Tuesday, December 4, 2012

A month full of tears

While waiting for my other result,sambil menghindari tatapan sedih pasien di cancerward ini (mungkin mereka kasian kali ya gw bawa2 bocah) ,gw ngeblog dulu deh....

Bulan lalu waktu gw nemenin nyokap checkup di penang,gw ikut check juga,,gw sempet nulis ada hasil yg harus diobserve....

Nah!gw test cancer marker (tes darah utk mengetahui ada sel kanker atau engga dibadan gw)...
And turns out there were some abnormal mark di salah satu organ ...pas hasilnya dibacain sama dokter yang gw tunjuk untuk pantau general check up gw (kebetulan gw milih dokter ahli jantung krn gw ada kolesterol)...nyokap gw ada persis disamping gw..gw sangat bersyukur dokter gw itu ngerti dan ngasih tau dalam bahasa inggris (krn nyokap besokannya harus endoskopi...gw ga mau dia stress)...

Dokter Goh (si dokter jantung) bilang,kalau angka yang "abnormal" di cancer marker gw lebih karena ada cyst di salah satu organ gw itu...jadi angkanya diatas benchmark...

Tetep ga puas dong gw,nyokap ga ngerti(alhamdulilah?) Si dokter bahas apa...dokter goh bilang angka ini ngga masalah dan gw ga perlu khawatir (ya kaliiii)...tp pas besoknya nyokap endoskopi gw ngabur ke oncologist...gw ga bilang nyokap sama sekali karena gw ga mau bikin panik...

Pas di oncologist ..dokter M Amir Shah namanya (guanteeeengnyaaaaa ga santaiiii nih dokter)...bilang hal yang sama dengan dokter Goh.
Gw bilang gw ada breast tumor,apa mungkin dari situ makanya hasilnya jadi "positif"?...
Katanya angka untuk breast cancer gw negatif malah...dan ini letaknya di organ area abdomen.....
Dia bilang kurang lebih gini terjemahaannya
"Angka ini memang 4 poin lebih tinggi sedikit dari normal,tapi mungkin justru ini angka normal anda.belum tentu ini positif kanker.."

Gw bilang gw khawatir tetep...kata dokter amir kalau gw masih ga percaya...bulan depan (desember) gw tes cancer marker lagi...dia sih merasa angkanya pasti sama..
Karena kalo cancer positif..angkanya tiap bulan naik drastis dan juga selisih angka hasil dengan angka normal pasti diatas puluhan ribu,bukan dibawah 2 digit kaya gw....

Dan dengan informasi inilah gw stress bukan main!
Gw jelas ga bs ngasih tau nyokap krn untuk hasil pasti gw harus nunggu 1bulan....
Dan gw mikir gimana caranya gw balik lagi ke penang....pake alasan apa :(
Again bukan gw mau boongin emak,tapi waktu untuk menunggu 1bulan itu gw bs bayangin betapa stressfullnya hidup gw kalo sampe nyokap tau ....pilihannya second,third opinion tanpa henti atau herbal medicine tanpa henti..
Plus nyokap masih recovery untuk penyakit lambungnya kaaaan...

Jadi sementara 1bulan kemarin,gw cuma kasih tau suami gw dan beberapa sahabat gw...krn not sharing itu artinya bunuh diri menurut gw!(back in 2003 gw dibilang breast tumor dan gw ga cerita ke siapa2 kecuali nyokap selama 3bulan..krn stress dan misstreatment tumor gw yang tadinya "cuma" 1 dan kecil...jadi 6 dan bertambah besarnya)

Kembali ke hasilnya.gw mikir2 gimana caranya utk balik ke penang tapi ga ngasih tau main reason..ternyata dokternya ava minta ava utk balik lagi diobservasi alerginya (fyi ava test alergi lewat darah....)

Dan dokternya nyokap minta doi balik lagi buat observasi plus bokap juga pengen ikutan dong heheheheh...
Karena gituh jadi bapak panda juga ikutan (anggep aja liburan lah ya)...

And here we are..back in penang
Kemarin sampe penang gw lsg ke loh guan lye buat tes darah dan antar nyokap ketemu dokternya..

Hasil darah gw baru dibaca hari ini jam 11 tadi...itupun pagi gw harus ke island hospital untuk register bokap n panda yang mau general check up dan lari ke lantai 3 untuk baca hasil alerginya ava....

Abis itu gw ngebut ke loh guan lye dan nyokap sudah gw daftarin ke ahli jantung buat cek kolesterolnya....sampe tadi aja nyokap masih belum gw kasih tau...
Gw takut hasil gw buruuuuk..nanti pingsan pulak!

Setelah itu gw ketemu dr.amir (yg masih ganteng ajaaaaa)....bilang hasil gw angkanya sama persis kaya bulan lalu..hasil gw tandanya jelas dan alhamdulilah gw sehat dan ga ada sel kankernyaaaa...

selama sebulan itu gw hampir tiap hari nangis,udah segala doa dan sholat...pada malam pas gw dibacain hasilnya aja gw tlp kangmas panda sambil nangis (while nyokap gw tidur sama ava disamping gw)....bener2 nangis ga kebayang gimana...gw browsing segala macam info (fyi kakek gw meninggal krn lung cancer dan uwak gw kena breast cancer :( jadi keparnoan gw ini bekali2 lipat dan gw ga tegaaaa mau kasih tau nyokap)....
Nyokap baru aja gw kasih tau tadi jam 2 waktu sini...dan mukanya shock tapi its already a very good news jadi gw neranginnya juga ga stressfull..
Walaupun gw tau gw dosa bgt ya boong bilang kalo gw sehat n nothing wrong...hiks...tapi ini buat kebaikan semua sih...
Buat yg kemarin bantuin doa makasih banyak yaaaaaaaaa......walaupun gak pada tau intinya gw kenapa tapi (mudah2an) tulus n ikhlas doain gw...mudah2an dibalas kebaikan kalian semua sama Allah SWT amieeeb.....
And tadi dokter ganteng (ga bs fotoooo...gw kok jiper mau minta foto bareng)... bilang kalo gw bisa melanjutkan hidup seperti biasa..and harus hidup sehat (yaaaah dokter dari jaman gw operasi tumor juga udh quit smoking n drinking *termasuk didalamnya yg belakangnya ing ing..clubbing..dan flirting *eh*) ^-^

Again....mari kita hidup sehat ya teman2....

Sent from Arienda's (almost) smartphone ♥♡

8 comments:

Nina said...

Hi, we might not know each other but I hope everything's ok yaaa.. Sehat selaluuu.. :)

arienda sapari said...

@andinanina : amieeen, makasiiih yaaa

puspasari said...

mba, sy mau tanya dimana tes cancer mark nya ya, kalo di indonesia? dan kita harus konsultasi langsung ke onkologist?
terimakasih sebelumnya

arienda sapari said...

dear @puspasari
kalau di indonesia asli ngga tauuu....terakhir pernah tanya one of the best(katanya) cancer hospital in Indonesia..katanya utk cancer marker via darah itu hrs melalui tes ct scan dulu baru dokter approval cancer marker darah (kayanya mau duit aja yak)...

tp katanya bbrp rumah sakit sudah ada, but CMIIW ...tlp2 aja dulu tanya yaaaa

doena said...

mbak mau dong info perihal tes cancer marknya.

btw aku juga punya tumor di payudara,udh operasi . skrg ada lagi. pengennya ga operasi lagi, dan mau mastiin apakah ini gpp ato gimana.

kalo di indo kan harus ke dokter onkologi dulu ya baru bisa dites . kalo disana apaa bisa langsung? thanks mbak

Unknown said...

Mbak mau nanya.ada punya email dr.Amir Shah ya?dulu dr.itu pernah kasi ke saya.tapi email gagal terus.skarang dr.udah pindah ke Gleneagles hospital Penang.kalo ada tokoh dibantu ya mbak.thanks ya mbak

arienda sapari said...

@doena kok aku baru liat ya komen ini..maaf ya baru balas kalo disana testnya pake tes darah tapi dibarengi sama USG Mammae atau Mamograph..



arienda sapari said...

@nilam rini aku ga ada emailnya ..tp mungkin RSnya mau kasih. Pantes aku cari2 di list dokternya ga ada lagi

hawlaaaaaaa

yahluh, lama banget ga nulis ahhahahahha. 1 Tahun ngapain aja? terlalu fokus ke IG kayanya 😁. Dan tahun lalu tuh lg ikutan fitness challeng...