Wednesday, February 4, 2009

go away smoker!i'm pregnant!

yup another note..ini gara2nya kemarin gw dah sebel banget yaaaa...jadi setelah gw yoga..gw nemenin nyokap ke sebuah toko....yah tokonya memang ga pake ac..tp karyawannya rata2 kenal nyokap n gw..tau banget gw lagi bunting...mereka nyuruh gw duduk sambil nunggu nyokap liat2 display "duduk sini dulu mba..kasian ntar bayinya capek".....okelah gw duduk....entar dari mana yaaaa....tiba ada mas2 dateng trus ngeliatin gw..trus ngerokok dan asepnya disembur aja ke arah gw..awalnya gw shock banget liat nih orang..trus abis itu gw kipas2 catalog toko'nya sambil melototin dia..dia'nya malah kaya orang bloon gt ga ngerti kenapa gw kipas2 padahal udaranya cukup dingin...

akhirnya temennya teriak "woi!jangan ngerokok disitu..."....nah si mas2 kurang pinter ini ngeliatin gw lagi...gw teriak aja "situ ga liat saya lagi hamil!bisa ga ngerokoknya di daerah lain yang asepnya ga ke saya!"(pastinya gw ngomong dengan wajah mau membunuh)....akhirnya dia langsung cabut...dan karyawan2 toko minta maaf dan gw dipindahin duduk diruangan yg di dalam dan lebih private...HUH

ini baru salah satu....
beberapa minggu lalu pas gw ke karawaci..ada bapak2 yang ngerokok dibawah tulisan dilarang merokok..dan gw dengan kurang beruntung harus berdiri disebelah dia karena gw lagi ngantri beli es krim..gw ga nunggu lama..gw teriak aja "bapak ini bisa baca nggak sih!ini area dilarang merokok!bukan dipasar"....bapak2nya langsung cabut (tanpa matiin rokoknya)...sigh!

bokap n adek gw perokok berat (dan gw udah berbuih ngingetin mereka utk stop merokok krn kakek gw itu kanker paru2 krn ngerokok....)..semenjak gw hamil..gw mengancam akan pindah kerumah mertua or ngontrak berdua aja kalo mereka ngerokok di dalam rumah...(akhirnya mereka tiap mau ngerokok diteras luar rumah gw....) dan ancaman itu masih berlaku sampai kapanpun..gw tau bokap suka banget anak bayi n anak kecil..kalo sampe insyallah anak gw lahir....bokap atau adek gw ga boleh cium2 atau pegang anak gw sebelum sikat gigi, kumuran dan cuci tangan sampe bau rokoknya ilang!kalo ga mau nurut....gw angkat kaki dari rumah bawa anak gw (ini bokap gw parno banget...dari awal dia agak ga mengijinkan gw keluar dr rumah..apalagi bawa2 cucu'nya)...

dirumah gw problem rokok merokok terselesaikan..bokap n adek gw bisa nahan ga ngerokok kalo lagi makan keluar sama kita.tp herannya mereka ga suka ngerokok di smoking area atau smoking hub (gw pengen masukin mereka kesana biar keluar dari sana badannya bau asbak!)...

bukan apa2...perokok pasif itu biasanya terkena penyakit lebih parah dr yg aktif (ini dulu pas gw sma dan kuliah sempat merokok dari waktu ke waktu...gw malas jadi perokok pasif..mendingan aktif khan sama2 mati???)...tp sekarang berhubung gw lagi bunting yeeee....gw ga berpikir gt lagi...bahkan udah lama banget gw ga ngerokok...suami gw juga udah berhenti total(mudah2an..kalo sampe ngerokok lagi liat aja..uang jajan gw potong!)...

