Sunday, July 17, 2011

she's fine now...alhamdulilah

demam 39.5 masih dirumah #day2

tanggal 2 juni kemarin ava tiba2 sore demam .... 38.5'c ..tapi masih ceria dan mau makan....gw pikir (mungkin kecapean karena abis marathon kawinan dan juga jalan2 liburan sama saudara2nya)......
jam 4 pagi tgl 3 juni'nya spiked up jadi 39.5 .....gw kompres2 ajah..sambil tetep nyatet suhu badannya...
jam 8 pagi suhunya turun ke 37.5 :) masih mau makan dan masih lancar salto..hihihihih
sorenya jam 3 dia naik lagi di 39.2 gw langsung hubungi dokter endah untuk tanya apa perlu ke ugd atau enggak...
kata dokter endah kalo masih mau makan n minum...observasi 72jam dulu.....disuruh cek pipisnya,,,dan karena lagi wabah roseola (tampek) jadi dokter endah nyuruh gw baca ttg roseola (dan sempet panik karena kapan itu gw liat anak bayi *umur 8bulanan* di pim kayanya abis kena tampek..karena ciri2 kulitnya persis kaya yg gw baca tentang tampek...dan si anak jalan2 ke pim...emaknya pinterrrr deh yaaa)...

tanggal 4 juni demamnya stay di 38.5-39 dari pagi sampe sore...bahkan kaki dan tangannya dingin banget...
sudah mulai gak mau makan...lemes dan ga ceria...minum juga malas dan mual2..
akhirnya dokter endah nyuruh periksa urine harian..dan alhamdulilah hasil urinenya normal semua..
kaki dan tangannya tetep dingin...
pipis mulai jarang,,dan ga mau makan ga mau minum...
jam 10 malam suhu badannya turun terus sampe keringet dingin..sebelumnya sempet 38.5 ....
30menit kemudian..langsung drop ke 35.5 dan naik turun 36 ke 35...
gw ga nunggu lsg bawa UGD kemang...
sampe sana di tesdarah...(hebatnya rs.kemang ini..cara ngambil darah si anak di"bedong" selimut besar..jadi mencegah adanya bagian tubuh yang keseleo....ntar gambar dimana gw nyontek caranya gw masukin)
.dan hasilnya trombositnya 192k (normalnya 220k) dan ada indikasi dehidrasi tapi untuk demam berdarahnya negatif...jadi kita pulang buat observasi,karena masih diatas 150K jadi masih boleh observasi dulu...ga dikasih obat cuman disuruh minum air putih yang banyak dan juga observasi terus...

demamnya ava sudah turun sama sekali.....tapi pas tanggal 5 itu dia lemes2....matanya sangat sayu dan mual2...paginya ambil darah lagi di prodia....gw pake teknik kmc ngebedong ava biar bs diambil darah...
minum air putih aja mual...gak mau makan sama sekali..dari pagi sampe siang gak ada makanan masuk..minum juga cuman 3 isep :( belom pipis sama sekali dan gak mau pup...MULAI PANIK!
jam 3an dia lemes2 dan badannya dingin terus...gw coba kasih makan, susu, minum mana2 yang dia mau..ga ada yg mau masuk.....siang hasil darah keluar...trombosit ada di 142k PANIK PANIK PANIK......
liat ava tambah lemes2...dan sampe jam 4 ga mau makan sama sekali..dan masih belom pipis (WHAT)...gw bawa ke UGD RSPI (krn paling deket rumah gw....)
dijalan bbmin dokter endah...sampe rspi dokter yang menangani dokter Harry Purwanto ...ngeliat ava yang sangat lemes gak ada makanan masuk....dia nyaranin utk diopname sambil observasi....
rspi lg mau pasang infus...ini metode bedong KMC gw praktekin
dan ava pun dipasang infus.... *nangis* :( ga tega bgt inih

obat2an yg dikasih ga ada antibiotiknya :) karena kata dokter harry ga perlu...kalo memang dbd ava harus masuk cairan aja....ava ditambah vitamin aja dan juga untuk mualnya aja..krn bener2 nggak mau makan... :(
24 jam pertama bener2 bikin deg2an......apalagi ava kebangun jam 3 pagi dan MINTA JALAN2.....akhirnya jalan2 dialley..dan minta papinya datang...(bapaknya tidur dirumah..krn emang sofa cuma 1..gw kasian kan dia hrs kerja)...terpaksalah gw tlp papinya dan nyuruh datang karena anaknya nangis terus :(
bapaknya datang ava tidur....
besok paginya diambil darah lagi....siangnya dibilang trombositnya NAIK..alhamdulilah :) tgl 6 itu ava sudah lumnayan ceria....tapi masih mual dan udah mau makan sedikit2 trombositnya ava 176K saat itu :)
gw cobain suapin makan dikit2...susu masih belom mau sama sekali
maunya muter2 naik kursi roda
rewel bukan main jelas....siapa yg ga rewel badannya ga enak..dia ga tidur dikamar sendiri, perut mual dan juga dia gak bs lari karena ada infus ditangan :( nangis teruuuus ,,,,, tgl 7 pagi diambil darah lagi dan trombositnya naik jadi udah 190k...kata dokter harry boleh pulang :) alhamdulilah...diagnosanya Dengue Fever ,,,,alhamdulilah bukan DBD...tp tetep dapat surat biar bisa disemprot (fogging) rumah gw......
tapi sementara ga boleh kemana2 dulu ga boleh makan aneh2 dan harus banyak istirahat....
jempoool boleh pulang



sleeping at hospital #day 1

kidsroom....playing #day 2..mata bengkak nangis melulu


nasi pertama yang mau dimakan sampai hampir habis #day 2

benerin infus...

maunya makan sendiri naik wheelchair...

kidsroom

udah copot infus..mau pulaaaang
mudah2an ava sehat terus..dan makasih teman2...saudara..oom tante bude pakde eyang yang sudah doain via twitter dan juga bbm :) mudah2an kebaikan hatinya dibalas Allah SWT..amien amien :)




No comments: