Tuesday, May 6, 2014

biarkan anak bermain....

Beberapa minggu yang lalu gw diundang sama Mommies Daily untuk datang ke bloggers gathering yang diadain sama Rinso ^-^ ..

Tema bloggers gatheringnya adalah
#kidstoday project (you can check the hastag on twitter..)

Acaranya diadain di YeYo Senopati :)
Gw pas datang belom mulai acaranya ^-^ kita foto2 duluuu dong ah...disiapin booth foto dengan ada ayunan didalamnya ..dan foto yang paling menarik dapat hadiah (dimana gw baru tau belakangan...kemarin fotonya foto cantik hauahhahaha ..)
Untitled
*me and @ini_dhita

Untitled

Acaranya dimulai dengan dan ada 2 pembicara didepan.. pak Muh.Syathir dari Rinso dan Mba @verauli psikolog..
Loh kok ada psikolognya segala??

Ternyata Rinso dengan tema #kidstoday projectnya kali ini mengajak para orang tua untuk menyadari pentingnya BERMAIN pada anak..

Bermain itu adalah hal yang sangat penting buat perkembangan anak loh ternyata. Kalau Rinso sebelumnya selalu mengeluarkan tagline "berani kotor itu baik" naaaah ini turunan dari tagline itu..

Sebelumnya kita diliatin 4 short film yang dibuat rinso tentang melihat dunia dari sudut pandang anak-anak...

Kalau sering nonton youtube pasti tau iklan2 yang sebelumnya diputer..naaaah biasanya iklan Rinso tuh..yang gw masukin kesini salah satu yang paling berkesan (dan menusuk) gw yaaa..

http://www.youtube.com/watch?v=iBhbjW9qnbE&list=PLtebMd7rvL9FBXi50dVeEmWBI5F_El2er

Judulnya anak-anak yang sibuk..
Sisi defensif gw sih ya... anak gw ga sibuk kok...dia les kan dia yang memilih tapi kemudian mba Vera ngeluarin statement yang bikin gw nelongso dan mau guling2an..
"Apa anak-anak kita cukup bermain? Atau orang tuanya sedikit-sedikit melarang karena takut sakitlah, takut luka?"

Oh no banget....thats me T_T

Pak Syathir mulai menjelaskan kenapa sih rinso mengajak masyarakat sedunia untuk mulai care tentang betapa pentingnya bermain pada anak.
Kalau nonton youtube diatas buat yang anaknya sekolah di jakarta udah taulah..anak-anak harus bangun lebih pagi untuk sekolah,terus kena macetlah segala macem,habis itu les dan baru sampai rumah malam sekali..mainnya kapan?

And the next shocking fact is :
Setiap hari kebanyakan anak-anak di dunia lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah /di rumah untuk : belajar dan les ketimbang orang tuanya yang bekerja seharian di kantor.. nah loh!!!!!
(Dikepala gw langsung berpikir ga mau nyekolahin anak gw..suruh main ajah apa ^-^)

Anak-anak di era modern sekarang dituntut untuk lebih sukses dan dengan banyak tekanan seperti ini..tanpa diberi kesempatan untuk bermain. Dalam 10 tahun terakhir jam belajar anak-anak ternyata menjadi lebih panjang..wuooooh

Untuk ituuuu rinso mengajak kita para orang dewasa dan orang tua untuk concern tentang anak-anak butuh bermain.

Mba @verauli menjabarkan apa sih dampaknya untuk anak yang kurang bermain..
Ternyata dampaknya :
*konsentrasi kurang
*mengeluh pusing
*mengeluh sakit perut ketika mau sekolah (tanpa alasan medis)

(Btw alasan diatas jangan dianggap sepele loh, itu cara anak berkomunikasi ke kita..ingat kasus ava yang mogok sekolah dengan puluhan alasan? *dan kasus sekolah internasional terakhir menambahkan alasan panjang gw untuk berkali2 ingatkan teman2 disini untuk tidak mengacuhkan alasan2 itu ya)

Dampaknya sampai kaya gitu yaaaa..kasian kan gimana mau belajar dan dituntut pinter disekolah..wong ga bisa konsentrasi disuruh belajar melulu tanpa dikasih waktu bermain.

Anak-anak yang konsentrasinya terganggu karena kurang waktu bermain tidak bisa fokus,bahkan membaca saja biasanya ngga konsen loh...

Dan anak-anak yang kurang bermain biasanya menjadi anak-anak yang tidak bahagia. Ini nih ciri2nya :

1.wajahnya tampak tidak bahagia, tidak ceria dan tidak semangat.
2.mengeluarkan jawaban-jawaban verbal/non verbal tanpa ekspresi bahagia
3.anak sering drama atau ansos..

Jadi ngga bisa dianggap remeh lagi ya kalo ciri2 diatas ada di anak kita T_T...

Selama anak masih usia sekolah,anak masih butuh bermain. Karena bermain melatih meningkatkan konsentrasi anak. Selain itu juga bermain dapat meningkatkan fungsi eksekutif loh..
What?
Fungsi eksekutif itu adalah fungsi yang mengatur kemampuan manusia untuk mempertahankan konsentrasi.

Karena pada saat bermain anak menjadi bahagia, dan saat anak bahagia fungsi eksekutif berfungsi maksimal :)

Nahhhhh peran orang tua disini untuk memaksimal fungsi-fungsi baik diatas itu ..
Ketika orang tua berpikir untuk membuat anak-anak sukses adalah dengan belajar,padahal anak-anak dengan bermain menjadi lebih bahagia dan fungsi eksekutif malaaaah menjadi maksimal ^-^
Karena kita berpikir lebih baik pada saat kita bermain loh :)

Pelajaran disekolah memang penting ya temans...tapi bermain lebih penting loh..
Bermain juga bukan main game dan diem dalam rumah yaaa...

bermain diluar sama teman-teman atau main kotor-kotoran juga melatih anak untuk belajar tentang cara mencari solusi dan juga bersosialisasi loh (kayanya gw pas kecil kelamaan main sama temen2 deh..sibuk sosialisasi mulu *alias rumpi ^-^ ...tapi hasilnya gw jadi dosen kan hahahahahhah)

Bermain indoor dan outdoor harus seimbang..dan menurut gw jadikan sekolah adalah waktu dimana si anak bisa bermain bersama teman,jadi anak semangat. Jangan bikin sekolah adalah beban dan hal yang menyebalkan.

Ini reviewan singkat gw ^-^...
Dan ada sedikit foto2 ya.. maaciy ya @missresik n @mommiesdaily udah mengundang...mudah2an banyak orang tua yang makin sadar bahwa anak itu juga punya hak untuk bermain...

Dan buat teman2.. rinso buat blog competition loh..hadiahnya satu jetiiiiihhhh..
Gimana caranya?
Buka inih

http://femaledaily.com/showthread.php?t=14422

Jadi...mulai sore ini..ijinin anak main diluar yaaa jangan lupa ditemenin looohh



dan inilah foto2 keria'an
Untitled
*kali ini semeja sama ibu2 socmed ternama (uhuk)..

Untitled
*menang 2nd best livetweet ^_^

Untitled
mommiesdaily moms ...foto yang TERlumayan....yang lain either goyang atau ketutup hahahhaha maafkan..besok2 akuh bawa tongsisssss

No comments: