Tuesday, February 10, 2015

Japan #1. osaka kaiyukan aquarium, wifi connection in japan

Nah......
Ga bisa posting full 10days... maafkan karena ribet bener hahahahaha mood suka berubah kalo ceritain liburan....

Kurang lebih itinerary kita selama disana
Day 1 : landing osaka, check in hotel, kaiyukan aquarium.
day 2 : universal studios japan
day 3 : shinsaibashi, dotonburi
day 4 : bound to tokyo using shinkansen, go to asakusa for photo taking in kimono. free time
day 5 : snow snow snow at gala yuzawa snow resort using shinkansen.
day 6 : tokyo free time (dad goin back to cgk)
day 7 : fujioFfujiko museum (doraemon museum)
day 8 : odaiba
day 9 : bound to osaka using shinkansen, check in hotel and osaka free time.
day 10 : back to cgk ^^

day 1
jpn

arr.at 9am. Sampai di kansai international airport alias KIX (osaka) setelah ambil bagasi 5 big size luggages (winter holiday... bajunya setebel2 alaihim gambreng...) terus gw "naro" emak babe ava n bun di resto terdekat (kemarin gw pilih resto kaya yoshinoya gt deh) sementara gw "lari2" sana sini..gw urus ambil pocket wifi yang udah gw pesan jauh2 hari sebelumnya via website (http://www.globaladvancedcomm.com/pocketwifi.html) karena pada saat order gw minta di drop di post office KIX bukan di hotel (internetnya udh gw butuhin dr sampai KIX karena dari airport gw mau naik kereta ke hotel (naik taxi perkiraan biaya 30.000 -40.000¥ ke hotel kita *gw udah email manager hotel sebelumnya utk minta petunjuk arah dan perkiraan biaya taxi)..
terus abis ambil pocket wifi..yang letaknya diujung selatan.. gw lari2 ke ujung utara untuk beli tiket doraemon museum (http://fujiko-museum.com/english/) dan universal studio japan di Loppi machine'nya Lawson...
Udah banyak yang memperingatkan bahwa loppi machine ini ribet dan pegawai2 lawson ngga bisa bahasa inggris.. tapi alhamdulilah mamak tya siapin tulisan "saya mau membeli tiket universal studio" dalam kanji ...jadi pegawai yang bahasanya terbata2 bisa bantuin gw.. (ga lupa gw udah siap dengan apps translator gw juga)..dan setelah tiket beres (tiket ga ns diganti tanggal n jumlah orangnya kalau sudah transaksi di mesin loppi..jd pastiin benar2 dulu).
Oiya ticket doraemon museum gw udah dibeliin duluan sama tya.. karena doi (dan juga gw) parno pada hari gw sampe KIX tau2 tiketnya sold out..karena memang ticket museum ini terbatas dan harus beli in advance..

Okaiiii setelah beres urusan tiket dan urusan internet.. kami ganti baju di kamar mandi... karena keluar train station yg terdekat dengan hotel itu "agak" jalan 5menit...lumayan kan 8°c selama 5 menit ^-^
Kita jalan menuju JR head station di KIX untuk tukar JRpass dan melakukan reservasi kursi..
IMG_20150108_225952
jpng
JRtiket yang gw beli ini untuk 7 hari..karena gw 10 hari di jepang dan yang penting untuk JRpass ini adalah shinkansen'nya..jd gw harus hitung bener kapan gw mau mulai pake si JRpass.. sisa 3 hari tanpa JRpass gw harus beli ICoca card (smart card yang bisa dipake utk semua transport n melakukan transaksi pembelian.. kaya emoney n flazzbca gt deh).oiya rata2 pegawai di JR itu bisa bahasa inggris (beda banget sama pegawai metro *pas gw ke tokyo..wasalam banget deh pegawai metro.. ga bisa bahasa inggris >_<)

20150109_095849
akung dan 5 koper kita segede alaihim hahahhahahha

Beres semua dan bodohnya adalah gw lupa beli icoca disini.. jadi gw beli oneway ticket to osakajokoen station (station terdekat dari hotel).. kita naik kereta deh boyong 5 koper besar n 1 stroller...sampe dikereta (airport express..sekitar 20menitan)..ternyata tiket yang gw beli itu salah! Tapi jangan khawatir.. kondektur yang cek tiket gw bawa2 mesin untuk bayar di kereta.. jadi gw nambah (gw lupa berapa) langsung saat itu jg.

