Friday, March 12, 2010

tedak siten ava naima dewi

tgl 31 januari 2010 kemarin kita ngadain upacara jawa khusus buat ava....


baru sempet update.....banyak yg mau ngadain rupanya hihihihihih....


jadi upacar turun tanah ini sebenernya untuk anak yg berusia 7 bulan atau lebih...(baiknya 7 bulan), gw nunggu  lebih 7 bulan karena menurut emak gw "tunggu ava bisa berdiri deh".....pas tahun baru ava udah berdiri2, makanya kita adainnya tgl 31 Januari :)


untuk upacar adatnya gw milih vendor firma melati karena gw percaya mereka sudah menjalankan upacara semacam ini berkali-kali, dan mc'nya sama pas kaya gw nujuh bulanan :)


dari firma melati disiapkan :
1.mc
2.kurungan ayam yg sudah dihias
3.payung agung buat siraman
4.gentong emas buat siraman
5.bunga2an buat siraman
6.mainan2 untuk disebar didalam kurungan
7.tangga dari tebu untuk dipanjat si anak
8.injek2an utk si anak (yg terdiri dari 7 wadah)
9. mainan untuk dibagikan ke tamu 
10.jajan pasar
11.nasi tumpeng


urutannya sih harusnya begini : 

  1. Membersihkan kaki
  2. Injak tanah
  3. Berjalan melewati tujuh wadah
  4. Tangga tebu wulung
  5. Kurungan
  6. Memberikan uang
  7. Melepas ayam

tapi pada saat ava tedak siten, jadinya

1.membersihkan kaki dibuat menjadi siraman versi mini (dipangku mommy/papee) dan disiram(diciprati) air siraman oleh keluarga (gw saat itu yg cipratin ava banyak banget..hihihihihih biar berkaaah amieeen)
2.prosesi injak tanah......untungnya si ava nggak nangis sama sekali :) malah bengong tepatnya.....dia geli di tanah yg kasar2...dan seneng pas injak ketan....
3. menaiki tangga tebu......gw lupa apa tujuannya...tp selama naik tangga diharapkan mommy n papeenya membisiki hal yang baik2 dikupingnya ava...
4.masuk ke dalam kurungan.....pas disini ava gak nangis juga..yang pertama kali disentuh Al-Qur'an....kemudian dia menggenggam erat 2 macam barang bersamaan "pesawat terbang" ditangan kanan, dan "stetoskop" ditangan kiri..... (dokter terbang yg pinter ngaji? pilot pesawat yang lulusan dokter?hihihihihhi) apapun itu insyallah ava jadi anak yang sehat, berbakti,selalu dalam lindungan Allah swt dan semua yang baik2...
4.keluar dari situ ava digendong di kain gendongan dan nenek2nya+kakek2nya melewati kami sebanyak 7 kali...ava harus ditimang2 sambil dibacakan doa dan harapan2 dikupingnya :)
5.setelah ava didudukan di kursi...dan dikasih "mahkota" tanda lulus hihihihihihihhihi
6.abis itu bagi2 mainan ke tamu yang datang *yg ini tujuannya mengajarkan ava untuk belajar murah hati dan mau berbagi* amieeen.....
7.melepas ayam?......kita ga pake ini...hihihh abis dari firma melati ga nyuruh juga..jadi santai saja :)
jadinya ava disuapin aja pakai nasi tumpengnya :)

note :
# kemarin tante mc sempet "ngomel" ke firma melati, karena dari semua "mainan" yg ada untuk disebar di dalam kurungan, mainannya sudah dibungkus2 jadi terlalu besar, dan al-qur'annya juga besar sekali...kegedean barang di dalam kurungan ntar malah gak dipilih....
#tangga tebunya harusnya 2 arah...biar nggak jatuh..tapi ini hanya 1..hihiihhi
#jangan lupa masukin barang yg kita mau anak kita pilih..misalnya mau dia jadi penyanyi?masukin mic, mau dia jadi pelukis?masukin kuas...gituu

apalagi ya??gw rasa itu aja :) baru sempet update..maafkan yaaaaaa........

siraman mini
dikurung

injek2an

siraman juga

naik tangga tebu....*ava malah sadar kamera*

berfotoooo


6 comments:

Ninung said...

Duh senengnya...

Saya berharap ada rejeki sehingga bisa mengadakan acara tedak siten buat anakku...

Ninung said...

Sis...waktu di kasih Mahkota tanda lulus, yg make'in sapa ya???
mommy or eyang ??

ariendariendarienda said...

@ninung : amieeen mudah2an banyak rejeki ya bu......itu mahkota yg pakaikan pemandu adatnya :)

desty said...

salam kenal ya sis...sy jg baru hunting2 info buat acara tedhak siten buat putriku...klo pake firma melati hrg paketnya brp ya ? thx...

desty said...

salam kenal ya sis...duh senengnya bs ngadain acara tedhak siten buat ava...sy jg pengen ngadain buat putriku...skr baru hunting info mengenai upacara tedhak siten...boleh tau ga brp hrg paket tedhak siten dr firma melati ? aku coba tanya ke vendor lain, mihil bgt booo...

ariendaaaa said...

@desty : aduh say utk harganya lsg tanya firma melatinya aja ya....kan tiap tahun beda2 harganya...0213904382