga adil sm anak gw...kalo gw punya 2..otomatis pasti (ga mungkin engga) gw akan lebih sayang sm salah satunya...ga mungkin sama...*ini yg gw rasain sm emak babe gw*....dan gw ngerasa takut!gw takut anak gw akan sedih dan ngerasa dia ga disayang...
Banyak deh ketakutan2 gw bayangin punya anak 2.....krn gw sendiri 2 bersaudara dgn umur yg cuma beda 1 taun 1 bulan...
Gw ngerasain ga enaknya harus ngalah sm adek gw dengan alasan "kasian kan dia waktu km sakit,mami cm merhatiin kamu bukan adek"....
Dan gw liat betapa sebelnya adek gw sama gw pas gw sakit dia ga diperhatiin sama sekali :(
Emak gw cuma sendirian...perhatiannya kalo ky gt fokus sama 1 aja,,gw ga ngebayangin aja gw akan jd kaya dia jg..pdhl sebelumnya gw bener2 ga mauuuuuuu sampe ky gt....
Ketakutan2 gw ini pas gw ceritain sm emak gw jawabannya "lah..semua ibu2 jg ky gt kok...."....gw jawab "pantes gw modelnya kaya bocah stress gini"....hahahhahaha
Tp hubby,denger semua ketakutan gw...dia diem..krn dia yg dari 4 bersaudara,ga tau rasanya cuma punya 1 saudara...ga tau rasanya iri,benci,sebel,dendam atau butuh perhatian dr ibunya....
Akhirnya kata2 yg keluar "kita liat 1 taun lagi.....nambah atau engga"....
Dan gw setuju..ini demi kepentingan ava n kalo iya jadi..kepentingan adiknya ava....
Ga ada orang tua yg sempurna,tp kalau semuanya bs direncanakan dan dibuat sistem kan jadi lebih baik :)
*ribet ya..mau tambah anak aja ribet....nah gw beli springbed aja bandingin 10 merk, 4 mall dan 20 lebih jenis.....gimana iniiiih....
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tuesday, March 23, 2010

seminar hypnoparenting "the resume"

hypnoparenting - elly risman
*rewrite from her handout n catatan gw sendiri...*yg catatan gw sendiri fontnya italic n warnanya   maroon ya*


*hypnosis : porses memasuki pikiran bawah sadar manusia dengan tujuan untuk memberikan sugesti yang dapat menambah atau mengubah nilai-nilai dasar seseorang sehingga melahirkan perilaku baru yang diinginkan.

*parenting : majalah  bagaimana menjadi orang tua yang mampu melakukan pengasuhan/pembinaan anak dalam bidang fisik, mental, emosional, sosial & spiritual, sejak direncakannya kehamilan hingga masa remaja




hypnoparenting : pembinaan anak dengan memperhatikan kaidah hipnosis, untuk menanamkan rekaman positif dan menetralkaan rekaman negatif pada jiwa bawah sadar anak.
-pembina (orang tua, wali, guru dst) selayaknya sehat dan dewasa jiwanya, paling tidak mengenal keterbatasan dirinya.

untuk menerapkan hypnoparenting : orang tua harus > look in, mau berubah, yakin(1)  (positif self talk).

nggak ada yang namanya sekolah untuk menjadi ORANG TUA...itu kenapa kita gak boleh gengsi untuk mengakui kalau kita salah..bahkan orang tua yang sudah tua (udah jadi nenek2 or kakek2) pasti akan tetap melakukan kesalahan manusiawi

its ok to say sorry to your child...atau mungkin kata2 seperti "mami jadi orang tua karena ada kamu, jadi sebelumnya mami nggak pernah tau bagaimana jadi orang tua dan mami minta maaf jika mami salah"....(can u do that???gengsi ga?)

>>wiring :
ibu kita biasa marah2in kita trus NYUBIT!....
saat kita jadi orang tua (secara tdk sadar)..anak kita nakal, kita marahin,,trus CUBIT!
anak kita jadi orang tua (otomatis saat emosi) ...anaknya nakal, dia marah...trus CUBIT!

kita belajar beberapa hal dari orang tua kita..yang secara tidak sengaja mereka ajarkan ke kita..we must cut the wiring....kita ambil yg baik...hilangkan yang buruk...(pasti ada dong sisi baiknya..ga mungkin nyubit mulu....)

*setiap anak itu unik..
mereka memiliki kemampuan yang berbeda, dan tidak bisa disamakan, memiliki sambungan otak yang terbatas, memiliki kapasitas otak yang luar biasa, memerlukan kasih sayang yang tulus..
>contoh kasus : anak dimarah2in sedemikan rupa, dicaci maki, dicap BODOH karena dia tidak bisa membaca...ternyata dia diseleksia..
*orang tua yang tidak mengerti akan terus mencap dia bodoh...orang tua yang mengerti akan mencari jalan untuk menelaah kemampuan anaknya 

kita melihat anak jangan dari satu sisi saja....
misalnya : si anak nakal, suka memukul temannya, tidak mau belajar...
kita harus liat sisi lainnya : dia rajin sholat, kalau disuruh membantu mama'nya tidak pernah menolak,penuh perhatian dengan keluarga..

tahap perkembangan jiwa anak :
*0-1.5 thn: pembentukan rasa aman
saat ini muncul banyak rasa "cemas" pada anak...
1.stranger anxiety : ibu harus bekerja, si anak diasuh Babysitter/si mbak>>si anak akan terganggu rasa amannya,,sebelumnya ia selalu dengan ibunya, tiba2 ada wajah asing yang menggantikan sosok sang ibu
2.separation anxiety : dipisahkan dari "asuhan" ibu terlalu cepat..*yg ini kurang jelas penjelasannya>>>>

other ex: si anak sakit demam, saat menunggu giliran dipanggil ke dokter, si anak digendong oleh babysitter, ibunya duduk sambil baca majalah...*alam bawah sadar si anak tidak akan merasa aman n nyaman pada saat dia sakit..bagaimana bisa dia merasa aman n nyaman saat dia butuh ibunya, dia malah digendong oleh babysitter dan mencium bau tubuh sang Bs ketimbang bau tubuh ibunya sendiri yg bisa menenangkan dia *dan mungkin malah membuatnya cepat sembuh???

*1.5-4thn : pembentukan otonomi/kemandirian
contoh kasus : BULLYING!
anak kita si A direbut mainannya oleh anak S...A nangis2 ke mama'nya :
A: hiks hiks..mainanku diambil maaaa...
mama : kasian..udah main yang lain ya..ini boneka aja..
ini adalah contoh yang SALAH!!!!...kita malah akan membuat anak kita jd anak yang tidak mandiri dan mungkin akan jadi korban bully seumur hidup, dan kita secara tidak langsung mendidik si S untuk jadi anak yang suka membully orang lain...

seharusnya *dengan nada tidak marah ya!kalo emosi malah salah nanti pesannya:
A : hiks hiks..mainanku diambil maaa...
mama A : S..kamu ambil mainannya A ya??
S : iya
mama : kamu udah ijin?
S : belum
mama A: S, tidak boleh ya ambil mainan A tanpa ijin, kalau mau pinjam harus bilang,,,sekarang A, kamu mau mainan kamu balik?
A : iya
mama A : kamu minta sendiri ke S
A : kembalikan mainanku dong S
*disini anak A jadi mandiri dan bisa mengemukakan keinginannya dan seharusnya tidak jadi pengecut. S pun akan belajar, bahwa mengambil milik orang lain itu salah jika tidak ijin sebelumnya...
>yang susah menurut gw kalo tiba2 emak atau bapaknya si S ada trus malah marah2in gw sbg emaknya A.....*bisa berantem gebuk2an yg ada :p*....tp ya intinya kita mendidik 2 anak untuk jadi "baik" kedepannya...


*4-6thn : pembentukan inisiatif
anak punya kecerdasan yang berbeda2.....
moms..ga semua anak harus jago matematika khan..kita juga butuh atlet nasional, pelukis terkenal, pianist handal, ballerina lokal,,,

*6-12 thn : pembentukan kemampuan berkarya

*12-18thn : pembentukan identitas diri

>>words! "kalau anak lebih bahagia, otak akan menyerap lebih maksimal<<
anak belajar dari : mendengar, melihat, merasakan..
dia akan berbuat dulu, baru bepikir...

bayangin kalo kita dari pas hamil si anak sudah sering berantem hebat sama suami atau pasangan kita..pas lahir juga berantemnya masih heboh juga*didepan anaknya lagi!...atau mungkin karena jejeritan,si anak bisa denger kita berantem...
kira2 anaknya akan kaya gimana ya??apa dia akan jadi anak pintar yang mandiri, penuh inisiatif, percaya diri dan juga bahagia???
kayanya enggak ya......

case : anak usia 5 bulan tidak bisa tidur kalau tidak nonton/dengar TV..
ternyata si ibu dari pas hamil besar selalu tertidur didepan tv.atau tidur tp tv nyala...

*hypnoparenting bisa dimulai dari bayi masih dalam perut..di 3semester terakhir... 


9 kecerdasan (howard gardner)

cerdas kata (verbal linguistik)
cerdas angka/berfikir (matematik logis)
cerdas nada (musik)
cerdas gambar (visual spatial)
cerdas badan/gerak (kinestetik)
cerdas diri (intra personal)
cerdas sosial (intrapersonal)>>ini gw banget deh hauhauhauhuahuah
cerdas alam (naturalist)
cerdas hidup/spiritual (eksistensi hiudp dan spiritualis)

gaya belajar : melihat (visual), mendengar (auditorial), melakukan (kinestetik)

*banyak banget niih handoutnya gw singkat yang penting ajah yaaa...*pegal* mudah2an gw dpt pahala..hihihiih


>fungsi pikiran bawah sadar :
gudang besar yang menyimpan:
*kebiasaan positif n negatif n refleks 
*emosi atau kebiasaan mengenai suatu keadaan yang berhubungan dengan orang lain/benda
*Keyakinan atau kepercayaan atau nilai-nilai hidup
*persepsi : bgmn melihat, merasakan, mendengar..dll
*kepribadian
*intuisi
*memori jangka panjang
*kreativitas

cara menjangkau alam bawah sadar : pengulangan, identifikasi kelompok, ide disampaikan oleh figur yang dipandang memiliki otoritas, emosi yang intens,hipnosis

hypnoparenting hanya bs dilakukan saat anak berada dalam "gelombang" 
>alpha : pikiran hanya terpusat pada satu perhatian, fokus
>theta : kondisi hampir tertidur
jadi kondisi2nya untuk melakukan hypnoparenting : saat anak rileks, terfokus, lelah, sakit, saat bercerita, anak sedang bergantung,hampir tertidur, anak menyusui, saat hujan turun

*maksud dari hypnoparenting adalah..di saat2 ini kita masukan tuh atau bisikin kata2 yang mau kita sampaikan...
ex : anak bunda khan pinter ya,jadi minum susu harus banyak,biar cepat besar,biar sehat..
atau...
anak ibu udah besar ya,besok kalau mau sekolah pakai seragam sendiri, siapin buku sendiri, khan udah besar
atau
sayang, kalau nanti kamu belajar matematika, trus kamu dapat nilai bagus,kamu bisa jadi apa aja yang kamu mau...
ya hal2 kaya gt deh....yg pasti positif dan ga ada nada ancaman didalamnya..

*kaya apa sih ngancam itu???

ex : pagi2 mama bangunin D untuk berangkat sekolah
mama : D bangun!udah jam berapa ini!belom sholat subuh!udah keburu sholat duha yang ada!bangun mama bilang!bentar lagi jemputan datang!nanti terlambat mama nggak mau antar kamu sekolah!BANGUN!!!!

*lihat deh...dalam satu menit mama udah ngeluarin kalimat negatif yang mengancam...padahal si anak buka mata aja belum...ini udah masuk ke alam bawah sadar..kalo gw jadi si anak pikiran gw adalah

"terserahlah ga usah sholat,,atau ga usah sekolah sekalian..duuuuh gw pengen cepet2 kuliah jadi ga perlu bangun pagi n ikut jemputan..mama cerewet!"...

see.......pagi2 sudah dimulai dengan negatif...gimana hari si anak mau positif???

proses hypnoparenting :
1.relax : orang tua dalam keadaan relax untuk mendapatkan energi bawah sadar n berkomunikasi spirit to spirit dengan anak..
relax iidentik dengan tenang, fokus, mampu mengendalikan impuls, tidak emosional
*kalo lg emosi..tarik napas panjang...terus senyuuummmm....


2.pilih saat yang tepat *tolong dilihat ttg kondisi alfa n theta yaaa...

3.Visualisasi : bayangkan situasi yang diharapkan *bukan tidak diharapkan*>>gunakan alat bantu yang memiliki ritme yang konstan : detak suaram jam, musik, suara hujan,suara ac, suara kipas angin

4.lakukan body contact *bukan mukul atau nyubit yeaaa*
contoh : usap2 kepala, dahi, punggung, serta sugesti seperti tos, jabat tangan khusus,genggam tangan..dilakukan berulang2..sehingga pada saat kita melakukan sugesti itu..si anak akan merecall memory dibawah sadarnya ttg apa yg kita ucapkan saat melakukan tindakan itu...

5.Positive programming
menggunakan niat/kalimat yang positif..contoh : RAJIN (bukan tidak malas), TENANG atau DIAM LEBIH BAIK (bukan "jangan ribut")

6.tanamkan kalimat sugesti/afirmasi positif
mulai saat ini> bukan >akan
kamu bisa>bukan>kamu akan bisa atau kamu jangan sampai gagal

7.kembangkan keyword untuk membentuk jangkar emosi :
>>noted!coba biasakan panggil anak dengan panggilan : nak,sayang,baby,kiddo etc..ini akan menjadi jangkar emosi..saat kita sedang emosi..sangat tidak mungkin marah dengan teriak "SAYANG!!!"...berbeda saat kita panggil namanya "AVA!!!">>jadinya marah beneran...hihihihihih

#pantangan saat kita melakukan pembinaan anak
1.labeling : mencap :NAKAL,MALAS,BODOH,LAMBAN,PEMBOHONG >>>jika selalu dicap seperti ini apakah si anak akan jadi anak baik,manis n penurut..i dont think so!
kita sebagai orang tua JANGAN MAU!!!kalau anak kita dilabeling sama orang lain..such as other parents or school teachers..
contoh ya...
adek gw saat TK!dia dicap sbg anak nakal yang pakai TANGAN SETAN karena adek gw KIDAL(WTH!!!!)...akibatnya adek gw dendam sama si guru, dan dendam sama temennya yg bikin dia dicap anak nakal(jd ceritanya si adek gw ini lagi jalan trus diselengkat sm temennya....adek gw jatuh tersungkur dilantai..tp dia ga langsung balas..dia baru balas aksi temennya pas temennya lg main ayunan sama adek gw dijedukin tuh muka temennya ke ayunan*dan berakibat bibir temennya JONTOR)..si guru ga mau denger cerita adek gw knp dia jontorin bibir temennya, yg guru itu tau adek gw KIDAL(dan menurut agama islam versi dia..anak kidal tuh ga ada..yg ada anak yg pake tangan setan)...dan adek gw nakal krn jontorin bibir temennya...
akibatnya??...adek gw ga mau sekolah 1 bulan..nyokap gw ke sekolahannya dan nyuruh gurunya minta maaf...nyokap gw ga terima gurunya ngomong gt..dan nyokap gw tau cerita ttg bibir jontor itu stl bujuk2 adek gw utk cerita...ck ck ck..akhirnya gurunya minta maaf ke adek gw, tp adek gw terlanjur dendam..jd dia pindah kelas....
see...kita jadi orang tua harus standout utk bela anak kita...kalo memang dia salah kita yg harus negor sendiri tanpa orang lain lihat n mempermalukan anak kita....

2.Comparing : membandingkan anak dengan saudaranya (its so my mom!...but hey..she's human)
*jangan pernah membandingkan anak dengan siapapun...
ex : duuh kamu ga bisa ya sepintar kakak kamu!liat dong kakak kamu tuh pintar,rajin,ga pernah bikin mama dipanggil wali kelas terus kaya kamu
atau
ex : pinter banget ya si G...kok kamu ngga bisa sih sepinter dia, padahal semua udah ibu kasih!
try this > kalo si anak bikin salah...kita menegur dia dengan cara dipanggil ke kamar..kunci kamarnya..jadi hanya kita ber2 sama si anak aja..kalau anaknya cowok akan lebih baik bapaknya yg menegur*tp kita tetep boleh ada didalam ruangan itu*....krn anak cowok "otaknya" lebih nyambung sama bapaknya..ketimbang sama ibunya
dan pleaseee...jangan emosi...tarik napas, smile..karena kalo semakin kita emosi..si anak malah akan menjadi trauma dan terancam setiap kali mau kita "panggil" ke kamar..
teknik ini harusnya membuat si anak tidak akan jatuh harga dirinya didepan saudara2nya, dan tidak dibuka AIB'nya oleh orang tuanya sendiri.

#jangan membiasakan anak terlalu lama menonton TV

#anak diatas 2.5tahun sudah harus tidur terpisah kamar dr orang tuanya....karena anak usia ini sudah mulai belajar "pura2"...dia akan pura2 tidur dan tidak mendengar saat kita "ngapa2in"....mungkin buat kita sepele..tp hal ini akan merusak bagian otak si anak yg masih murni*mungkin ini knp bnyk kasus anak sd merkosa temennya ya?*

#anak jangan jadi saksi konflik orang tua*gw akan jelasin panjang lebar ttg ini
jadiiiii yaaaaa.......di dalam otak manusia itu ada berjuta2 sel...dan ada bagian dari otak *kalo ga salah CMIIW* namanya sistem limbik...kalau terlalu tertekan...sistem ini bisa menSHUT DOWN sistem syaraf..
contohnya tertekan karena pelajaran disekolah yg terlalu banyak+les tanpa henti tiap hari...
atau sering melihat orang tuanya berantem..teriak2an...
saat beban sudah overload..maka "otak" akan mengirim kelebihan beban itu menjadi "penyakit" ke organ tubuh lainnya...salah satunya adalah ASMA...si anak yg terlalu tertekan...mungkin akan jadi asma, padahal tidak ada satu orang pun dikeluarganya yg mengidap asma..
*pernah dengern orang yg terlalu stress sampai lumpuh khan?....nah itu sama dngn yg gw jelasin diatas..
(i wont blame on my parents ttg kenapa gw ashma...krn emang udh turunan..tp memang setiap gw stress pasti ashma gw kumat.....jd...mom n dad..masih mau berantem n jejeritan didepan anak??)


note: coba tanya anak ttg pendapatnya dia...tentang apa saja..hal ini akan membuat anak punya kepercayaan dan juga merasa pendapatnya dihargai oleh kita

*huaaaah panjaaaanggg...ngantuk....
udah ya utang gw lunas!!!!

oiya..bu elly risman ini ngadain pelatihan utk komunikasi dalam pengasuhan anak....tiap term minimal 20 orang...gw lg nyari tau cara n biayanya..gw sangat tertarik :)

utk keterangan lebih lanjut :

buah hati : yayasan kita & buah hati
jl.dewi sartika 188 cawang, jaktim
tlp : 80871762-63/98246539
fax :80871763
kitadanbuahhati@yahoo.com

rumah parenting : kita dan buah hati
perumahan jatibening estate blok f-6/21 bekasi
tlp : 8475222
rumahparenting@yahoo.com


Saturday, March 20, 2010

seminar hypnoparenting #1

one word! KEREN!!!!!

ga nyesel ikutan seminar ini, emang sih cheesy bgt pakai kata2 "HYPNO"....karena lagi trend..beberapa temen gw menyerah dan ga gt fanatik sama kata2 hypno (gw walaupun gagal hypnobirthing normal...tp tetep doyan sama seminar :))

awalnya udah curiga..tempatnya di paramadina...seminar macam apa ya....
*sebelum masuk ke seminarnya....gw mau kilas balik ttg pertama kali gw td datang ke paramadina...
------------------------------------------------

gw datang jam 8.15wib (acara mulai 8.30)...gw ga mau telat n duduk belakang..malas!...
pas sampe..gw tdnya naik taxi, karena hubby ga bs anter, and supir gw lagi pulkam....
ok!
sampe paramadina...gw tarik napas dalam2...gw berasa mau diospek...udah 1 tahun gw ga kekampus ini....
masuk lobby..ga keliatan satu bocah pun yg lagi ngerokok sambil main capsa seperti jaman gw kuliah dulu (dulu bukan kampus..dulu posyandu)....yg gw liat mahasiswa lagi buka laptop (entah belajar atau donlot yg "enggak2" ...huihihihihihih)....trus gw jalan ke auditorium....dan tukerin bukti pembayaran, ambil tiket dan goodie bag
pas mau masuk ketemu sama my old friend mona ratuliu..yg kebetulan gw tau seminar ini dr dia juga :)
ga lama gw masuk ke auditorium ini....

mau NANGIS!!!!!
gw duduk dibarisan bangku yg persis disusun kaya gw pas masa orientasi Day 1(agustus 2002)...dan pas gw wisuda (Maret 2006) dan berkali2 seminar dan juga acara yang berkaitan dengan kampus dan akademis....bedanya tujuan gw duduk hari ini adalah untuk seminar tentang menjadi ORANG TUA...

bayangin....8 tahun setelah hari pertama gw taro pantat gw dikursi dan diruangan itu...gw adalah seorang ibu dengan 1 anak, istri, dan juga *amien* calon dosen kampus ini (AMIEN YUK SEKALI LAGI)...

---------------------------------

setelah gw senyum2 sendiri..baru sadar gw dipelototin orang tua yg jadi peserta seminar.....*merasa ga ada yg aneh (deodorant pake, rambut disisir, udah gosok gigi, udah dandan caem juga)..ternyata ooh ternyata.....rata2 pesertanya jilbaban...dan bajunya pun sopan...*bukan gw kaga sopan!tp gw pakai kaos asimetrinya satcas yg nunjukin bahu dan teman2nya.....tp gw tutupin pake shawlnya cottonink yg item dan celana alibaba item...*.....sepertinya saya salah kostum!!!!!....ini bukan kostum yg nunjukkin kalo gw udah emak2...tp gw seperti mahasiswa paramadina yg nyasar masuk seminar emak2....HIKS

selanjutnya acara masih belum mulai......*lama*....sebelah gw setelah melototin gw...nanya "anaknya umur brp mba:",,, *bener kan dugaan gw..pasti dia ngira gw salah seminar*..berikut pembicaraan saya dengan si mba2..
gw : 10 bulan
dia : cw atau cowo
gw : cewek *senyum2 mesem*
dia : masih ASI dong
gw : (senyum2 ASEM)....enggak :) udah ga mau
dia : kenapa..kok bisa..10 bulan khan masih boleh ASI,,,,kenapa
gw : (nyari gas airmata ditas)....hmmm ya udah ga mau aja
dia : emang kenapa, indikasinya ga mau apa, dari umur berapa udah ga ASI
gw : 2 bulan *senyum kecut kaya abis minum keringet ketek mas2*
dia : 2 bulan????????khan harusnya bisa ASI..
gw : *pura2 pingsan, tp sebelumnya semprot si mba2 pakai gas airmata*
,,,,,,,,,,,,,,,,

ga deng....sebelum gw berubah jadi macan kumbang pakai dasi kupu2...acara dimulai dgn sambutan dari MC yg setau gw dia adalah presenter acara gossip di globaltv...abis itu sambutan dr kepala sekolah NIZAMIA (yg ternyata alm.cak nur adalah salah satu penggagasnya) dan ada barisan anak2 kecil yg siap nyanyi dengan nada DO semua....
setelah barisan nada DO....skg giliran murid2 nizamia nyanyi lagu keroncong kemayoran..*menurut gw ini bagus bgt...jaman skg mana ada anak2 sekolah tk-sd yg bs lagu daerah....biasanya khan cas cis cus bahasa inggris*

abis itu acara dimulai...dan pembicaranya adalah ibu Elly Risman....
bu Elly bawain materinya keren bgt...ga rugi gw duduk 3 jam lebih...i learnt alot!....untuk poin2 materinya bbrp gw tweet...beberapa lagi akan gw buat summary dan gw post di next post..krn post yg ini isinya kurang pas utk gw jadiin summary seminar :)

setelah ikut seminar ini...gw tetep merasa Paramadina memalukan....WHY?seperti biasa...auditorium panas bukan kepalang!dan pleaseeee.....soundnya dari jaman gw baru masuk kuliah sampe hari ini masih busuk ajah!mic berkali2 eror....ga kedengeran...bener2 gawat.....

ya.....segitu sajah.....
kayanya pertanyaan ttg anak ibu asi atau enggak akan selalu muncul dimanapun.....kecuali anak gw udah 1 taun...
sempet terpikir utk jawab boong..kaya
"ooh asi dong...masak ga asi sih....saya khan pendukung ASI ekslusif gitu loh..rugi banget ibu2 yang ga kasih asi ke anaknya".....
tp gw ga mau gt.....its not me...terserah mau ngejudge apa orang2 yg suka nanya gt..gw ga peduli...hehehehhee.....anak gw sehat tanpa kurang suatu apapun...alhamdulillah ya Allah :)



*nantikan summary ttg seminarnya di post abis ini*

Friday, March 12, 2010

Seminar hypnoparenting

Aduuuh maaf...telat posting...

Kali2 ada teman2 yg mau ikut (gw sih ikut :) )

Ingin mengetahui mengenai HYPNOPARENTING-Bagaimana Cara Penerapan Pemikiran Positif pada jiwa bawah sadar Anak?

Datang ke Universitas Paramadina dengan pembicara ibu Elly Risjman dan Mona Ratuliu sbg moderator,

tgl 20 Maret 2010 @ 8.30-12.00
harga tiket Rp.60.000,- termasuk snack.
Info lanjut hubungi
Ira(0811956867),
Sisi (08121030784),
Nadira (08159803182),
Nizamia(0217254903).

Acara ini dipersembahkan oleh PA Nizamia Andalusia School. Cepat ya tempat terbatas.

------------------------------------
Powered by Telkomsel BlackBerry®

tedak siten ava naima dewi

tgl 31 januari 2010 kemarin kita ngadain upacara jawa khusus buat ava....


baru sempet update.....banyak yg mau ngadain rupanya hihihihihih....


jadi upacar turun tanah ini sebenernya untuk anak yg berusia 7 bulan atau lebih...(baiknya 7 bulan), gw nunggu  lebih 7 bulan karena menurut emak gw "tunggu ava bisa berdiri deh".....pas tahun baru ava udah berdiri2, makanya kita adainnya tgl 31 Januari :)


untuk upacar adatnya gw milih vendor firma melati karena gw percaya mereka sudah menjalankan upacara semacam ini berkali-kali, dan mc'nya sama pas kaya gw nujuh bulanan :)


dari firma melati disiapkan :
1.mc
2.kurungan ayam yg sudah dihias
3.payung agung buat siraman
4.gentong emas buat siraman
5.bunga2an buat siraman
6.mainan2 untuk disebar didalam kurungan
7.tangga dari tebu untuk dipanjat si anak
8.injek2an utk si anak (yg terdiri dari 7 wadah)
9. mainan untuk dibagikan ke tamu 
10.jajan pasar
11.nasi tumpeng


urutannya sih harusnya begini : 

  1. Membersihkan kaki
  2. Injak tanah
  3. Berjalan melewati tujuh wadah
  4. Tangga tebu wulung
  5. Kurungan
  6. Memberikan uang
  7. Melepas ayam

tapi pada saat ava tedak siten, jadinya

1.membersihkan kaki dibuat menjadi siraman versi mini (dipangku mommy/papee) dan disiram(diciprati) air siraman oleh keluarga (gw saat itu yg cipratin ava banyak banget..hihihihihih biar berkaaah amieeen)
2.prosesi injak tanah......untungnya si ava nggak nangis sama sekali :) malah bengong tepatnya.....dia geli di tanah yg kasar2...dan seneng pas injak ketan....
3. menaiki tangga tebu......gw lupa apa tujuannya...tp selama naik tangga diharapkan mommy n papeenya membisiki hal yang baik2 dikupingnya ava...
4.masuk ke dalam kurungan.....pas disini ava gak nangis juga..yang pertama kali disentuh Al-Qur'an....kemudian dia menggenggam erat 2 macam barang bersamaan "pesawat terbang" ditangan kanan, dan "stetoskop" ditangan kiri..... (dokter terbang yg pinter ngaji? pilot pesawat yang lulusan dokter?hihihihihhi) apapun itu insyallah ava jadi anak yang sehat, berbakti,selalu dalam lindungan Allah swt dan semua yang baik2...
4.keluar dari situ ava digendong di kain gendongan dan nenek2nya+kakek2nya melewati kami sebanyak 7 kali...ava harus ditimang2 sambil dibacakan doa dan harapan2 dikupingnya :)
5.setelah ava didudukan di kursi...dan dikasih "mahkota" tanda lulus hihihihihihihhihi
6.abis itu bagi2 mainan ke tamu yang datang *yg ini tujuannya mengajarkan ava untuk belajar murah hati dan mau berbagi* amieeen.....
7.melepas ayam?......kita ga pake ini...hihihh abis dari firma melati ga nyuruh juga..jadi santai saja :)
jadinya ava disuapin aja pakai nasi tumpengnya :)

note :
# kemarin tante mc sempet "ngomel" ke firma melati, karena dari semua "mainan" yg ada untuk disebar di dalam kurungan, mainannya sudah dibungkus2 jadi terlalu besar, dan al-qur'annya juga besar sekali...kegedean barang di dalam kurungan ntar malah gak dipilih....
#tangga tebunya harusnya 2 arah...biar nggak jatuh..tapi ini hanya 1..hihiihhi
#jangan lupa masukin barang yg kita mau anak kita pilih..misalnya mau dia jadi penyanyi?masukin mic, mau dia jadi pelukis?masukin kuas...gituu

apalagi ya??gw rasa itu aja :) baru sempet update..maafkan yaaaaaa........

siraman mini
dikurung

injek2an

siraman juga

naik tangga tebu....*ava malah sadar kamera*

berfotoooo


Tuesday, March 9, 2010

Info baby kontes itc permata hijau

Gw pas liat ada baby kontes....ada yg mau ikut???gw sih pgn daftarin ava....

*gw cuma rewrite dari flyers;
---

Tanggal pendaftaran ; 26 feb-25 maret..
Tempat pendaftaran didepan carrefour itc permata hijau

Hari acara : 27 maret 2010 di Lt.3 itc permata hijau

Biaya pendaftaran Rp.35.000,mendapat souvenir,
pendaftaran setiap hari pukul 11.00-20.00 wib

Lomba :
Fotogenik (usia 0-5 tahun)
Foto kostum ( usia 1.5-5 tahun)
Merangkak (7bln-12bln)
Bayi sehat (4bln-3.5tahun)
Menyusun kata (3thn-5thn)


*more info :021.84937639
-----------

Buat yg mau daftar,lsg ke itc aja,gw bukan promosi :p...hihihi
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Monday, March 1, 2010

Akhirnya pakai babysitter.........

Foto diatas adalah kelakuan anak panda terbaru...dia suka bikin posisi2 ajaib...hihihi
Ok...pas gw posting status "sepertinya hrs menyerah dgn pakai babysitter"...yg nanggapin banyak bgt..kebanyakan protes kenapa gw hrs pakai...kebanyakan nyuruh gw pakai prt yg gw ajarin utk jagain ava...
Ok..alasan saya akhirnya stl 9bln mengasuh ava sendirian skg perlu babysitter adalah...
1.Gw hrs nyelesein thesis...due date mei hrs lulus....*sebelum komen buru2 baca yg ke 2*
2.Nyokap gw yg biasanya jagain ava,sudah TIDAK SANGGUP lagi full jagain dia..terakhir gw 3jam tinggalin ava sama emak gw..besoknya emak gw migrain 2 hari...hahahahha..ava udh sangat heboh..maunya maiiiiiiiinnnnnn
»Minimal 2x seminggu gw kekampus,perjalanan rumah-kampus makan waktu hampir 1jam lebih,dikampus gw ga mungkin cm 1jam..perjalanan pulang jg gt...dan trus anak gw gimana dong..yg ada gw kepikiran muluuuuu*
3.Tdnya gw ga mau pake BS karena memang gaji BS yg lumayan bikin manyun..alhamdulilah gw ada rejeki n jg gw nemu BS dengan gaji newbie...*lagian bs gw ga full gw tinggal terus sm anak,jd dia setuju pas gw nego bgt gajinya*
4.Kenapa gw ga mau pake prt gw ajarin jd bs...dasar pendidikannya aja udh beda..dan gw ga mau prt gw disuruh full jaga bayi,krn pasti ada aja yg salah...kaya misalnya dia ngerasa tugasnya udh banyak trus hrs jaga bayi jg,atau dia ngerasa tugasnya bukan jaga bayi..atau jg...ga bersih..kalo emg dr awal gw niatnya ambil bs..paling ga bs gw tau apa2 aja yg hrs dilakukan sbg basic..kaya cuci tangan,rambut rapih,pakaian bersih dst..
Gw ga pernah merasa terbebani sama ava,bahkan sebenernya gw tetep ngurusin dia walaupun ada BS....yg mandiin tetep gw,nyusuin dan nyuapin kalo gw dirumah ya gw yg ngelakuin..selama gw msh bs pegang,,trus bs gw ngapain?...dia punya banyaaaaak yg bs dia lakuin..such as,setrika baju anak gw,beresin mainan2nya,bersihin perlengkapan mandinya,cuci boneka2nya...
Gw dapat bs alhamdulilah udh 6 hari ini gw merasa dia cukup OK...cm gw gemes sm jerawatnya,,,minggu ini mau gw suruh facial :)
Dan juga mau gw kirim dia ke prodia buat cek kesehatan : tbc,hepatitis,hamil dan HIV..
*keluarin duit lg tp demi kebaikan ava..isolrait...
Gw sempet wawancara 5 bs sebelumnya,,ga ada yg sreg..rata2 minta gaji jg macam lulusan s1 univ.swasta :p....gw ga ambil krn gw udh jelasin gw ga tinggalin anak gw terus2an sm dia,jd menurut ge ga worthit aja minta gaji gede...
Banyak yg nulis aneh2 di internet ttg BS..gw bismillah aja..toh rata2 alasan bs'nya aneh2 krn : ga dikasih makan yg proper.. (Dirumah gw..orang2 service punya dapur sendiri,,jd mereka ga dibatasin mau makan)...
anak selalu sama BS,sampe tidur jg sama BS (trus BS'nya kapan istirahatnya,,kita aja bisa capek sm anak sendiri,gmn org lain yg ga ada urusannya)...
Bs yg sempet gw interview kemarin2 nanya ke gw "saya boleh sholat 5 waktu kan bu"...ternyata mereka trauma...pas kerja sama keluarga "etnis"..mereka ga diijinin sholat barang sebentar aja..
Gw belajar dr nyokap gw yg punya prt udah 23taun ikut nyokap,dan driver yg udah 15taun ikut kita...mereka bs tahan selama itu krn kita harus legowo sama kerjaan mereka,kalo salah ditegor,,jgn lsg bentak2...kalo ada yg ga pas dikasih tau...
Namanya jg manusia,pasti ada salahnya...
Buat yg sdg cari BS...sabar2 ya.....gw ga mau rekomen yayasan gw krn gw belom liat nih kinerjanya...tp mudah2an cocok yaaa
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Minta maaf

Siapa disini yang susah banget minta maaf? Ga mau ngaku? Gw termasuk orang yang susah minta maaf. Egois banget dan gw selalu yakin gw hamp...