Tuesday, November 4, 2008

few of bad experience on my wedding vendor

baru sekarang gw bisa nulis apa2 aja vendor yg bikin gw nangis jerit2 sampe hampir mukulin vendor2 ini sampe koit....karena sebelumnya gw emosi jiwa(masih)..huhuhuhuh SEBEL

dimulai dari
*vendor Jawa Gw....gw ambil dari pemimpin gamelan gw nama sanggarnya Sego Laras..dia namanya pak sunardi...awalnya ngaku ke nyokap gw jago bikin adat2an jawa, biasa nangganin buat kawinan orang2 kaya lah, sudah berbulan2 ngomong gt terus sama nyokap gw..krn nyokap gw dah kepalang suka jadilah selain gamelan sama dia, soundsystem, dan semua perlengkapan adat jawa (tempat siraman, bleketepe, dodol dawet, bubak kawah, pikulan pasar, selendah melati, bando melati gw, bunga-bunga untuk air siraman nyokap minta yg bunga utuh bukan bunga kelopak kaya kuburan, MC yang sudah paham adat jawa dan biasa ngeMC..katanya sih MC'nya jendral2..nasi kuning utk suap2an, sajen siraman, sajen paes, sajen kamar, Kembar Mayang, Janur Kuning dst..gw ada listnya ntar aja gw list lagi)...pokoknya gw pake dia dari mulai siraman, akad sampe resepsi di gedung gw dah bayar semua...apa yang terjadi???????

1.soudsystem..gw pengajian persis sebelum siraman, dan butuh sound dari jam 8 pagi(si Pak nardi udah tau sebelumnya..krn dari 2 bulan sebelumnya dia udah pegang buku panduan acara kawinan gw)....sampe jam 1/2 9 sound gw belum datang...gw baru tau alasannya siang pas break sholat jumat, katanya orang soundnya itu tetangganya meninggal, jadi dia harus ngelayat n nganter jenazahnya dulu(WHAT THE F*CK!)....dan kata si pak nardi dia tlp2in ga diangkat..krn lagi nguburin tetangganya.jadi gw pake soundsystem tetangga gw yg seadanya,,,pak Adi orang dekor gw bilang knp ga pake dia..krn si pak nardi bilang dia ok...dia punya semua...mic wireless dia ada 5...dst dst..jadi pak adi gw batalin...brengsek...si orang sound baru datang jam 10....itupun soundnya jelek banget..kresek2....SIALAN!abis itu soundsystemnya gw minta ganti, gw minta pak Adi yg provide..setelah seharian(dari mulai siraman-malam Bainai) gw pake soundnya si pak nardi

2.MC...katanya MC ini biasa MC acara2 kawinan, acara jawa, acara orang kaya, MCnya jendral..ternyata..nyebutin nama bapak n ibu gw aja salah melulu..nama bokap gw Ari Sapari ibu gw Endah Safitri Dewi (ga susah khan bok?)....bolak balik salah...Ari SUpari, Ari Safitri(WTF), Ari Supandi, Ari Safari...ga pernah beres..nama ibu gw juga..ENdang Sapari, Indah Sapitri, indah Sawitri....EROR..trus udah gt...ngaku ke tante2 n uwak2 gw dia baca buku panduan yg gw buat jadi ga mungkin salah baca...ANJROT..masa gw ngetik nama emak bapak gw salah????dan ga mungkin banget salah sampe 3 kali...akhirnya tante gw selama acara dari hari siraman-akad berdiri di sebelah si MC bloon ini utk ingetin nama2 bokap, nyokap, gw n farid..sampe salah lagi dipukul pake batang pisang sama tante gw katanya...(tante gw sampe teriak "Bapak ini buta huruf apa gimana..tulisannya udah bener kok bacanya salah) setelah itu si MC cuman gw pake sampe akad doang..abis itu gw usir pulang dan ga boleh mandu acara resepsi gw di gedung...dan katanya bu Tatiek perias gw..si MC ini ga ngerti susunan acara JAwa (nah lo)..bolak balik bu tatiek ingetin urutannya...padahal ya..bu tatiek yg ga ikut rapat2 panitia tp dapet buku panduan kawinan gw...dan dia baca jadi inget susunannya..masa si MC ini yg dari 2 bulan lebih rapat n punya buku panduan gw ga inget susunannya..(padahal di pegang2 sama dia...)

3.Selendang Melati n Bando Melati gw ga disediain....untungnya bu tatiek sigap n punya feeling untuk bawa n bikin...apa alasannya si SUnardi edan itu? katanya pagi2 pas pengajian dia tanya ke ketua panitia kawinan gw (wak Kumir) katanya bando melati n selendangnya udah disiapin perias, jadi pak nardi ga usah bawa....gw tanya wak Kumir..katanya dia ga ngomong gt...dan LOGIKAnya ya...bikin selendang melati n bando melati itu butuh satu hari pastinya....ga mungkin pagi dibatalin..trus dia bilang ga jadi dibikin???siraman gw khan jam 11...ada2 aja alasan orang gila ini..jadi intinya dia ga nyediain..gw dah bayar 300.000 untuk itu...

4.persiapan bleketepe ga disiapin sama sekali....seharusnya dia sbg penanggung jawab acara adat udah masang paku di pergola garasi gw utk pasang bleketepe pas bokap gw naik..eeeh yg ada dia malah kabur pulang...eror banget...keluarga gw terpaksa pasang paku sendiri(pas bokap gw udah upacara masang bleketepe'nya....gila abis)

5.siraman...tambah parah...selain mic MC'nya kresek2 krn jelekan...bunga di tempat siramannya bunga lepasan alias bunga buat kuburan, bukan bunga2 seperti yg nyokap gw minta...alasannya lagi katanya pecah di tengah jalan??gilaaaa...untung keluarga gw siap tukang bunga yg bisa di tlp....dia dari rawabelong bawa 30 potong bunga mawar putih n merah yg besar utk ditaro di bokor siraman gw...kalo ga jelek banget deh pasti...

6.dodol dawet...si nardi ini bilangnya mau nyediain sama tukang2 gerobak dawetnya sekalian...trus nyediain uang dari tanah liatnya yg banyak(nyokap gw pesen 100 -150 PCs)...apa yg terjadi teman2...si gila ini hanya nyediain 15 biji uang dari tanah liat, dan gerobak dodol dawetnya bobrok banget...bu tatiek perias gw sampe panik dan berusaha nutup2in dari gw..gw baru tau semuanya pas malemnya..akhirnya ada sodara2 gw yg baik jadinya beli dodolnya pake uang beneran...ceritanya kalo di jawa...kalo pas jualan dodol dawet ini orang tuanya dapet banyak uang dari tanah liat itu(dulu uang beneran diganti biar mudah)...insyallah si anak rezekinya banyak..krn uang yg dikumpulin itu dikasih pas dulangan terakhir..mudah2an gw rezekinya tetep banyak ya teman2..biar si pak nardi aja yg rejekinya seret krn bikin susah gw..AMIEN

7.dulangan terakhir..nasi tumpeng (nasi kuning) yg harusnya buat disuapin ke gw pas dulangan terakhir ternyata lauknya BASI sodara2...padahal dulangan terakhir gw itu jam 3 sore...alasannya apa? alasannya si nardi ini bilang gw minta semua jadi pagi2..jadi dia masak dari subuh..jadilah mungkin lauknya basi...WHAT....gw tuh milih vendor dia karena rumahnya dia deket banget sama gw....ga sampe 10 menit deh kalo jalan kaki...dan dia dulu ngakunya istrinya yg masak sendiri nasi tumpengnya..kok bisa basi???berarti emang dianya ga ngerti adat jawa khan yaaaa.....rese!

Masuk Ke bagian Akad nikah..
1.kembar mayang gw ga ada meraknya...dan kembar mayang khan layaknya selain yg tinggi..juga harusnya ada Vas dari kuningan untuk bagian bawahnya batang pisang biar bisa dibediriin...dan juga ada merak yg isi kelapa gading utk diketemuin...masa meraknya ga dibikin...(gw ga ngerti dia ini jawa dari mana ga tau paketnya kembar mayang padahal udah gw jelasin di buku dan udah pernah ngomong sama dia)..dan kembar mayang yg tingginya murahan banget dan ga bisa dibediriin..jadi kalo di taro di pelaminan dia jatuh melulu...sampe akhirnya ditaro dikursi sama tim fotografer gw..katanya bikin jelek...GILA banget...

2.nasi kuning utk gw suap2an...ga ada AYAMnya utk rebutan ayam...dan lauknya sudah basi sodara2....padahal acara panggih gw jam 10 pagi...jadi sangat ga mungkin ya harusnya lauknya basi..dan kenapa juga ga ada ayamnya...gila gila gila...

mungkin bbrp anggap ini hal sepele...tp menurut gw ini hal besar...krn akad gw beda 1 minggu sama resepsi...gw langsung bilang sama nyokap batalin pak nardi utk bawa MC, tim Gamelan dan cucak lampahnya ke gedung(padahal gw dah bayar cash)...gw ga mau ntar acara gw bubar n rusak gara2 dia....Oia..jadi pas lagi rapat 1 minggu sebelum akad...Si MC dan si Nardi ini tiba2 kaget denger Ketua panitia bilang acara resepsi tanggal 30 agustus...(WTF)...katanya mereka ada acara 17 agustusan di RT'nya..mereka ga tau acara gw tgl 30...(gila apa)..padahal sekali lagi ya..buku panduan acara kawinan gw udah dipegang sama mereka dari 2 bulan sebelum hari H..knp baru taunya H-7..trus akhirnya setelah uwak gw panik dan marah2..mereka bilang "BISA DEH PAK...DIUSAHAIN.."gilaaa..padahal udah gw bayar tunai tuh pas itu....dan mereka 2 minggu sebelumnya janjiin mau datang untuk ikut acara syukuran resepsi di gedung resepsi gw...(ini emang syarat dari Sasono Utomo biar lancar insyallah)...seluruh vendoro resepsi ikut syukuran...si geblek Nardi sama MCnya ga dateng2 dan gw tlp ga diangkat2...alasannya ada acara kawinan mendadak dan ga bisa ditinggalin..(gw udah bilang ttg acara syukuran ini dari 2 bulan sebelumnya...gw well schedule banget jadi ngga mungkin vendor2 gw semuanya MENDADAK TAU)...
setelah dibatalin, gw ga tau lagi gimana nasibnya si bloon itu,,,yg gw tau nyokap gw sama tante gw manggil dia kerumah..trus DIMAKI2 PAKE BAHASA BINATANG PALING NISTA...maklum orang palembang di bodoh2i...matilah dia...
si Pak Nardi ga bisa ngebela diri lagi.....nyokap gw terus2an nanya...kok bisa2nya pak nardi ngecewain keluarga gw, ngaku2 sering nangganin adat jawa utk jendral2 n orang kaya....(dia diem aja...mati kutu kayanya)....dan tante gw bilang "jangan samain dong pak acara kakak saya sama acara orang kampung sebelah..kita ngeluarin uang lebih dari 15 juta buat bapak doang...emang bapak kira kita ini siapa"(dia diem lagi ga bisa ngomong)...dan semua alasan2nya(yg td diatas gw dah tulis)...ga bisa diterima sama akal sehat dan non sehatnya nyokap gw...krn menurut nyokap..kita cuman nagih semua yg pak nardi tawarin n sanggupin..kalo terakhirnya ga sanggup ya harusnya bilang...trus nyokap gw bilang "jangan harap nama sanggar bapak baik lagi semenjak hari ini, bapak tau aja apa yg bisa kita lakuin"...(dia diem ajaaah)...dan nyokap gw bilang semua uang yg utk bayaran gamelan, mc, sama cucuk lampah dia ga minta balikin..tp harus dikasiin ke orang2 itu sama si pak nardi...nyokap gw ga mau ngecewain orang2 itu krn kehilangan uang gara2 kebodohan satu orang...dan sampe detik ini kita ga tau pak nardi ngasiin uangnya atau dimakan sendiri..kalo dimakan sendiri gw harap dibalas Allah Secepatnya..
yg gw ga suka dari si Pak nardi ini adalah...MULUT BESARnya....gw yakin dia ga pernah megang kawinan orang utk upacara adat sebelumnya...mungkin kawinan orang2 kampung yg kecil2an iya...tp kawinan jendral n orang2 kaya yg dia sebutin ga pernah pastinya, dan betapa dia maksa2 gw utk lunasin semuanya jauh sebelumn hari H...gw sih PD aja dia ga kabur..gw tau rumahnya kok...tp sampe detik ini..bener2 amit2 deh gw ketemu dia..amit2 mikirin dia..cuman gw harus nulis disini..biar temen2 gw yg lain ga kecele aja sama vendor2 yg bermulut manis...

