Monday, April 6, 2009

ke klinik laktasi dan belanja baby needs tahap 2.....

kemarin, hari kamis gw akhirnya*setelah menunda selama 1 bulan...gw ke klinik laktasi di daerah kebayoran baru*gw ga usah nulis deh dimana....ada bbrp hal yg gw ga sreg ttg klinik ini..*

kesan gw ttg kliniknya...
1.sungguh ajaib bahwa tlp kliniknya hanya ada no.tlp esia dan satu lagi no.tlp yg agak susah dihubungin..

2.ternyat jadwal prakteknya konselor gw itu suka berubah2....awalnya mas2nya bilang sama gw jam 4...trus bilang jam 5...gw konfirmasi ulang masih jam 5...pas gw sampe sana..ternyata jam 1/2 6...mana yang benerrrr???gw nunggu lumayan lama krn gw pikir jam 5 teng :(...malah mbak2 yg tlp gw di jam 4an bilang "ibu ga mau dateng jam 1/2 6 aja".....whaaaat?????

3.pembayarannya gw sarankan cash....krn ada tulisannya "pembayaran dengan credit card kena charge 2.5%" trus dibawahnya ada tulisan kecil "termasuk juga debit card" >>halaaaaah..hari gini masih kena charge...ck ck ck..

4.frontdesknya agak kurang membantu...jadi ya harap maklum...

okey next.....

konselor gw orangnya asik...baik dan gw konsultasi berdua hubby selama hampir 1,5jam...orangnya talkative banget dan bahkan gw dicontohin cara "penempelan" pada saat breastfeeding :)
gw n hubbby banyak bertanya juga karena banyak mitos2 yg berhubungan dengan ortu kita dan cara mereka masing2 menyusui bayinya.....

intinya dari hasil konsultasi itu adalah :
1.bagian mana yg harusnya dihisap oleh si bayi
2.bagaimana cara menyusui yang baik dan *dijamin tidak akan sesakit yang orang2 omongin>>kalo sakit berati "SALAH"<>mohon hati2 nih dengan rumah sakit yg begini....biasanya rumah sakitnya di sponsori oleh susu tsb....
6.berapa lama masa menyusui tiap "dot mama".....karena ternyata ASI itu ada layer2nya...layer 1 isinya air dan protein...layer terakhir baru deh lemak..jadi kalo mau babynya ndut dan chubby....minimal nyusuin 15-20 menit per/dot mama....
7.kalau sakit ternyata tetep boleh menyusui...selama sakitnya ga sampe dirawat dst.....kalo cuman flu n batuk mah...tetep harus nyusuin..justru pada saat kita sakit...ASI'nya itu malah jadi antibodi buat si baby..jadi dia lebih kebal terhadap penyakit...HEBAT YAAAA...
8.indikasi apakah si baby cukup ASI atau tidak....>>>nah ini penjelasannya nanti dari Dokter anaknya...kalo berat badannya di grafik masih bagus..berarti cukup...tp kalo kurang..biasanya ada cara...selain SUSU FORMULA...
9.apakah gw bisa menyusui normal walaupun bentuk nipple tidak normal....>>ternyata bisa walaupun tanpa nipple shield...HOREEEEEE

setelah konsultasi yg panjang dan seru..gw insyallah tetap pengen ASIX selama bayi gw mau (dan dengan batas normal baby ya...ex>2 years)...dan alhamdulilah dokter gw dan rumah sakit gandaria sangat mendukung ASIX..bahkan ga ada tuh yg namanya si baby dikasih susu formula selama masa2 baru lahir...
*gw n hubby agak parno sama susu formula..karena hasilnya sekali lagi contoh hidupnya gw n farid..gw ASI cuman 3 bulan dan terputus krn emak gw dengan ciamiknya hamil lagi..hihihihihihih.....(kasian sih sebenernya..nyokap khan ga ngerti KB dan ibunya udah ga ada...mertuapun jauh)...dan farid cuman nyusu selama 2 minggu saja...kayanya faktor usia yg bikin ibunya ga bisa ngeluarin ASI lagi...
Hasilnya? walaupun gw n farid tumbuh menjadi orang yg cantik dan ganteng luar biasa...hauhauhahuha....daya tahan tubuh kita dibandingin adek gw(dia berhasil nyusu selama 1 tahun...SEBAL) dan kakak2nya farid(yang masing2 minimal ASI selama 1 tahun...bahkan kakaknya yg dokter nyusu selama 3 taunnnn...pantesan pinter yaaa)..kita memang jauh lebih lemah...ya anaknya SAPI soalnya......:(

jadi program IMD dan ASIX insyallah gw jalanin...untuk program ini..gw udah beli medela mini electric breastpump>>>kakak ipar gw yg dokter itu sangat menganjurkan karena membuat produksi ASI menjadi maksimal.....(kakak ipar gw anaknya ASIX sudha hampir selama 13 bulan...dan anaknya ga suka susu formula sama sekali..hebaaat)....dan gw udah beli apron menyusui yg tadi sore baru dateng di rumah gw...hihihihihih warnanya bagus bangeeeeet..aku sukaaaa...dan juga bantal menyusui khusus yg gw pesan dari renatashopshop....

doain gw bisa ASIX ya teman2....

*belanjaan baby tahap 2

tadi siang ke ITC kuningan khan yaaaa...nyokap nemenin gw....dan gw lagi muter2 aja survey stroller sama bak mandi merk PUKU plus kakinya (kenapa gw ga beli mothercare?...krn kata kakak2 gw...punyanya MC itu kecil dan ringkih ga bisa dipake lama..suka goyang2....jadi paling oke tuh PUKU)..
krn td naik taxi sama nyokap ga mungkin beli bak mandi plus kakinya sekarang..hauhuahha tp gw dah survey di bbrp toko..walaupun belum nawar...

*toko Angels baby shop gw beli jaring mandi baby...ada bantal kecilnya warna kuning putih (puku juga ada tapi lagi kosong).....

*dan dideket situ ada FO buat baby..gw nemu kaos kaki bayi//sepatu rajut utk newborn baby warna putih....pas banget gw lagi nyari2...hehehehhehe

trus gw ke bawah..

*di wiwi zaza gw liatin ke nyokap babybelle...ternyata ketimbang beli langsung di babybelle yg di mangdu atau di websitenya..lebih muraaaaah yaaa di itc kuningan itu..gw belum sempat ke istana bayi sih....cuman di wiwi zaza ini gw dah kecapean dan duduk disini agak lama sambil ngobrol sama nci'nya...yg baik bener..namanya nci mega..orangnya talkative dan juga ga maksa2 gt untuk beli...
gw beli medela mini electric disini...dan garansi pula :) dia menjamin kalo emang rusak(jangan sampe) dan harus service..dia minjemin mesinnya selama mesin kita di service :)...harganya juga jauh dibawah mangdu dan di toko diatas2nya sebelumnya (gw ke miki dan angels....)
abis itu gw liat2 kok ada gantungan diapers yang bisa muat macem2 jg..merknya carters....dan warnanya ijo putih..aku naksir bangeeeet...nawar ke si nci dan langsung gw beli juga..hehehhehehehe....

untuk stroller...gw kemarin pas jalan2 ke darmawangsa square mencari ADIRI....gw masuk ke kasih ibu..dan ada stroller barunya COMBI...rodanya memang 4..cuman compact banget dan sesuai deh sama keinginan gw....tp KOK MAHAL YEEEE.....pas gw ke baby boo di depannya RSPP juga ada merk APRICA..yg mirip banget sama si combi ini...tetep mahaaaaal.....
tapi tadi gw liat di miki baby shop dan di wiwi zaza..ada strollernya cocho latte yang mirip bener sama si combi dan aprica yg gw mau *dengan banyak kekurangannya memang..ga seperti 2 merk itu*...cuman tetep..compact dan warnanya yg gw mau ada....harganya juga jauuuuh dibawah merk 2 itu....cuman untuk beli..saya harus bawa si mas dulu untuk approval...karena khan agak rendah..takutnya kalo papi'nya mau dorong stroller harus bungkuk2....

sekian ulasan belanja dan klinik laktasi gw.....:) ntar disambung lagi pastinyaaaaaaHHHH....

No comments:

hawlaaaaaaa

yahluh, lama banget ga nulis ahhahahahha. 1 Tahun ngapain aja? terlalu fokus ke IG kayanya 😁. Dan tahun lalu tuh lg ikutan fitness challeng...