Wednesday, October 12, 2011

TheGincusFieldTrip #2 Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor part1

tarik napas dulu ah..ternyata foto hari ini ada 459 foto hihihihihihi......


rencana ke taman safari ini "mendadak" dari minggu lalu pas ketemuan sama Ana di pengajiannya Hikmah :).. tadinya gw pikir Yaya n Dhita mau ikut,,tapi ternyata pada ga bisa, gw tadinya mau "nekat" nyetir sendiri, tapi gagal karena jauuuh ya bok puncak itu..hahahaha
ana udah bilang "kalo lo ga ada supir sama gw aja"...untungnya mas min ada...dan gw booking dari 48 jam yang lalu biar ga dipake emak hihihihhi...


teruuuuus......ya, sebenernya trip ke TSI ini gw sama Ana yang excited,,terakhir gw ke TSI asli gw ga inget...setau gw SD-SMP-SMA-KULIAH gw GAK PERNAH KESINI......kata emak pas gw TK pernah field trip ke TSI...ya jelassss gw lupa :)
jadi gw yang agak eror ini broooowsssiiiiing  melulu dong ttg TSI, mulai blognya Woro sampe buka websitenya TSI sendiri.....


dan pastinya! BIKIN ITIN (memalukan abis ya...hidup ga bisa santaiii gituuu..kenapa sih gw gak bisa datang dan spontan aja gituh huhuhuhuh)...akibatnya gw bergadangan 2 malam untuk liat2 reviewan dan must-see'nya TSI...
sampai pada akhirnya...gw SPONTAN aja...(gak pake uhuy)


gw sempet RIBET mikir...nanti mau semobil atau gimana, karena gw baca ga ada yang pernah pakai fasilitas kereta wisata/bus wisata utk safari track'nya....tulisannya "bayar" pula..hadeeeeh...bukan masalah bayarnya, tapi gw mikir ribet ga sih! (emang gw'nya ajaaaa ribet)....terus gw juga sampai browsing weather forecast bogor hari ini..tulisannya "mendung" (tampak ke-eroran gw)... jadi gw sampai bawa baju ganti ava berpasang2. handuk mandi, T-Towel, jaket, payung etc etc....


dan akibat gw yang (ya udah gw sebut) OCD ini....gw semalam bergadang utk milih baju, nentuin track sampai makanan disana (ampuuuun DIJEEEEH)....ana yang asik2 bbm gw "lo atur ya rien" ya ampuuun makin dibilang gitu makin korslet deh gw


berangkatlah kita jam 07.30 dari Tanah Kusir, rencana ketemuan sama Ana di KM 19 (jangan komen dulu)...kata supir gw terakhir emak mau ke Bogor, ketemuan temennya di KM 19..banyak makanan dan ada ATM....okeeey....
pagi ava gw bangunin paksa, mungkin karena ngantuk gw mandiin lagi tengah2 mandi..dia minta PUP..jadilah masih sabunan dan shampoan si ava pup..hahahahhaha..kacau


ava sarapan dimobil (gw hanya minum susu WR* doang).....ga berapa lama Ana bbm "gw udah jalan juga"...dan kita pun sepakat ketemuan di KM 19...teruuuuus,,gw udah di toll Jorr, ana bbm "rien...kok di KM 19 gak ada apa2......td gw liat BurgerKing di KM 9".....ya ampuuuun...
supir gw ternyata salah...dia ingetnya KM 19 yaitu tol yang lain bukan jalur toll yg kita laluin..hahahhaha jadi gw suruh ana langsung ke TSI kita ketemu disana ajah...


gw mampir ke cibubur square di KM 10, ambil ATM dan isi bensin....eeeeh liat BK yowesss beli sarapan (bye2 diet)....dan langsung ke TSI..
masuk puncak ga ada macet2nya :) lancar...
kosong yaaa 08.10 am
tapiiii sayang lancar cuma bentar..abis itu padaaaat dan baru sampe TSI jam 09.20 :( maafkan ya ana, jadi menungguuuuu.....disini ava mulai RUSUH....untung dia gw :"iket" di carseat...bawa segala macam mainan...

yeaa mari berdesak2an :) 08.20 am
sampai di gerbang depaaaaan dari jl.raya puncak banyak orang jualan wortel...gw ga mau beli!kenapa?ada tulisan di websitenya TSI kenapa 
DILARANG MEMBERI MAKAN BINATANG ...
ternyata setelah gw baca2 di websitenya binatang2 itu menjalani "diet" khusus, yang berimbang gizinya dan juga mencegah mereka mudah sakit, kalo kita kasih makanan wortel atau lainnya...(khususnya wortel ya)...mereka bisa masuk angin dan sakit perut ..ujung2nya kembung dan masuk rumah sakit hewan..atau jeleknya bisa mati :( ....
cuma gara2 wortel berapa ribu perak gw turut menyumbang peran membuat sakit makhluk ciptaan tuhan yang sudah "dikandangkan" menurut gw ga deh ya...kasiaaaan (tapi kalo kalian tetap mau kasih sih gpp :) bebas2 aja.....ini kan pendapat pribadi, blog pribadi..*eaaa*)

masuk TSI...entah kenapa tadi ava kok ga diitung? gw pun kurang ngeh pas si mas tiketnya nyuruh bayar....gw baru sadar ava free pas liat tiketnya diperjalanan pulang (udah di jl.raya puncak)


the ticket
tapi gw ga merasa "berdosa" soalnya tiap animal show gw (ga bermaksud pamer ya)...masukin uang cukup besar utk nyumbang ke balai konservasi'nya :) 
kaya di dolphin show, tiger n lion show.,elephants show...jadi menurut gw udah lebih tuh dari harga tiket ava :) 
kalau ke TSI dan nonton show'nya..jangan lupa untuk nyumbang juga di kotak sumbangan konservasi binatang2 itu ya teman2....
siapa tau uang yang kita sumbang bisa menyelamatkan mereka dari global warming dan kepunahan :)

salah satu kotak peduli satwa di Tiger n Lion Show
okeeeey....kita sampai abis bayar tiket, kita parkir dan ketemu sama ana n deas,liat2 kok ada bus wisata,,tanya2...
.ternyata itu FASILITAS GRATIS TSI untuk pengunjung muterin safari Track..
gw pikir daripada harus pindah2 mobil, mending pake bus aja :) serunya bus ada beberapa macam, tapi gw n ana pilih yang kacanya sampe kaki jadi bisa puasss liat sana sini

bus yang kita pilih :)

busnya free muterin safari track (kalo udah naik bus ini, kita gak bisa lagi muterin safari track pake mobil pribadi,,jadi harus langsung ke jalur wisata)...
tapi menurut gw worthit banget si bus ini, selain FREE (tapi kalo udah selesai pemandu n drivernya kasih tips yaaa)..
kita dapat pemandu juga yang sepanjang 45 menit perjalanan jelasin satu persatu binatang dan juga sifat-habitat-makanan-dan keterangan2 lain :) seruuuu banget,,,kalo naik mobil pribadi yang ada kita menebak2 dan juga papan petunjuk rata2 dirusak sama monyet2 yang ada (nakal ya si monyet)
pemandu kita hari ini namanya KIKI dan drivernya Pak WANDI...kiki sangat informatif, lucu (kearah jayus tapi malah jadi seru) dan juga atraktif dan interaktif,,deas n ava bolak balik diajak "menghitung" binatang2 yang ada :)

oiya satu bus ini isinya cuman kita loh (gw-ava-bs gw-driver gw+ ana-deas-bs ana-driver ana) hihihih jadi kaya bus pribadiiiii.....dan kacanya bening jadinya ga masalah mau foto2 sana sini juga.. :) seruuuuuu

gajah dan saudara2nya :)

mama ana-deas

ava-mommy

zebra lagi minta wortel

GAJAAAAAAH

kiki si pemandu dan pak wandi driver :)

naik ke dalam bus yang super bersih dan berAC ,,,kita langsung diminta menyerahkan tiket, dan tiket kita "disobek" jadi menandakan kita sudah muterin safari Track (buat yang mau petualang, ada hiking track loh!kalo mau hiking ditemani 1-2 pemandu tergantung jumlah yang mau ikut,,pastinya pake perlengkapan yang proper :) jalannya 4km-6km-9km).....
mulai masuk area safari track gw deg2an sendiri..HERIIIII book..heboh sendiri hihihih...pas masuk langsung disambut rombongan GAJAAAAh :) ava terbengong2 liat Gajah, selama ini kan liat di tipiii kecil gt, pas liat dari mobil (oh gede jugaaaak) :)


terus ada Zebra,,ava yang ngefans sama marty'nya madagascar langsung bilang "aylaiktubittubit" (i like to move it) hihihihih.....terus teriak "ebaaaaahhhhh" :) zebranya mendekat sampe dikaca bagian ava..dia pegangan gw kenceng banget :)


abis itu kita liat ada rusa/kijang gitu deh (lupa bawa catetan nama2 binatangnya hihihi)..si Kiki pemandu nyebutin nama binatangnya satu2 dan juga nama latinnya, makanannya apa (rata2 sih makanannya rumput gajah :)) dan juga negara asalnya darimana,, informatif banget deh pokoknya.....
abis itu kita lihat Tapir yang lagi digiring sama keepernya keluar "rumah" :) gedeee juga ya si tapir ini, Kiki Pemandu bercandain "naaah itu binatangnya pake popok warna hitam, dan sebelahnya itu yang berwarna hijau dan bersepatu boot adalah binatang jenis homosapiens " hahahahhaha..kocak :) 


sapi merah dari Mexico atau disebut juga Ankole atau Watusi

Rusa :) yang jantan yang bertanduk

Tapir dan Keepernya

Llama :) lagi nonton apa yaaa???

ava super takut pas llama ini deket2
kita masih muter2 daerah binatang herbivora :) ,.buat yang suka nonton dora the explorer atau Go Diego Go! ada Linda si Llama..naaah ini ada penampakan aslinya :)...ava sama deas yang sering main iPad di app' yang ada binatang2nya udah hafal (emak2nya malah asliii ga tauk)...nyebutin "LLAMAAAA" hhihihihih

beruang rusia
pas dibagian beruang,, KIKI tanya ke Deas n Ava "adik2 tau gak ini binatang apa...yang jadi winnie the pooh itu loooh:"....
tiba2 Ana jawab "Deas itu lohhhh...Bernard Bear" 
tau2 deas bilang 'BUKAN MAAMAAAA, SALAAAH"
 hahahahhahah anaknya lebih pinter.....kan Bernard Polar bear *cubitAna* gak sia2 Na disekolahin tuh anak...lebih pinter dari kita hahahahaha

lihat itu papi'nya ava kudanil lagi berendem

Rumah Sakit Hewan...kalo ada yang sakit langsung diangkut kesini

Onta Arab


blackbuck atau antelope
keliatan kecil yaaa...ini beratnya 250kg loooh

kalo homosapiens gak termasuk yaaaa
gw cukup takjub sama KIKI yang ga pake pegang kertas contekan sama sekali.....dia bisa nyebutin semua binatang dan info2nya lengkap...dan TSI ini bersih banget.,,,disana sini gw liat petugas yang bersihin kandang, dan dibeberapa kandang atau area selalu ada keepernya (kalo binatangnya jinak biasanya keepernya on foot, kalo buas dia pakai mobil)...sempet bilang "ooh itu pawang" terus kiki koreksi gw "keeper bu kita sebutnya" (dalam hati gw bahasa endonesahnya ya pawang ya kaaang)

...sementara segini dulu..takut keberatan satu page kebanyakan foto :)


*next part : kandang binatang buas-show-dan yang ganteng2 hihihihihi

5 comments:

ummunadia said...

Riend..sempet nonton cowboy shownya gaa? :p

devi said...

thanks sharingnya yaa.. wuaahh.. nyesel waktu ke TSI gak naik bus fasilats TSI itu, busnya jg bagus ya kayanya bersih... jadi bener banget mesti nebak2 hewan2nya apa aja..

resna said...

ihhhh. . . .seruuu yah ;-) jd makin pengen ke sana. . . udh lama rencana ke sana tapi tak terealisasi
btw. . . zoo keper yg di foto paling bawah sebelah kiri oke kayaknya tuh O:-)

ariendaaaa said...

@ummunadia : ga sempet..tp katanya GUANTEEENG2 BUANGEEET juga ya

@devi : bener...tapi kalo wiken pasti crowded banget

@resna : iya bun...yg kiri itu kaya indo gitu..namanya Mas RUdi hahahhaha...

vera said...

anak2 emang sukkkaaa bgt ya klo liat hewan.

mbak, cobain elevated hiitnya dennysantoso deh, bakar kalori bgt jd mkn apa aja boleh. sori OOT