Wednesday, November 25, 2015

Aksi kecil kita mungkin bisa menurunkan harga vaksin loh...

Setelah edisi mamak-mamak antivaksin ... dengan dalih bahan dasar pembuatan vaksin yang masih diragukan ke"halal"annya (le sigh*)

Sekarang dalihnya vaksinnya mahal ..sedih ya...tapi ini kenyatan sih kalo harga beberapa vaksin itu hadeeeeh mehelll..bahkan beberapa kantor ngga cover biaya vaksin booster dan vaksin selain vaksin dasar. Alasannya kan itu pencegahan,  kantor hanya bayarin kalau sakit (semoga disadarkan dan dikembalikan ke jalan yang benar ya itu HRnya sama BODnya yang nampaknya ga punya anak kecil..amien dulu)

Berkaitan sama urusan vaksin mehel...
tanggal 14 november kemarin gw datang ke mini talkshow yang diadain mommiesdaily di kantornya FemaleDaily ....

Judul mini talkshownya
"A fair shot - Vaksin Untuk Sehat"

Gw maksa banget harus datang karena nara sumbernya tak lain dan tak bukan..
dewanya ilmu Vaksinasi..
dr.Dirga Rambe M.Sc. VPCD.

Dan juga hadir
dr.Tutut Sri Purwanti sebagai perwakilan dari MSF (medecins sans frontieres) atau biasa dikenal dengan Doctors without borders. Organisasi independen internasional yang bergerak di bidang medis. Check their website here

Diawal talkshow dokter Dirga menjelaskan kenapa sih imunisasi itu sangat disarankan (karena kalo yang namanya wajib menurut doi itu :  sholat, dzakat, puasa etc hihihi).
Kenapa kalau sudah ASI eksklusif kok tetap harus vaksin, khan asi juga membentuk antibodi.

NAH...ternyata asi dan vaksin itu saling melengkapi, dan tidak bisa saling menggantikan (nah nah nah). kalau asi ada batasan waktu perlindungan, kalau vaksin perlindungannya seumur hidup.
Masa pembuatan vaksin itu aja butuh waktu 8 -15 tahun loh, jadi benar-benar sangat diteliti dan dilihat manfaat dan resikonya.
Tidak mungkin suatu vaksin muncul jika manfaat atau tingkat keberhasilannya kurang dari 80%, dan dokter dirga bilang..semua vaksin dipastikan dapat menyebabkan demam.

Kalau seseorang sudah di vaksin, itu bukan hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang lain disekitarnya loh.  Lewat vaksinasi orang yang sudah di vaksin akan memiliki kekebalan dari satu penyakit. Dan kalau banyak orang yang sudah di vaksin maka semakin banyak orang yag terlindungi (bahkan orang yang tidak di vaksin bisa terhindar dari penyakit tsb kalau lingkungannya sudah vaksin dan penyebaran penyakit tidak separah jika kebanyakan tidak di vaksin) dan akhirnya penyakit itu bisa hilang sama sekali dari muka bumi (kasih ketawa mojojojo dulu MUAHAHAAHA).
Walaupun keberhasilan vaksin tidak bisa dilihat secara instan,tapi salah satu bukti menurut catatan medis keberhasilan vaksin yaitu sudah tidak ditemukannya penyakit variolla (smallpox) di dunia. Konon penyakit ini dulunya sangat menakutkan dan kalo liat imagenya sih kesiaaaan yang kena...

Satu lagi boleh ya gw kasih contoh yang gw alamin sendiri.
Kelas ava bulan lalu wabah cacar, anak-anak yang sudah dan belom vaksin cacar booster (di umur 5 tahun) tetap kena. Satu kelas isinya 23 anak, 80% diantaranya sudah vaksin booster. Sisa 9 anak yang bertahan tidak kena wabah (bahkan gurunya 1 kena cacar).
Ini bukti bahwa dari teman-teman ava yang sudah vaksin. Si wabah cacar tidak menularkan ke 9 anak di kelas dan bahkan tidak menularkan ke kelas lain (beneran cuma wabah di kelas kita doang..padahal pengumumannya sudah sampai kemana-mana).
Menurut gw sih walaupun tetap ada (banyak) yang kena si cacar. Tapi berkat banyak yang sudah vaksin, wabahnya tidak menyebar ke kelas lain. (Gimanaaaa masih mikir ga mau vaksin???? *selain alasan vaksinnya susah didapat yes)
Oh iyaaa. Jadwal vaksin dari IDAI diupdate setiap tahun jadi jangan lupa untuk selalu cek yaaa..daaan.orang dewasa juga ada vaksinnya loh, coba cek ini kesini yaaa...

Okaiii.. untuk talkshow kali ini msf menggandeng dokter dirga mengkampanyekan "A Fair Shot" dimana tujuannya adalah

1.meningkatkan kesadaran publik tentang penyakit pneumonia anak dan mahalnya harga vaksin sebagai kendala utama kesehatan anak.
2.mengajak publik berpartisipasi dalam kampanye online untuk meminta perusahaan farmasi menurunkan harga vaksin

Ngemeng-ngemeng, Pneumonia itu apaan sik...gw juga tau-tau engga loh tentang penyakit ini, tau sih TBC, ASHMA..
Pneunomia biasa dikenal dengan radang paru atau infeksi paru dan di Indonesia, penyakit ini adalah penyakit mematikan no.2 setelah diare (hiks) dan penyakit pembunuh no.1 di dunia untuk anak usia dibawah 2 tahun dan dewasa diatas 60 tahun.

Ciri-ciri penyakit ini gak jauh beda dengan flu biasa ternyata : demam, keringetan dan meriang, batuk berdahak,nyeri dada pas menarik nafas dalam atau pas batuk, sesak nafas, kelelahan, nyeri otot, mual, muntah, diare, sakit kepala.

Kenapa bisa ketularan???
Dari penderita yang batuk, imunisasi yang tidak lengkap dan juga kondisi kurang gizi.

Pneumonia ini bisa dicegah loh ebo eboooo..dengan vaksinasi untuk bakteri pneumonia dan juga vaksin influenza.

Nah MSF sedang memperjuangkan harga vaksin pneumonia yang dipasarkan bisa lebih murah.

harga vaksin pneumonia sekarang ini adalah 750.000 dan harus 3x vaksin (meyeeeen yeaaa).
Mudah-mudahan kampanye dari msf berhasil membujuk 2 produsen vaksin pneumonia untuk menurunkan harga vaksinnya.

Kitapun sebagai pengguna social media dan internet aktif bisa loh ikut membantu kampanye mereka.
Kita ikut merubah profile picture FB dan twitter kita disini
Siapa tau aksi kecil itu bisa membawa perubahan besar nantinya
(amieeeen amieeen *edisi anak baik2)

No comments: