Skip to main content

biarkan anak bermain....

Beberapa minggu yang lalu gw diundang sama Mommies Daily untuk datang ke bloggers gathering yang diadain sama Rinso ^-^ ..

Tema bloggers gatheringnya adalah
#kidstoday project (you can check the hastag on twitter..)

Acaranya diadain di YeYo Senopati :)
Gw pas datang belom mulai acaranya ^-^ kita foto2 duluuu dong ah...disiapin booth foto dengan ada ayunan didalamnya ..dan foto yang paling menarik dapat hadiah (dimana gw baru tau belakangan...kemarin fotonya foto cantik hauahhahaha ..)
Untitled
*me and @ini_dhita

Untitled

Acaranya dimulai dengan dan ada 2 pembicara didepan.. pak Muh.Syathir dari Rinso dan Mba @verauli psikolog..
Loh kok ada psikolognya segala??

Ternyata Rinso dengan tema #kidstoday projectnya kali ini mengajak para orang tua untuk menyadari pentingnya BERMAIN pada anak..

Bermain itu adalah hal yang sangat penting buat perkembangan anak loh ternyata. Kalau Rinso sebelumnya selalu mengeluarkan tagline "berani kotor itu baik" naaaah ini turunan dari tagline itu..

Sebelumnya kita diliatin 4 short film yang dibuat rinso tentang melihat dunia dari sudut pandang anak-anak...

Kalau sering nonton youtube pasti tau iklan2 yang sebelumnya diputer..naaaah biasanya iklan Rinso tuh..yang gw masukin kesini salah satu yang paling berkesan (dan menusuk) gw yaaa..

http://www.youtube.com/watch?v=iBhbjW9qnbE&list=PLtebMd7rvL9FBXi50dVeEmWBI5F_El2er

Judulnya anak-anak yang sibuk..
Sisi defensif gw sih ya... anak gw ga sibuk kok...dia les kan dia yang memilih tapi kemudian mba Vera ngeluarin statement yang bikin gw nelongso dan mau guling2an..
"Apa anak-anak kita cukup bermain? Atau orang tuanya sedikit-sedikit melarang karena takut sakitlah, takut luka?"

Oh no banget....thats me T_T

Pak Syathir mulai menjelaskan kenapa sih rinso mengajak masyarakat sedunia untuk mulai care tentang betapa pentingnya bermain pada anak.
Kalau nonton youtube diatas buat yang anaknya sekolah di jakarta udah taulah..anak-anak harus bangun lebih pagi untuk sekolah,terus kena macetlah segala macem,habis itu les dan baru sampai rumah malam sekali..mainnya kapan?

And the next shocking fact is :
Setiap hari kebanyakan anak-anak di dunia lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah /di rumah untuk : belajar dan les ketimbang orang tuanya yang bekerja seharian di kantor.. nah loh!!!!!
(Dikepala gw langsung berpikir ga mau nyekolahin anak gw..suruh main ajah apa ^-^)

Anak-anak di era modern sekarang dituntut untuk lebih sukses dan dengan banyak tekanan seperti ini..tanpa diberi kesempatan untuk bermain. Dalam 10 tahun terakhir jam belajar anak-anak ternyata menjadi lebih panjang..wuooooh

Untuk ituuuu rinso mengajak kita para orang dewasa dan orang tua untuk concern tentang anak-anak butuh bermain.

Mba @verauli menjabarkan apa sih dampaknya untuk anak yang kurang bermain..
Ternyata dampaknya :
*konsentrasi kurang
*mengeluh pusing
*mengeluh sakit perut ketika mau sekolah (tanpa alasan medis)

(Btw alasan diatas jangan dianggap sepele loh, itu cara anak berkomunikasi ke kita..ingat kasus ava yang mogok sekolah dengan puluhan alasan? *dan kasus sekolah internasional terakhir menambahkan alasan panjang gw untuk berkali2 ingatkan teman2 disini untuk tidak mengacuhkan alasan2 itu ya)

Dampaknya sampai kaya gitu yaaaa..kasian kan gimana mau belajar dan dituntut pinter disekolah..wong ga bisa konsentrasi disuruh belajar melulu tanpa dikasih waktu bermain.

Anak-anak yang konsentrasinya terganggu karena kurang waktu bermain tidak bisa fokus,bahkan membaca saja biasanya ngga konsen loh...

Dan anak-anak yang kurang bermain biasanya menjadi anak-anak yang tidak bahagia. Ini nih ciri2nya :

1.wajahnya tampak tidak bahagia, tidak ceria dan tidak semangat.
2.mengeluarkan jawaban-jawaban verbal/non verbal tanpa ekspresi bahagia
3.anak sering drama atau ansos..

Jadi ngga bisa dianggap remeh lagi ya kalo ciri2 diatas ada di anak kita T_T...

Selama anak masih usia sekolah,anak masih butuh bermain. Karena bermain melatih meningkatkan konsentrasi anak. Selain itu juga bermain dapat meningkatkan fungsi eksekutif loh..
What?
Fungsi eksekutif itu adalah fungsi yang mengatur kemampuan manusia untuk mempertahankan konsentrasi.

Karena pada saat bermain anak menjadi bahagia, dan saat anak bahagia fungsi eksekutif berfungsi maksimal :)

Nahhhhh peran orang tua disini untuk memaksimal fungsi-fungsi baik diatas itu ..
Ketika orang tua berpikir untuk membuat anak-anak sukses adalah dengan belajar,padahal anak-anak dengan bermain menjadi lebih bahagia dan fungsi eksekutif malaaaah menjadi maksimal ^-^
Karena kita berpikir lebih baik pada saat kita bermain loh :)

Pelajaran disekolah memang penting ya temans...tapi bermain lebih penting loh..
Bermain juga bukan main game dan diem dalam rumah yaaa...

bermain diluar sama teman-teman atau main kotor-kotoran juga melatih anak untuk belajar tentang cara mencari solusi dan juga bersosialisasi loh (kayanya gw pas kecil kelamaan main sama temen2 deh..sibuk sosialisasi mulu *alias rumpi ^-^ ...tapi hasilnya gw jadi dosen kan hahahahahhah)

Bermain indoor dan outdoor harus seimbang..dan menurut gw jadikan sekolah adalah waktu dimana si anak bisa bermain bersama teman,jadi anak semangat. Jangan bikin sekolah adalah beban dan hal yang menyebalkan.

Ini reviewan singkat gw ^-^...
Dan ada sedikit foto2 ya.. maaciy ya @missresik n @mommiesdaily udah mengundang...mudah2an banyak orang tua yang makin sadar bahwa anak itu juga punya hak untuk bermain...

Dan buat teman2.. rinso buat blog competition loh..hadiahnya satu jetiiiiihhhh..
Gimana caranya?
Buka inih

http://femaledaily.com/showthread.php?t=14422

Jadi...mulai sore ini..ijinin anak main diluar yaaa jangan lupa ditemenin looohh



dan inilah foto2 keria'an
Untitled
*kali ini semeja sama ibu2 socmed ternama (uhuk)..

Untitled
*menang 2nd best livetweet ^_^

Untitled
mommiesdaily moms ...foto yang TERlumayan....yang lain either goyang atau ketutup hahahhaha maafkan..besok2 akuh bawa tongsisssss

Comments

Popular posts from this blog

merk stroller bayi = kelas sosial

ini yg terjadi kalo lo tinggal di benua ASIA dan tepatnya di negara INDONESIA...kota DKI JAKARTA....lebih spesifik lagi...JAKARTA SELATAN..

perhatiin ga semenjak bbrp tahun terakhir ini stroller roda 3 menghiasi dunia perSTROLLERan di mall2 terkemuka (PS,SENCI,PIM 2,Citos,PP dst..pokoknya mall2 ternama deh *PIM 1 ga termasuk krn biasanya yg make stroller roda 3 ini mainnya maunya di zona pim 2 yg lebih aman dan nyaman)

salah satu merk yg terkenal adalah Quinny...coba cari di google deh...trus kalo masih bayi banget dibawah 1 tahun seat'nya Quinny bisa diganti pake carseatnya maxi-cosi yang masih compatible...salah satu sahabat gw Rindu pakai ini...dan pilihannya jatuh kepada quinny//maxi cosi lebih karena kebutuhan...sedangkan utk beberapa orang...pake Quinny adalah Statement...ga keren deh kalo ga pake yg roda 3...(ga ada bedanya sama yg roda 4 bok...cuman terlihat lebih chic aja dan gaya abis deeeeh)...

gw awalnya naksir banget, karena bentuknya yg praktis, dan review2 heboh dar…

bleaching gigi di Audy Dental

Sudah lama gw pengen banget treatment bleaching gigi di dental clinic. Tapi belom pede dan ngga pernah terealisasi.Pas banget kemarin gw sempet dan akhirnya gw datang ke audy dental cabang kemang (jl.bangka raya no.40E kemang jakarta selatan). Gw sudah janjian sama drg.Devina untuk treatment bleaching gigi.



drg.Devina ini cantik amatttt yaaa :))

Kenapa sih harus dibleaching? Gw merasa gigi gw itu warnanya kurang "menarik" karena pas kecil gw minum antibiotik dan cukup mempengaruhi warna gigi gw :(Drg.Devina jelasin apa aja sih persiapan sebelum treatment bleaching gigi dan juga apa aja yang harus kita tahu tentang treatment ini*proses bleaching ini kemungkinan besar akan ngilu. Setelah proses pun ngilu akan berlangsung selama 24-48 jam kemudian*perawatan setelah bleaching : kurangin minum kopi, wine,soda,teh,semua makanan berwarna, kurangi Rokok, dan rajin sikat gigi*warna setelah dibleaching bisa bertahan sampai 2 tahun asal perawatannya rajin seperri yang gw tulis diatas.*…

rambutku oh rambutku

*tdnya mau posting sesuatu...gara2 ada yg kirim email marah2 n bilang gw terlalu anti asi....krn malas nanggapinnya dan saya lagi baik hatinya..saya doakan org tsb yg kayanya baru menjadi seorang ibu dan tiba2 masuk barisan fanatik anti Arienda Sufor....untuk terbuka hati dan pikirannya..dan ikut mendoakan anak2 kami yg tidak bisa seberuntung anda yg bisa menikmati ASI ibunya dan ibunya mendapatkan pahala dan berkah krn memberikan asi kepada anaknya..amien ya Rabb..*


rambutku!
gw lagi kesal!karena rambut gw tiba2 rontok banyak *jangan2 botak???* dan ga panjang2..heeeeeh!!!
apa gara2 sering dicat???hmmm rambut gw ini mulai gw cat henna dari gw kelas 1 sma...sebelumnya rambut gw warnanya keren banget..kaya anak kampung tetangga kebanyakan jemuran di atap rumah..hauhahuahuah tp krn gw dimarahin nyokap..scr kulit gw pada waktu smp item bener..doyannya jemuran....jadi nyokap bilang "kalo rambutnya item..tambah keliatan putih nanti"...
gw malasssss bener luluran...hahahahaha...jd gw c…