Hotel kita di osaka adalah new otani hotel..
IMG_20150109_152733
the view from our room...menghadap ke osaka castle..

rekomen teman gw dita revi yang itinerarynya gw contek habis cara nulisnya karena gw parno nyasar dan doi emang OCD akut banget ^-^ .
Sampai di hotel..kamar sudah siap padahal masih 2 jam sebelum check in time... alhamdulilah lagi...

Dan kemudian kita istirahat dulu ...karena udah makan siang dan teman2.. emak babe gw suruh istirahat dulu..sementara gw,bun n ava jam 4 siap2 ke aquarium kaiyukan.

Kenapa kita jalannya sore? Karena selama winter di jepang itu ada illumination festival, nah mulainya baru jam 5 sore.
IMG-20150109-WA0005
Illumination festival itu kaya lampu2 hias dipasang sedemikian rupa sampai keliatan kaya ada ilusi tambahan gt.. cantik banget deh... di banyak tourist attraction suka ada nih illumination spot..wajib kunjunglah.

Kenapa ke kaiyukan?.. aquarium ini wajib kunjung sih kalo punya anak kecil ..sukaaaa banget sama aquariumnya dan seru..apalagi ava.. dia heboh banget karena beberapa hewan disini friendly banget.. ada lumba2 dan anjing laut yang bolak balik main sama ava ...seru banget
untuk ke kaiyukan kita naik kereta (gw selama di jepang ngga pernah naik bis *kecuali pas ke fujioFfujiko museum* dan taxi.. taxi harganya aduhai.. dan bis nya digosipin supirnya sama sekali ga ngerri english dan kita hrs standby itungin stop drpd kelewatan krn sign dalam bus dalam bahasa jepang). train station terdekat dari kaiyukan adalah Osakako station. dari situ jalan sekitar 10 -
15menit (kalo edisi orang indo..kalo edisi orang jepang katanya 5menit^^)

masuk ke kaiyukan ini harga tiketnya 2300¥ utk dewasa dan 600¥ untuk anak2... jangan lupa cek websitenya utk pastikan kalo si aquarium buka pas mau kesana,mereka ada jadwal liburnya,untuk tiket langsung beli disana saja.  http://www.kaiyukan.com/language/eng/

aquariumnya bener-bener breathtaking, khususnya bagian gigantic fishtank yang mendadak bikin gw pusing karena gw phobia berada di tempat gelap (claustrophobia) dan juga phobia di air yg dalam ( Thalassophobia ) .

breathtakingnya jadi serius ya hahahhahahah... khususnya ketika phobia gw yg di air yang gelap dan dalam itu berkaitan sama makhluk2 laut (gw orangnya sangat imajinatif.. gw bahkan bisa bayangin ada paus berenang dibawah gw pas lg berenang di normal size pool di pondok indah ... yg menyebabkan gw bbrp kali berhenti tengah2 pas lg berenang)... nah.. si gigantic fishtank ini total volume of 3,300 tons of water (19 m long × 31 m wide × 5 m deep + 8 m long × 8 m wide × 5 m deep). jadi kalo kita masuk ke tempat ini.. kita secara ga sadar akan naik kebbrp tingkat diatas dan kemudian pelan2 turun kaya spiral muterin gigantic fishtank ini..kalo orang indo udah biasa sama ikan2 tropis ya, apalagi gw sering banget bawa ava ke seaworld dan museum air tawar di TMII... jadi udah biasa liat arapaima dan ikan2 lokal..tapi banyak ikan n makhluk laut lain yang menarik banget, gw sama si bun sampe bengong cukup lama pas di area jellyfish..jpn
ada satu area isinya ubur2 semua dan disorot lampu yang bikin mereka kaya boongan... ava ga tertarik tapi gw sama bapake cukup lama mangap mandangin bbrp tanki isi ubur2 aneka bentuk....

maunya sih lebih lama disini, tp jam 8 sudah tutup and it was winter jadi gw, ava n farid sudah kelaperan berat..
jpn
kita sempetin untuk beli souvenir..dan juga foto (kalo sempet foto di mesin foto yaaaaa di deket toko souvenir.. soalnya mesin2 foto di jepang bikin muka kita jadi beda banget hahahhahahah mata gw jd gede dan kulit gw jadi bagus..beda banget sama kenyataan ^^ .. kita keluar dan disambut suhu 8° dengan realfeel 2°plus angin kenceng...foto2 dulu di area illumination lightnya.. terus lariii makan

kita makan di tempozan market area, gw lupa nama restonya tp yg jelas kalo keluar kaiyukan dia sebelah kiri dan tulisannya "all beef" ^^ ...
jpn

ava pesen doraemon set pancake.. gw pesen nasi n tuna sashimi.. bun pesen beef burger yg enak banget ternyata.. di resto ini jg free refill buat minumannya.. ada drink station dan bebas memilih...

kelas makan sudah jam 8.30 dan ava minta naik ferris wheel.. tiketnya 800¥ perorang.. anak kecil sama ajah.
kita naik yg all glass jadi bisa liat2 dan mengacuhkan bapake yg phobia ketinggian banget (beruntung itu malam jadi dia ga gt pusing).. jpn
kira2 20menitan deh muternya dan yang mayan bikin stress adalah.. DINGINNNN.. masih hari pertama dan pas banget di titik paling tinggi... ingus keluar tanpa  disuruh hahahahhahahahha..... buru2 pake masker biar ga malu..


kelar ferris wheel kita beli mcd buat makan di hotel dan siap-siap buat ke universal studios japan besokannya... di kereta hangat dan untuk ke station hotel hanya perlu 1x ganti station....
dan! kita salah exit sodara2.. jam 9 malam cuaca realfeel 2°c dan harus jalan 15menit nyasar.. itu bikin ga bisa berantem satu sama lain...karena udah ga bisa ngomong..seluruh badan dingin dan sempet gerimis pula T_T....

bermodalkan HP dan nunjukkin kemana kita mau pergi ke mas mas penjaga konbini...akhirnya dikasih tau arahnya hahahhahahah.. hari pertama sudah nyasar malam2 dan dingin parah....
nikmati sajah.. (alhamdulilah karena selalu bilang "yaudah santai saja" setiap kali salah exit atau nyasar... jadinya ngga pernah berantem he he he.. malah jadinya belanja atau makan ....)


jpn
jpn
jpn
jpn
IMG_20150109_200054

Monday, February 2, 2015

Japan trip the preparation

Haiiii.... mau sharing buat persiapan japan trip gw kemarin....karena kita pergi pas winter dan suhunya around 0-10°c (beberapa sempet minus atau anginnya kenceng).
Plus jepang kan bahasanya gw sama sekali ngga ngerti....warga negaranya jg hampir ngga bisa bahasa inggris dan jarang ada tulisan latin... jadi preparation ini gw buat cukup lamaaaaaa dengan survey dan browsing sana sini..ready....

°Untuk estimasi biaya naik train ,bus dan juga tiket2 theme park bisa dilihat di website dan juga hyperdia (untuk transport cs)
°jangan lupa check jadwal libur nasional jepang, karena biasanya toko2 tutup dimana2 (khusus untuk tahun baru dan perayaan agama). tiap website themepark atau attraction site biasanya siapin tanggal2 libur. dicheck aja
°gw sangat tidak menyarankan bawa stroller karena ngga setiap station ada lift, malah di tokyo kebanyakan tangga tinggi banget ...di themepark rata2 menyewakan stroller kok..asal datangnya pagi2 banget...karena ngga banyak jumlahnya.
°kalau agak ragu sama petunjuk arah. mendingan TANYA sama petugas yang jaga di setiap gate. kalau bingung ngomongnya. tulis di aplikasi translator dan suruh dia baca (gw pake talking translator dan download keyboard kanji utk memudahkan mereka juga kalo mau ngomong sm gw)
°jasa pengiriman koper sangat memudahkan hidup gw kemarin 5 koper LARGE size dibawa2 pindah2 kota sangat ga mungkin! ingat untuk kirim koper membutuhkan waktu seharian, jadi kirim 1 hari sebelum lo sampai kota tujuan. kecuali lo naik keretanya di weekdays dan diluar rush hour (tokyo rush hour lebih horor ketimbang osaka rush hour)! bawa2 aja ngga masalah.
°reservasi kursi shinkansen sangat disarankan (kalau sudah beli JRpass, reservasi kursi gratis) , apalagi kalau bawa orangtua atau anak2, kursinya lebih nyaman drpd gerbong biasa dan ngga rebutan (rebutan ala orang jepang ya... ^^) dan kalo bawa koper bisa request kursi paling belakang jadi taro koper persis dibelakang kursi lo (ga bakal terganggu karena spacenya luas banget). dan ngga ganggu orang lain jg.
°anak2 dibawah 6 tahun kebanyakan free. termasuk tiket kereta sebenarnya, tapiiiiii kalo anak gw ga pegang tiket kan dia otomatis harus dipangku dan jatah kursinya ga ada dong. jadi gw beli semua tiket transport untuk anak2 (kodomo). termasuk IC card (ICoCA, suICa,pasmo, etc) dan JRpass. ngebayangin harus pangku bocah 25kg selama 2jam perjalanan shinkansen mayan ya!
°bawa pasport kemana2, semenjak april 2014 jepang memberlakukan tambahan tax 8% disemua tempat, jadi harga2 yang ada biasanya belom sama tax, dan tanyain bisa ada tax refund ngga buat tourist. tax refund biasanya bisa langsung dikasirnya atau di counter tax refund di dept.store tertentu (odakyu, bic camera etc)
°JRpass wajib sih menurut gw kalau pergi lebih dari 1 kota di jepang etismasi biaya tanpa JRpass kalo naik shinkansen bisa diliat di website hyperdia (atau appsnya) ... kalau cuma 1 kota terus kalau diestimasi biaya kurang dari harga JRpass sih ga perlu beli.. jrpass dewasa itu sekitar 3juta (utk yg 7hari).
°gw kemarin sewa mobile wifi karena kalau pakai simcard sayang harganya... gw sewa mobile wifi untuk 10 hari (bisa dipakai untuk 10 gadget) dengan harga yang sama dengan 1 simcard..
°gw kemarin ngurus visa jepang karena berangkatnya awal januari dan masalah bebas visa kan belum pasti,daripada repot dan ga bisa masuk kaaan he he he... gw visa urus sendiri ngga pake calo2an dan gampang banget..paling calo2 disana yg rese dan ga tau diri antri!!!ditegor malah lebih galak...satpam kedutaannya jg kaya buta tuli..liat calo2 nyerobot antrian...untung waktu itu gw bawa payung, gw bilang ke calo itu kalo ga antri ..nanti rasakan "lembut"nya payung gw.... abis ini gw mau kirim complain letter ke kedutaan besar jepang di indonesia....ajaib bgt isinya...(marah2 dikit....)

segini dulu kayanya....persiapan itin gw sih kurang lebih 4 bulan plus bacain review satu2 di tripadvisor karena gw bawa 1 anak dan 2 orang tua yang moodnya sama tingkat energinya mirip sama anak 5 tahun ^^

selamat merencanakan liburan

Jerawat The Story : mencoba menjadi (semi) vegetarian

Mellownya udahan dulu, Jadi seperti yang gw pernah bilang, gw non stop berjerawat. Walaupun cuma satu tapi selalu ada. Biasanya jerawat ini...