Wednesday, March 4, 2009

hypnobirthing......the summary

akhirnya minggu lalu kelas hypnobirthing gw sudah selesai..3 kali pertemuan...terasa agak singkat memang tapi menurut gw ilmu setelah kelas lebih berarti....

buat yang malas kayanya ikut kelas hypnobirthingnya bu Lanny..bisa beli 2 buku yang gw saranin...
1.melahirkan tanpa rasa sakit [evariny andriana]
2.hypnobirthing the mongan method [marie f.mongan]

karena 2 buku ini bahasanya cukup mudah dimengerti dan banyak "contoh2" kasus nyata yang mudah2an bisa dijadiin motivasi untuk bisa melahirkan tanpa rasa sakit.

ngutip kata2nya bu lanny dan bukuny marie f.mongan "jika tidak ada rasa takut, maka tidak akan ada rasa sakit"......

untuk kelas hypnobirthing tidak ada pembagian persemester ibu hamil....rata2 memang teori dan praktiknya untuk relaksasi menjelang persalinan...tapi jangan sedih buat ibu2 hamil yang masih trisemester awal dan lagi atau masih heboh mual dan muntah.....ternyata praktek2 relaksasi ini bisa membuat pikiran lebih tenang sehingga menekan sedikit rasa mual dan muntah itu...

praktek mudahnya ya ...
1.tiduran telentang (ga harus miring kok....beberapa ibu hamil pas miring malah merasa terjepit dan susah bernafas *kaya gw...dan dokter gw ga menyarankan utk selalu miring)...pokoknya ambil posisi tidur dengan tenang, jangan ada otot yang tegang, matanya merem (pake aromatheraphy atau musik yang lembut juga membantu biar cepet rileks)

2.tarik nafas lewat hidung yang dalam (nafas perut alias nafas diagfragma)...dan hembuskan lewat hidung juga (krn kalo lewat mulut biasanya jadi laper atau cepet capek)....

3.sambil terus konsen pada nafas, pelan2 mikirin hal2 yang positif tentang your baby atau kehamilan lo...
contoh gw dulu : "si kakak posisinya memutar dengan kepala dibawah">>krn waktu itu bayi gw dibilang sungsang....
atau yang lain "rasa mual dan muntah berkurang, bayi saya makin sehat dan berkembang sempurna">>>ini berlaku buat ibu2 hamil yang lagi mual2 dan super khawatir kalo bayinya kurang gizi...
atau juga bisa "bayi gw nanti keluar dengan lancar dan tenang">>>ini kalo udah deket2 waktu ngelahirin...
yang paling gampang dan ada di cdnya hypnobirthing by evariny itu " organ2 saya bekerja dengan baik, sehingga bayi saya di dalam kandungan selalu sehat"

kalau gw akhir2 ini selalu ngebayangin bayi gw yang berkembang sempurna dan gemuk, plus terus ngomong dalam hati kalau pembuluh darah gw bisa menyuplai gizi dan oksigen secara maksimal buat bayi gw...>>>krn 3 minggu lagi gw harus usg dan mau dibuktikan apakah pembuluh darah gw sudah bereaksi seperti ibu hamil pada umumnya....

4.pada saat ngomong dalam hati kata2 yang memotivasi itu..bisa juga sambil elus2 perutnya :) biar lebih terasa "dekat" sama si baby...

latihan ini boleh berlangsung selama mungkin...atau paling sebentar 5 menit lah :)
gw skg udah bisa mempraktekan tanpa harus dalam posisi tiduran, karena gw sambil yoga, maka gw ambil posisi duduk atau padmasana kalo dirumah, kalo di jalan tiba2 gw stress atau braxton hicks menyerang (kontraksi palsu)...gw duduk tegak dan santai..trus latihan nafas perutnya sambil berulang2 ngomong dalam hati kalimat2 kaya "kontraksinya udah hilang" atau "everything gonna be ok"...hal2 simple kaya gini (INGET: relaksasi ga boleh sambil nyetir karena dibutuhkan konsentrasi tinggi...bbrp buku bahkan bu lanny sendiri ngingetin masalah ini)

sebenernya kata2 yg kita jadiin motivasi atau juga bisa dibilang sugesti itu..kurang lebih seperti teknik menghipnotis diri sendiri :) jadi kita lebih tenang...
kalau untuk para calon bapak2....diajarin gimana caranya memasukan sugesti2 kepada istrinya biar pas melahirkan lebih tenang :) >>kalo cara yg ini mungkin para bapak harus baca buku juga atau ketemu bu lanny'nya langsung....

mungkin saran gw yang lain adalah..jangan kebanyakan liat video atau film2 ttg melahirkan..karena rata2 malah membuat lo akan berpikir yg "engak2" tentang melahirkan...teriak2 makin kenceng makin cepet bayinya lahir????belum tentu....karena setiap proses melahirkan itu beda2....mungkin sekarang gw bisa ngomong bla bla bla...tp ntar pas hari melahirkannya pasti beda sama ibu2 yg lain dikelas hypnobirthing..karena cara kita ngatasin takut, sakit dan rasa cemas itu beda2...selain itu kita punya "obat" alami buat ngilangin rasa sakit...kita punya endorfin-pereda nyeri alami....yang hanya bisa keluar kalau kita dalam posisi sangat tenang dan nyaman....itu kenapa tiap2 ibu hamil yang mau melahirkan tingkat rasa sakitnya gak bisa disamain....
selain itu efek buruk film2 ttg melahirkan adalah (apalagi kalo bule2)....adanya teriakan2 minta obat pengurang rasa sakit kaya "EPIDURAL" atau "ILA" dan lain2...otomatis kepala kita akan terekam adegan tsb dan berpikir bahwa "ah bisa minta epidural atau ila kalo udah sakit banget".....harusnya kita berpikir "ga akan sakit..." "akan sangat nyaman dan tenang"....gituuuuh :) kalo positive thinking dari awal insyallah bisa kok.....semangat yaaaaaa....

segini dulu deh.....kalo mau tanya2 ttg hypnobirthing ke pakarnya ada bu Lanny yg juga bisa didampingin dokter (di kliniknya ada dokter2 semacam psikiater dan dokter2 spesialis gt)

----------------
www.hypno-birthing.wed.id
Lanny Kuswandi - Clinical Hypnotherapist
ProV clinic
phone : 4265321

--------------------------
----
tanya ke gw juga boleh ttg metode2nya bu Lanny :), i would love to share....selanjutnya gw akan ikut kelas partner prenatal yoga with hubby...dan kelas2 yoga plus senam hamil yg gw ikutin...jadi akan ada review'an lainnya....

semangat ya teman2

No comments:

hawlaaaaaaa

yahluh, lama banget ga nulis ahhahahahha. 1 Tahun ngapain aja? terlalu fokus ke IG kayanya 😁. Dan tahun lalu tuh lg ikutan fitness challeng...