Friday, August 28, 2009

Dukung asi ,tp jgn bikin down para ibu yg ga bs ngasih asi ekslusif

Bulan agustus awal adalah bulan asi :) gw doakan semua teman2 yg baca blog n note fb gw (yg sedang menyusui) asi'nya banyak n melimpah ruah....
Ditv2 dan juga majalah2 ttg parent-hood..bahas asi semua :)
Gw salah satu yg dukung asi..tp apa daya we (my baby n me) ga bisa lulus asi ekslusif atau akhir2 disebut asix...
*gw malas jelasin ttg dasar alasan knp asi gw keluarnya semakin dikit..tolong dibaca aja part
"we just want the best thing for our ava"...
Yg gw sedih ada bbrp komen yg bilang "masa cmn gara2 itu aja lo nyerah utk ga kasih anak lo asi"»komen ini ga gw post..drpd orangnya dikutuk sejagad..
Akhir2 ini ava ga mau asi langsung..dan kuantitas asi gw semakin berkurang,mau disusuin lsg ataupun diperah..darimana gw tau??disusuin berjam2 ava ga pernah kenyang..malah tambah kesel krn asi gw cuman ncret ncret doang...yg ada nipple gw ditarik seada2nya..sukses..terakhir masih dipaksa..MUNTAH!!!
Gw dah coba semua cara..tradisional sampe modern,,klinik laktasi sampe pijet2...jgn bilang gw ga usaha!!setelah semua usaha ini,gw nyerah..dan kembalikan ava ke full sufor..tapi..orang2 kynya ga suka kalo ga ngejudge orang lain..adalah temen nyokap yg bilang.."Ukuran tete kamu kecil sih jadinya asi'nya dikit"..
trus ada jg yg sodara nyokap main kerumah trus tau gw udha ga kasih asi..bgitu anak gw nangis (pdhl ngantuk) dia bilang "tuhkan..ga asi sih jd rewel.." WTF..kalo gw ga inget tuh orang lebih tua udah gw lempar pake piring pasti..
Ada jg yg ujug2 bilang "ga mungkin perempuan ga diberkahi asi..kamu kurang doa kali..bla bla bla"...kok jd kayanya gw ini ibu yg ga becus kali yaaa...
Anak gw umur 3bln beratnya 6kg panjang 65cm..ada yg ngomong "ah ini khan krn susu formula bukan asi...."..ya allah..kok jahat bgt sih...

Tolong ya yg pd dukung asi..jgn ngerendahin orang2 yg ga bs kasih bayiny asi full...gw salah satu contoh yg nyata..dan tekanan2 itu bikin gw jd ga pengen ke acara arisan sodara..gathering2 yg ada ibu2nya..atau acara2 yg melibatkan banyak orang...gw ga mau denger orang mengajukan pertanyaan std yg menikam..
Orang lain (ol) : halooo..wiih bayinya sehat ya..masih ASI?
Gw (g) : hi..udh ga asi :)
ol : knp..pasti ibunya malas deh kasih asi...
G : gak kok..babynya udh ga mau...asi'nya jg berkurang terus...dia kelaperan terus ga kenyang2..
Ol : nanti sakit2an loh kalo ga full asi..
G : mudah2an enggak ya...doain ya
Ol : ya..makanya usahain asi dong..payah nih ibunya
Gw : ....(Kalau ada kata2 paling laknat yg bs gw keluarin pasti gw keluarin..percayalah)...

Dan percakapan diatas..ga cuman gw alamin 1x..gw ngalamin berkali2..dan itu yg bikin gw down dan malas ketemuan sm keluarga2 yg sok tau dan pgnnya nyalah2in gw krn ga kasih ava asi..

Kalau diantara teman2 yg baca tulisan gw ini dan pernah ngelakuin itu ke orang lain..tolong ya...lo ga tau betapa tersiksanya gw tiap ingat anak gw ga full asi n asix...lo ga tau kalo doa gw selalu biar anak gw sehat dan jauh dr penyakit..lo ga tau betapa gw ingin bayi gw tumbuh pintar n cerdas kaya anak2 asi (yg selalu dibilang lebih pintar drpd anak sufor)....
Tolonglah...dukung asi bukan berarti harus bikin ibu2 yg ga bs kasih asi tertekan dan down..untuk perhimpunan yg dukung asi..tolonglah...jangan selalu menjudge para ibu yg ga bs kasih asi gak sayang n cinta sm bayinya..tolonglaaaah...berikan solusi n dukungan bukan hujatan dan juga pengucilan....
Allah ga menciptakan manusia sempurna,semua punya kekurangan...sbg perhimpunan pendukung asi memangnya anggota2nya harus terus merendahkan org2 yg ga bs asi??kalo sudah berusaha maksimal apa terus harus dibikin down??solusi dooonk!!!

Tolonglah...

Tulisan ini gw buat bukan untuk menentang asi..gw menentang orang2 yg menjelek2an dan menghujat, mencemooh, merendahkan ibu2 yg tdk bisa kasih asi ke bayinya...
Jika anda salah satu kaum penghujat..mudah2an cepet sadar n stop ngelakuin penghujatan..kalopun masiy juga..gw doain dipanggil sama sang pencipta aja biar ga menebarkan rasa tertekan didunia ini...

Amien
Powered by Telkomsel BlackBerry®

16 comments:

Anggi Karimuddin said...

Astaga Rien.. Sabar ya say.. Gw baca cerita loe jadi kesel sekaligus sedih sendiri. Orang-orang emang suka gak pake perasaan kalo komentar. Aturan loe post aja komen nya biar orangnya dikutuk orang sejagad.
Pokoknya loe gak boleh terpengaruh ya cantiik. Gw yakit loe sudah berusaha semaksimal mungkin buat baby Ava. Dan percaya saja, Ava nanti bakalan jadi anak yang pintar, sehat dan gak kurang suatu apa pun.
Adek gw juga dulu cuman bertahan 2 bulan ASI. Soalnya nyokap gw sama kasusnya kaya loe gitu. Tapi skrg dia tumbuh jadi anak yang tinggi sehaat dan one of the most multi talented person I've ever known.. :D
Semangat terus ya Mama Rienda ^_^

IndKur said...

Salam kenal, Mbak Arienda...
Aku pikir aku doang yang merasa sering "dibikin nangis" oleh komentar-komentar karena Ganeshku terpaksa harus campur sufor.
Tenang, Mbak...
Saat ini aku mencoba untuk gak perduli apa komentar orang-orang tentang aku yang gak bisa kasih ASIX padahal aku udah berjuang setengah modar.
Yang terpenting adalah baby kita tahu bahwa ibu nya sudah berjuang sekuat tenaga untuk memberikan yang terbaik baginya...

Itu yang menguatkan kita kan??
yang lain mah...suruh ngomong sama tembok ajah! hihihi

Firda said...

Say...ini phier FD.
Bisa gw rasain apa elu tulis. No worries kok say, gw juga bukan anak ASI, buktinya gw tetep cakep dan pintar hehehe.
moga2 Ava tetep sehat ya say

arienda sapari said...

@anggi : its over now..jd santai kok :) i knew few ppl yg ga asi sama sekali tp they grew up being a better person than other

@indah :yup..bayi kita kan prioritas kita...terserah orang mau ngomong apa..masa bayinya dibiarin nangis kejer hanya krn ngejar mau asix....so bullsh*t

@firda...hauhauhah buktinya ada yg ngawinin ya buuu..heuheuheh terbukti yahud kan ..ehuehuehhee

*tp gw tetep dukung asi kok teman2..bahkan baru2 ini gw tutor'in temen gw utk mendapatkan asi yg lebih banyak...alhamdulilah berhasil di dia..gw?udh kepalang terganggu sama psikologis ttg asi kurang..hiks!

Manda said...

Hi, salam kenal. Gue Manda..sanetya di FD.
Gue juga punya pengalaman mirip soal mau nyulek orang yg komentar aneh soal pemberian ASI. Pertanyaannya sih sederhana tp dampak ke kitanya besar. Emang dikira gampang ya jawab, "Minum sufor". Sekedar share aja, gue pernah tulis soal ini di blog gue..feel free to browse around: http://sanetya.wordpress.com/2009/07/26/any-mom-surely-wants-the-best-for-their-child/

arienda sapari said...

@manda aka sanetya
heloooooo....i'm readin' yours rite now..

sedih bgt emang...hiks!!

Anonymous said...

http://www.keluargawijaya.com/?p=515

Bunda Naufal said...

Hi mbak arien...lam kenal ya,
Kasus mbak jg sama dgn aq, sebel bgt emank sih klo ada org apalagi dy adlh s'org ibu yg sepele ama kita2 yg ga bs kasi ASI ama bayi kita. Gila ya tuh org yg sepele'in kita, coba dy d posisi kita, apa dy msh bs ngmng?
Siapa sih yg ga kepengen ngasi yg terbaik utk anak kita? Klo bs pun anak kita tu ga usah d kasi sufor sama sekali, tp apa daya kondisi asi kita ga memungkinkan sama sekali.
Kmrn aq jg gt mbak, aq ampe ribut ama suami gara2 asi, mertua qu memaksa agar aq harus ngasi asi, gak ampe sebulan asi ku lgsg dikit lama2 gak ada sama sekali. Aq udh coba makan semua mknan yg bs merangsang bnyknya asi, tp apa? Nihil semuanya. Dan emank udh keturunan asi2 d keluargaku krg bnyk meski.
Aq jd sebel sendiri, pernah naufalku ga aq kasi sufor 1 malaman, aq paksa asi terus, dan itu aq lakukan d dpn suami dan mertuaku, mrk liat sendiri ternyata asiku udh ga ada lg.
Sapa blg bayi yg ga asi mdh sakit? Buktinya adik sepupuku ga pernah d kasi malah jarang x sakit, dan anak temen aq yg d kasi asi ampe 2 tahun malah sering sakit. Heran kan? Itu apa sebabnya.
Aq percaya sakit dan kesembuhan datang dr Tuhan bkn dr asi ato sufor.
Pliss deh bwt ibu2 yg ngasi asi ama bayinya, tlg ngerti kita. Krn ini bkn mau kita..

Batik Tasik Cantik said...

Mba arienda, salam kenal yaaa..
Ternyata aku ga sendirian :)
Sama bgt mba, aku jg gitu hiksssss :((
Tapi kan yg penting kita udah usaha ya mba :)
Insya Allah anak-anak kita tetep jd anak yg sholeh / sholehah, sehat, cerdas & santun, amiiinnnn :)

mimie said...

Seneng deh nemu tulisan ini mbak, saya sih masih calon ibu yang sedang counting down kelahiran anak pertama. Saya juga sedang baca bukunya Traccy Hogg, jadi makin tidak kuatir untuk ASI baby saya nanti, secara kegiatan saya sehari hari cukup membahayakan untuk kualitas ASI yang akan saya produksi.
anyway, salam kenal ya mbak

G.N.Tangkudung said...

be strong mbak.
sangat bersimpati dengan cerita diatas..

semoga anaknya sehat selalu, dan bundanya diberi kekuatan dan kesehatan juga buat menjaga baby nya ya...

Anonymous said...

hi there, lg iseng2 cari blog ttg wedding and landed to your blog. Kalo ga salah mukanya familiar bgt ya?? Dulu bu arienda di mbdc di kenal dengan nama bebekecil kan? hehe..

anywho, mo ngomenin ttg asi. Gw n kk gw bukan anak produksi asi *teah*. Nyokap gw ga bisa ngeluarin asi sampe2 harus operasi payudara.. padahal payudaranya besar, jadi ukuran sama jumlah asi ga ngaruh ya.
Ada yg bilang anak sufor itu ga pinter, lama berkembang, sakit2an dsb. Itu mitos belaka kok..sepenuhnya ga bener soalnya apa yg gw n kk gw alamin sampe skrg itu bertolak belakang sm yg org2 blg. hehe

Chillax bu, no one should judge you for being a good mom. ;)

YettyBundaQuiny said...

hi,salam kenal ya?
aku ngerti perasaan mbak ..krn saat ini pun aku lagi ngalamin..sedihhh bgt..si baby ga mo nyusu lagi krn selalu merasa kekurangan..ihikss..

Anonymous said...

Setuju bgt sama Arienda. Met kenal yah Rien. Kita timpuk bareng2 aja tuh orang2 yg nyinyir.

Zipora Maria said...

Salam kenal ya mbak,
Saya nemu blognya waktu baca blognya The Karimuddin.
Saya sendiri juga seringkali didera rasa minder sampai sekarang kalau ada ibu-ibu yg tanya anak saya minum apa?? Duh...stres lagi kalau ada yang tega ngeledekin anak sapi termasuk ibu saya.
Maaf jadi curhat, terima kasih sudah posting ini sebagai suntikan semangat buat saya.

Anonymous said...

Jadi inget pengalamanku, aku melahirkan anakku di rs yg gak pro asi, bahkan anakku di ksh sufor tanpa sepengetahuan dan sampai skrg selalu bikin sedih, kedua anakku terpaksa harus nginep di rs gara2 kuning, lagi pihak rs ksh sufor pdhal tiap hari aku kesana bolak balik buat ksh asip dan asip ku cukup meski emang hari ke 3 baru ada, sepulang kerumah juga ada bidan yg bilang mending campur sufor aja klo msh sedikit dan memang anakku sempat beberapa hari baknya jarang yg artinya mungkin asiku msh kurang tp sekali lagi aku gak mau nyerah, aku selalu berpikiran positive klo Allah gak mungkin membeda2an org, smua diksh asi sama baik yg PD nya kecil seperti aku atau yg besar, akhirnya aku bisa ksh asix dan asip buay anakku sampe aku msk kerja pun, bahkan obat,daun katuk dll ternyata sama sekali gak pengaruh karena asi itu ada di otak kita, skali yakin klo kita bisa dan selalu positive thinking pd Allah, insyaallah bisa, i am pro asi, i am a proud mom tp tetap saya juga tidak pernah menyalahkan atau mencibir yg tidak bisa asix, tmn saya byk yg merasa asix nya sedikit saya selalu ksh support dr mereka ada yg tetap gak PD dengan asinya, ada juga yg akhirnya bisa full asi krn anaknya skt2an dan dokter nyaranin asi, ada juga yg tetap tidak mau asi karena ktnya klo nyusuin itu pegel dan skt (thats silly answer right?), tp saya setuju smua ortu ingin yg terbaik buat anaknya with their ways, cheers

hawlaaaaaaa

yahluh, lama banget ga nulis ahhahahahha. 1 Tahun ngapain aja? terlalu fokus ke IG kayanya 😁. Dan tahun lalu tuh lg ikutan fitness challeng...