Tuesday, November 2, 2010

I love to (write)complain (letter)

Buat sahabat2 gw..gw adalah orang ter"mengeluh" yang pernah mereka tau.....ini itu complain..ini itu kritik....
Selain pura2 jd fashion police jaman s1 yg dilakukan beramai2...
jenis complain yg gw lakukan dirasa teman n (sayangnya) follower gw ditwitter mengganggu dan gak banget....

Gw suka banget isi complain n sugestion card di restoran2...*di bbrp restoran gw jd dapat membercard gara2 ini :D*
Awalnya cuma gara2 gw makan salmon sashimi yang tidak fresh ..badan gw mengindikasikan dgn 1jam setelahnya gatal2,,gw akhirnya "menelfon" resto tsb dan kasi tau sashiminya gak fresh (menurut gw itu buat kebaikan banyak orang kan?)

Waktu itu jg gw bahkan pernah sampai keracunan brokoli keju yg tidak fresh di daerah bandung,,gw br bisa kasih tau resto'nya besokannya krn abis makan itu 2jam kemudian gw masuk ugd dong dong dong....
*gw hanya kasih tau...gak minta ganti rugi atau apa..gw hanya berpikir,jika gw kasih tau,siapa tau mencegah ada orang lain yang keracunan jg kaya gw*

Begitupun pas hamil gw makan kerang *lagi2TidakFresh*...di rumah makan sunda daerah BSD..yg complain sih emak mertua (krn waktu itu lg ditraktir beliau)..what do u know!ternyata kulkas penyimpanan seafoodnya rusak dong!dan mereka baru tau stl ada complain dari kita,pdhl resto tsb lg booming bgt pas it (dan mereka jg mendapatkan 5keluhan pelanggan diare dihari yg sama)...


Emang kalo kata temen2 gw "nasib lo jelek aja..gw ga pernah"..good for u then..tapi kalau lo diposisi gw..lo mikirin diri sendiri atau orang lain gak?yang mungkin malah lebih parah kecewa'nya???

Selain restoran..gw pernah ngirim surat complain ke 2 rumah sakit...again temen2 gw bilang "dikit2 complain lo ah!gw ga pernah gt kok"...
Hell yeah!lo ga ngerasain apa yg gw rasain...gw ga mau sok sharing di forum umum dan malah berakhir kaya prita..
Buat apa pihak rumah sakit atau pelayanan umum lainnya punya costumer service atau kotak saran?feedback kita itu buat perbaikan layanan mereka!lo sial 1x..siapa tau orang lain malah sial berkali2 gara2 kesalahan yg sama ...malah mungkin ada nyawa melayang gara2 kesalahan itu (gak!gw ga lebay!salah satu surat complain gw berhubungan sama nyawa!)

Pada akhirnya surat2 gw itu ditanggapi karena mungkin ada "ancaman" sedikit didalamnya...gw masyarakat yang tidak buta hukum,gw tau cara bagaimana agar surat2 gw itu menjadi "perhatian" para customer relations manager ....
Kata2nya nggak perlu kasar kok,buktinya salah satu pihak rumah sakit itu yang nanggapin sampe si direktur utama rumah sakitnya sendiri....dan alhamdulilah sekarang sudah ada perubahan :)

Liat kan?gak selamanya bikin surat complain atau kritik dan saran itu jelek,,kalau ternyata kritik n saran lo malah bs nyelamatin nyawa orang?terus lo akan terus nyindir temen lo yg buat surat complain itu anoying?siapa tau gara2 surat complain dari gw malah nyelamatin nyawa lo?atau keluarga lo?u'll never know!

Surat complain terakhir yg gw kirim adalah buat sekolahan ava..terkait masalah kebersihan,gw gak mau ngegosip sana sini ga ada hasil!kirim surat complain dan tunggu tanggapain!gw rasa itu lebih baik daripada "nerimo" aja....gw sudah bayar utk anak gw sekolah disitu,kenapa gw ga boleh kasih kritik?

Sama hal'nya dengan semua pelayanan umum dan pelayanan masyarakat di indonesia..hey!lo bayar pajak kan?kenapa lo takut untuk complain?kenapa lo memilih diam ketimbang nulis keluhan lo di kotak saran..
Kenapa malah memilih "ngomel panjang lebar" di twitter,status bbm atau fb ketimbang kirim surat complain atau better!surat pembaca ke koran!

Gw lulus public relations...satu hal yang sangat gw tau!feedback itu adalah tolak ukur terbaik tentang service dan juga tanggapan client/masyarakat akan produk atau jasa kita...kalau si perusahaan tdk menggunakannya kita rugi di usaha doang kok!tapi kalau ternyata malah membuat mereka jadi jauh lebih baik?gw rasa kita insyallah dapat pahala krn berbuat baik..

Buat yang ga setuju sama si tukang complain...i dont give a damn!complain(s) gw kebanyakan ditanggapin dan again* membuat mereka menjadi lebih baik...
Dan lo complain tentang gw suka complain?.....laugh back at u!
Powered by Telkomsel BlackBerry®

11 comments:

menik said...

ehm..gw ya? yg suka complain panjang lebar di twitter -_- ngerasa..haha
yaaa..kalo gw complain naik bis TJ sebelahnya bau ketek, lapornya ke siapa? *kabuuuurrrr

Adisty said...

Arienda,cool!
Mau ga ajarin gw buat complain letter? selalu ada keinginan terpendam,tapi ga tau gimana cara (baik) nya, dan yaa,akhirnya ngedumel sendiri (*bad)

Anonymous said...

lebay banget sihh.. gaya udah kayak yg paling hebat aja ckckck..

Anonymous said...

kalo dikritik ngga mau, ngomel2, giliran komplen atau ngeritik org lain seneng bgt berasa paling bener sendiri
org yg bijak mau dan terbuka ketika dikomplen, ngga cm gede suaranya doang ketika komplen org lain

ariendariendarienda said...

@anonymous :dan anda segitu penasarannya sampai 2x komen dan sangat berharap saya komen ttg tulisan anda....kasihan

Anonymous said...

Dr dulu aku gemes pengen ninggalin komen d blog nya mb :))
Klo ada yg ga setuju hajaarrrrr aja mb... ‎​:D ✗i✗i✗i X_X :p X_X ✗i✗i✗i :D

windysyukri said...

setuju. menurut gue juga kita jgn 'nrimo' melulu. gw jg paling sering nelp perusahaan taksi ternama di tanah air, nyuruh supirnya nyiapin uang kembalian. masalehanya, tiap gw naik pasti mrk gak punya kembalian dgn alasan baru keluar.pdhal kembaliannya bukan recehan loh!

klo kembalian cuma recehan mah mereka langsung pura2 lupa, sengaja di lama2in nunggu gue ngomong "kembaliannya buat bapak aja". capede..

this is all for better Indonesia..Hopefully

btw, ijin ngelink blognya ya mak..

sukie said...

share donk mbak, format complaint letternya :)

Anggi Karimuddin said...

Arienda.. untuk urusan complain2 ini gw sehati berat deh sama loe. Gw juga miss complain. Hihihihi... :P

Btw baru lihat ini commentnya si Anonymous ini. Pengen ngakak bacanya. Ketauan begonya. Masa iya loe disamain sama public company, public restaurant atau public hospital sih? Gak apple to apple atuuuuh.. Mereka kan kasih jasa ke kita yang kita bayar. Ya BOLEH dong kalau kita gak puas, kita complain. Kalau main kritik orang ya beda lagi urusannya. Jangan asal komen ya mbakyuuu.. Udah asal komen, gak pinter lagi komennya. Better shut up deh..

Hehehe.. cheers Rien.. :)

afni rustam said...

+ 1 milyar!!! setubuh lahir batin mbak...

ariendariendarienda said...

@menik : besok2 lo bawain mbk buat yg bau ketek hahahahahahah

@adisty ' :) thank u

@windy : :) good for u then

@sukie : hahahah formatnya?ntar yaaa..hahhah *kasi tau ga ya*

@anggi ; mak..gw rasa ada yg tersindir..."Mungkin" mbakyu atau kangmas anonymous ini merasa gw ngomongin dia yg sering ngatain gw suka complain...walaupun gw sudah tau siapa..biarlah...salahnya dia gak mau "speak up" ke gw langsung hihi *toSs*