Sunday, February 26, 2017

Gula, Gula dan Gula


GULA, kalau orang Indonesia (khususnya orang Jawa) kayanya ngga bisa banget ngga minum atau makan manis yak, at least ngemil deh.
Hampir 2 tahun lalu bapak mertua meninggal karena penyakit komplikasi yang tercetus oleh diabetes. 
Almarhum bapak adalah orang Jawa sejati yang memang sehari-hari di rumahnya senang banget minum manis, bahkan hampir setiap hari alm. minum soda hampir 1 liter dan itu hal biasa di rumahnya. 
ibu mertua dan kakak ipars juga jarang minum minuman yang tawar, makanya ketika gw jadi "anggota" baru disana, mereka rodo syok, kok ADA ORANG GA SUKA MANIS.
gw berusaha memaklumi kenapa the in laws hobi minum soda dan manis, selain memang orang Jawa asliiiiii, alm. Bapak dulu bekerja dari muda di sebuah perusahaan minuman bersoda yang cukup terkenal merknya lah.  Dan dulu minum soda adalah hal "mewah" loh, jadi minum soda dan manis adalah "air putih"nya rumah in laws.
Efek konsumsi manis-manis ini ngga langsung memang, butuh waktu cukup lama sampai muncul dan mengancam kesehatan.
Alm.Bapak mertua, ibu mertua dan 1 kakak ipar didiagnosis diabetes.  Gw ga inget kalo alm.bapak dan ibu mertua itu gulanya berapa (tes pakai alat yang ada di rumah), tapi gw sempat tahu kakak ipar sempat diangka 400 ketika umurnya belum 40 tahun dan menyebabkan salah satu matanya blur dan tidak nyaman.  Tapi selain itu memang digaris keluarga in laws baik bapak ataupun ibu memang semua ada keturunan diabetes, jadi sebenarnya semua tau nih,...

ini dari garis keturunan suami, dan dari gw?

Nenek gw dari nyokap meninggal di usia 41 tahun karena Jantung yang disebabkan diabetes. Almarhumah meninggal ketika sedang menunaikan ibadah haji dan memang gula darahnya selalu tinggi, kebetulan menurut cerita nyokap, nenekmami (panggilan gw sebagai cucunya yang lahir setelah beliau sudah meninggal) memang overweight dan ya kalo orang Jawa makannya manis-manis, apalagi namanya WongKito,,cuko dan lain-lain ya itu cemilan harian kan ya.
Tapi alm. nenekmami ini dulu cerewet banget ke anak-anaknya, karena beliau takut 5 anaknya kena diabetes juga, jadi semua ngga boleh ngemil dan ngga ada yang dibolehin makan permen. Positifnya adalah uwak-uwak gw, nyokap dan the Tantes intake gulanya masih wajar dan ngga masalah kalau ngga minum manis, jadi jangan heran kalau arisan keluarga ya minuman utama adalah air putih.

keluarga bokap alhamdulilah sehat dan ngga ada riwayat diabetes, tapi kakek gw yang tentara itu GALAK bener sama anaknya hehehehe, jadi ngga ada yang boleh ngemil banyak-banyak dan semua wajib jadi atlet. Ya jelas intake dijaga banget. sekarang aja nih udah tua susah dikasih tau yeeee...

jadinya gw ini dari kecil ngga dibiasakan makan n minum yang manis-manis karena emak yang parno dan bokap yang ngga terbiasa, dan pas banget punya suami ada turunan diabetes makin-makin lah ya, ketika lahir Ava yang alergi GULA. blas bubar di rumah gw itu minuman hanya AIR PUTIH.

Nah urusan gula gulaan iniiiii, Kamis 2 minggu lalu tangal 16 Februari, gw diundang acara blogger gathering - Tea Time With Tropicana Slim tempatnya di Nutrifood Inspiring Center, Menteng.
Tropicana Slim, serangkaian produk sehat dan bercitarasa tinggi yang telah lebih dari 40 tahun menginspirasi konsumen untuk hidup sehat, ada produk terbaru, Tropicana Slim Stevia

20170216_142732

20170216_155034

Sebagai brand yang senantiasa berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia untuk hidup sehat, Tropicana Slim Stevia menawarkan alternatif pengganti gula yang terbuat dari bahan alami dan sehat karena tidak mengandung kalori dan tidak menaikkan kadar gula darah.
Di acara kemarin, ada bu Susana selaku Head of Nutrifood Research Center, dan Tuning Soebagjo, seorang home-decorator yang sharing tentang bagaimana penataan meja makan yang cantik dan menarik saat menyelenggarakan berbagai acara spesial, seperti halnya untuk tea time kemarin itu.