masalah gamelan resepsi? gw ganti gamelan dr TMII..cooperative banget dan murah, bagus banget pula...MCnya?gw ambil Bu Cicih Dari firma melati..tx to bu tatiek sasongko yg nawarin ke gw..dan cucuk lampah juga dari firma melati biarpun cucuk lampah gw masih anak2(anak sma gw kayanya)...tp jago banget narinya...gw puas banget deh..terbukti Allah masih ngasih gw rezeki untuk ganti vendor dalam waktu 5 hari..

vendor edan yg kedua adalah:
1.Vendor Souvenir..
gw mesen souvenir pembatas buku berbentuk wayang dari kulit sapi...jadi model2 wayang gt bok...gw pesen di Yogya..nama toko'nya ada ntar gw post deh kalo nemu buku gw..intinya nyokap gw survey sendiri kesana, dan gw ketemuan orangnya di pameran INACRAFT....toko ini biasa nangganin pelanggan lokal n ekspor...jadi intinya(ngakunya) udah go internasional deeeeeh....gw udah deal harga, model, warna tulisan dst deh...awal2nya ga mengecewakan...dummy2nya dikirim cepet banget...tp dia bilang dia ga bisa bikin dummy pake nama gw n tanggal kawinannya..alasannya dia harus bikin stempelnya yg cukup mahal kalo sampe gw batal..(masuk akal)..gw dah bikin gambar, gw fax tulisannya...dan gw sms gw tlp..pokoknya semuanya harus jelas...gw pesen 1000 pcs utk akad nikah, 2600 pcs utk resepsi..gw pesen dari sekitar bulan Mei...dan gw lunasin bulan juni...dia bilang awal juli udah jadi 3600 pcs dan dikirim ke jkt..pertengahan juli gw harus ke jogja...sekalian deh gw liat souvenir gw dah sampe mana...kok tiap gw tlp bilangnya hampir..hampir hampir...gw kesana sekitar tanggal 24 juli keatas deh...gw dah janjian sama orangnya..tp ternyata si bapaknya ga ada di tempat pas gw kesana. dia harus ke jkt..gw sampe sana jam 18.30 malam...pas gw belum sampe tokonya..gw punya perasaan...souvenir gw baru jadi sekitar 400pcs..gw bilang ke nyokap n tante gw yg waktu itu ikut nganterin..bener ajaaaa...pas gw sampe disana..ibunya (istri si pemilik toko) bilang "oooh yg pesen dari jakarta ya..udah jadi nih bu...500 pcs.." nyokap gw, dan gw langsung lemes....gila...h-29 baru jadi 500pcs..pesennya udah dari lama..gw sih diem aja..nyokap gw langsung meledak gilaaa....marah2 ga karuan, ngamuk abis.masalahnya souvenir ini abis dikirim harus dipackaging lagi di hikari..krn packagingnya di yogya itu jelek banget...mana keburu...
nyokap gw nanya melulu..sempet ga 2 minggu jadi...kok lama banget..kok ga profesional..saya udah bayar lunas..dst dst dst..gw sambil liat souvenir gw...warna udah oke, bentuk bener, ukuran pas...dan tiba2...NAMA GW SALAAAAAAHHHHH.....
mereka nulisnya ARIANDA...bukan ARIENDA....gw langsung panik..gw minta liat P.O'nya..gw minta liat fax gw..bener aja..mesin fax dia lagi rusak dan tulisan nama gw luntur bok...gw langsung tlp si bapaknya..gw bilang gw dah sms, tulis nama pake ketikan biasa, tlp..masa masih salah juga...bapaknya minta maaf dan bilang dia ternyata belom ngecek..>anjrot...gw tanya sempet ga diganti....ya Allah...ada ajaa deh...gw langsung mau nangis trus tlp farid..farid suruh gw sabar, gw sms hikari dan hikari sanggupin insyallah 2 minggu bisa kelar utk packagingnya..ibu yg punya toko udah pucet banget mukanya kena amuk nyokap gw...nyokap ngamuk krn ide awal sovenirnya gini dari dia,,,gw sama farid ya ikut aja, dan gw sempet ngomong "jangan sampe ngecewain ya ma"...mungkin karena ini nyokap jadi panik..sampe nangis akhirnya minta maaf sama gw...gw ga enak juga...tp mikirin..gileee...dikasih 2 bulan aja jadinya cuman 500pcs..gimana kalo cuman 2.5 minggu...gw teror tiap hari..dan dia janjiin bisa, gw bilang kalo sampe ga bisa gw bawa ke meja hijau(ya iyalah..gw dah lunasin gitu)...dan sampe 2 minggu kedepan gw ga bisa mikir souvenir apa sbg gantinya kalo sampe souvenir dari jogja belum jadi..tp alhamdulilah akhirnya souvenirnya jadi..dan gw langsung ketemuan sama hikari utk cepet2 packaging..jadinya tepat waktu...2.5minggu(sebenernya ga tepat2 amat..khan janjinya pertengahan juli..kenapa baru awal agustus jadinya....orang ENDONESA banget..ngaret)...
jadi yg deg2an disini, gw, nyokap, dan hikari couple..hihihih kasian..gak lagi deh mesen ke pengrajin dengan jumlah diatas 1000pcs....mengerikan...

vendor gw yg mengecewakan lagi yg lain adalah busana jawi..lebih tepatnya blangkonnya mertua gw..jadi bokap gw n mertua gw bikin blangkon di tempat yg berbeda..blangkon bokap jadi duluan dengan model Satriaan..gw ke busana jawi utk kasih tau bahwa bikin blangkon utk mertua gw juga dengan model satriaan, mba2nya disana udah nyatet..dai dia tau gw krn gw jait baju laki gw disana juga.....ternyata begitu jadi..dia bikin model sendiri..menurut mereka model satriaan kurang berwibawa buat bapak2..yg disamaain cuman motifnya aja..modelnya beda..GILA ya seenaknya banget..karena waktu itu resepsinya h-1 gw baru tau masalah model blangkon beda ini, jadilah gw pasrah..padahal bapak mertua gw dah kesel banget sama busana jawi..dan dia marah2 disana...ternyata nama terkenal ga menjamin ya...

apalagi ya vendor gw yg eror...mungkin segini dulu..ntar gw inget2 lagi kalo ada yg eror..hehheehhehehehhehe.....gw udah amit2 beberapa kali kok, jadinya insyallah gpp..hehehe dan kalo vendor2 yg gw sebut diatas mau nuntut gw seperti vendor yg pernah gw review tp ga terima?...ya oloh...kenyataannya n buktinya banyak kok mau nuntut gw..pasti gw menang lah dipengadilan..CAPEK DEEEEH...

2 comments:

Anggi said...

Astaga Rien.. edan banget tuh vendor adat Jawa mu itu. Minta di cakar-cakar bangeeett... Gw jadi sebel banget bacanya. Sabar ya bu, biar tu orang dapat balasannya sendiri..

ariendariendarienda said...

hihihih bener gi...biarin aja allah yg bales...hihihihihih