selain itu juga bokap n adek gw itu tipe yang males banget kalo disuruh ke dokter kalau sakit..sedangkan gw dari bayi umur 9 bulan adalah anak ashma yang penyakitan dan mudah kena alergi plus tertular penyakit2 dari orang...
contoh :
*pas sd temen gw dah sembuh cacar 2 minggu dan boleh sekolah..satu kelas sehat2, tapi gw kena cacar sendirian, selidik punya selidik, walaupun sudah sembuh 2 minggu virus cacarnya masih ada, dan anak yg antibody'nya paling lemah bisa kena (OH YEAAAH)
*dirumah kalau bokap or salah satu anggota keluarga udah ada tanda2 mau radang tenggorokan atau batuk atau pilek....mereka belum sakit..gw dah sakit duluan walaupun sebelumnya sehat walafiat!
*dari sd-smp kalau temen sejemputan gw ada yg pilek atau batuk 1 hari sembuh..gw besoknya sakit selama seminggu penuh plus demam dan ashmanya kumat!
*pas kerja...kantor gw ternyata tidak pernah di vacuum cleaner selama 1 tahun lebih, dan ruangan tsb seperti layaknya ruangan siaran lainnya...dindingnya dari karpet dan alasnya karpet..semuanya karpet pernyerap bunyi (dan debu!)...begitu diluar ruangan ada yang bongkaran kubikal...debunya masuk kedalam..gw masuk rumah sakit karena, demam, radang tenggorokan,sinust, ashma gw (yg selama 6 tahun ga pernah kumat) dan alergi pada saluran pernapasan......krn cuman gw yg kena awalnya ga ada yg perduli....sempet sedih begitu denger ruangan itu memang ga pernah dibersihin dan penyakit gw sempat dipertanyakan..(ada pertanyaan seperti "kenapa cuman dia yg sakit")...sedangkan semua yg kerja disana sehat2 aja (2 minggu kemudian akhirnya pada sakit..tp ga separah gw, yang kalo diitung2 uang gaji gw selama kerja disana nggak cukup utk bayar biaya rumah sakit plus fisioterapi setelahnya)...gw ga nyalahin siapa2..cuman memang badan gw lemah dan mudah sakit....hiks

ini kenapa gw rewel banget ga mau deket orang ngerokok, deket2 orang batuk pilek....skg gw lagi hamil dan otomatis antibody gw "lari" ke anak gw..mudah2an sih antibodynya bertambah..cuman kalo tetep seperti biasa?gimana????gw alergi obat.banyak obat..jadi treatment yg gw terima setiap gw sakit khusus dan tidak sama seperti pasien2 lain..walaupun cuman sakit radang tenggorokan..dan skg gw hamil...ga bisa deh gw kalo batuk minum OBH combi seperti ibu2 hamil lainnya(gosipnya obh combi ini obat batuk paling ampuh dan ga berbahaya buat ibu hamil)...pilek, demam apalagi...pas suami gw pilek..pastinya gw ketularan krn kita tidur sekamar....dia pilek 4 hari..gw pilek disertai sinustnya kumat selama hampir 2 minggu (ini kejadian pas gw lagi hamil bulan ke 3)...obat pilek gw khusus...dan ga pakai antibiotik karena gw lagi hamil...alhasil...ga cepet sembuh malah sinustnya nimbrung juga...susah khan???

mudah2an temen2 gw yg sedang hamil dan gw tag dinote ini ga ada yg kaya gw..cuman ada baiknya kita ngehindarin orang2 yang sedang sakit, ngerokok dst....krn daya tahan tubuh kita pas hamil tidak seperti biasanya...mereka cenderung melindungi ke bayi kita....insyallah sehat2 terus yaaaa...

*ini juga alasan gw kenapa akhir2 ini jarang ngumpul sama beberapa teman..krn terakhir gw ketemu temen gw yg "berniat" ngerokok deket2 gw..dia malah nanya "masalahnya apa sih kalo ibu hamil kena asep rokok"....gw ga bisa jawab..cuman senyum trus bilang "i gtg"...ga semua orang mau ngerti ternyata, dan gw lebih baik menghindar drpd *amit2* kenapa2....pernah juga ada yang ngomong "khan resiko lo hamil..ya elo dong yg ngehindarin kita2 yang ngerokok"...ya resiko atau enggak..at least kalau mereka..atau teman2 yang belum hamil/belum beristri dan tau resiko2nya tidak merokok dekat2 orang hamil mudah2an ada pahala'nya deh guys...lo menyelematkan 2 nyawa looooh....kalo lo ngerokok apa lo ga mikir "manusia kecil" yang didalam perut temen lo itu ga hanya ngisep asepnya..tp justru zat2 beracun yg dibawa ke dalam plasenta dan diantar langsung ke badannya...

ini aja kali ye...gw nulis ini juga karena lg agak sebel sama adek gw yg batuk2 didepan tv dan ga mau ke dokter..alhasil gw pake masker seharian dirumah dan kalo ntar sore masih ga kedokter..gw ngungsi ke kalimalang rumah mertua....perkembangan bayi gw lagi sangat dikontrol dokter jadi gw ga boleh sakit!SEMANGAT HARUS SEHAAAT


PS: buat temen2 yg lagi hamil n suaminya ngerokok...lo beliin buku or suruh dia baca di internet apa bahayanya buat bayi lo......gudlak guys

2 comments:

Anggi said...

Rinda darling..
I think u're goin to be a great mom.. Dirimu care sekali sama baby mu. Dan sangat berusaha agar baby mu sehat.. Banyak mencari informasi tentang kesehatan baby mu.
Semangat terus ya jeeeng.. Semoga dede nya sehat selalu dan cantik seperti ibunya / ganteng seperti papanya :)

ariendariendarienda said...

*anggi

tx ya honeeey..amien amien...cepat menyusul loooh