Sebelum dimulai ngobrol-ngobrolnya, tentunya kalo ke Nutrifood Insipiring Center ini gw selalu menjajal bagian MAKANAN hahahhahahahaha... abis selalu enak dan tentunya rendah kalori dong.
20170216_134728
20170216_134645
20170216_134632
20170216_134635

BTW semua makanan ini rendah kalori dan pakai STEVIA looooh.... jadi gw makan buanyak banget hahahahaha

sambil ngemil acara udah dibuka dan ngobrol dulu sama bu Susana, beliau menjelaskan, “Saat ini, angka penderita penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan stroke, kian meningkat. Zaman dulu, banyak kematian terjadi akibat penyakit menular, seperti TBC, pneumonia, malaria . Namun, menurut WHO, saat ini banyak kematian yang justru diakibatkan oleh penyakit tidak menular, di mana angka untuk Indonesia sendiri telah mencapai 71% . Khusus penyakit diabetes saja, setiap tahunnya selalu ada peningkatan angka penderita di Indonesia. Jika tidak ditangani dengan baik, diperkirakan bahwa pada tahun 2030, akan terdapat 1 penderita diabetes dari 7 orang penduduk Indonesia."

hiiiih serem ya, bu Susana nambahin lagi,

“Ketidakmampuan penderita diabetes dalam melakukan metabolisme gula dengan baik, dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ tubuh lainnya, yang berujung pada berbagai macam komplikasi. Hingga saat ini, belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes, sehingga usaha preventif sudah sebaiknya dilakukan sedini mungkin, salah satunya dengan mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Seringkali kita tidak menyadari begitu banyaknya asupan gula dari berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi, padahal batasan konsumsi gula hanya 50 gram (4 sdm) per hari , bahkan sudah termasuk gula yang diperoleh dari makanan alami seperti buah, sayur, dan susu, bukan hanya gula pasir. Oleh karena itu, pemanis rendah kalori dapat menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin tetap merasakan manis, tanpa takut kelebihan kalori ataupun kenaikan gula darah. “Saat ini, sudah tersedia berbagai pemanis yang sudah disetujui dan dinyatakan aman oleh WHO, seperti sukralosa, aspartame, acesulfame-K, dan stevia,”

Pemanis Stevia ini apa siiih,  Pemanis ini terbuat dari ekstrak daun tanaman Stevia, yang daunnya udah lama digunakan di berbagai negara seperti Amerika, Jepang, dan negara-negara Eropa untuk memaniskan makanan dan minuman secara alami.

“Pemanis stevia memiliki kemanisan yang sangat tinggi, sehingga penggunaannya pun cukup sedikit saja. Satu sachet Tropicana Slim Stevia yang mengandung nol kalori, setara dengan 2 sendok teh gula pasir. Jadi, tetap bisa mengkonsumsi yang manis, tanpa perlu khawatir gemuk atau diabetes,” kata bu Susana kemarin.

Gw langsung whatsapp emak mertua dan suami gw, karena kemarin pas gw cobain beneran manis dan enak sih, walaupun cuma dipakai sedikit sudah enak.

20170216_143116

lanjutannya mba Tuning Soebagjo bercerita, “Dalam menata meja makan, perlu kreativitas untuk dapat memadukan berbagai aksesoris, warna, dan motif hingga terlihat cantik. Namun, tentu ada perbedaan untuk penataan sehari-hari dan juga saat selebrasi hari spesial. Jika hanya untuk sehari-hari, cukup dibuat sesederhana dan se-personal mungkin. Selain itu, warna-warna yang menyala dan netral juga harus seimbang, tidak boleh terlalu mencolok. Serta, diperbolehkan untuk memberi ornamen ekstra pada perlengkapan makan, namun jangan sampai berlebihan. Berbeda halnya dengan penataan untuk acara-acara spesial, seperti ulang tahun, natal, lebaran, dan lainnya. Agar memudahkan pemilihan warna dan motif perlengkapan, coba pilih tema yang spesifik. Karena memang untuk acara yang lebih spesial dan festive, jadi boleh ditambahkan hiasan lainnya di atas meja, seperti centerpiece, kartu bertuliskan nama partisipan ataupun menu makanan, dan jangan lupa memasang lilin yang wangi. Dengan penataan meja yang cantik dan menarik, tentu perayaan hari spesial akan terasa lebih istimewa.”

abis itu kita diajak untuk table setting dan seru banget dehhh, mamak-mamak JEGER belajar table setting manis dan kece hehehehhee....


20170216_151649
20170216_151653
20170216_153239
20170216_153450
20170216_154139

ga menang sih genk gw, tapi bisa seru-seruan hehehehehehhehee.... sibuk ngakak dan heboh foto,
acara kemarin itu seru banget dan menambah ilmu yang menurut gw berguna banget, paling tidak rumah in laws bisa disediakan Pemanis Stevia kalau ibu mertua sedang pengen yang manis-manis nih...
buat keterangan lebih lanjut bisa buka facebook FanpagenyaTropicanaSlim dan Instagramnya @TropicanaSlim juga Websitenya yaaa....

20170216_155516

yuk sekarang Gulanya diganti dengan Tropicana Slim Stevia yaaa

No comments: