Thursday, March 12, 2009

how "javanesse" are you?...pastinya ga akan seperti keluarga gw...

gw pernah iseng2 ikut quiz di FB yg judulnya "how javanesse r u"....hasilnya..gw super duper jawir...wahahhahaha..

padahal gw ga jawa totok..bokap gw jogja-solo..nyokap gw jogja-palembang...jadilah campur2....kebetulan sekali gw nikah sama farid yang jawa TOTOK...hihihihihii.(he still speakin' javanesse with his family....keren sekali)...padahal dulu gw selalu wanti2 diri gw untuk tidak nikah sama orang jawa..karena apa??bosen..HUAHUAHUHAUHAUHA...keluarga gw ujung2nya selalu nikahin orang jawa yang lebih jawaaa dari keluarga gw...contohnya gw..walaupun keluarga jawa gw masih berbahasa jawa..tp kelakuannya ga ada jawa2nya...ngomongnya kenceng...trus yang cewek2 ngakaknya parah(contohnya diri saya ini)..tp masih dipanggil Mbak, Mas, Bude, Pakde...dan kalo dipanggil masih aja jawabannya "ndaleeeem"...

nah..mengenai perjawaan ini....gw dari dulu males banget disuruh pake konde jawa yg gede dan bulat..alasannya?gw ga pernah nemu tukang makeup yg bisa membuat jidat gw terlihat okeh pada saat memakai konde ban mobil itu....tp sisanya kebaya, kain batik, bahkan keris keluarga...woooo gw punya lengkap...pas gw mau nikah...kejawaan ini mulai keluar dengan agak2 ekstreem...dimulai dari :

1.menghitung tanggal akad n resepsi plus neptu'nya gw n farid..apakah cocok or not...
yg ngitung?gw sendiri..kebetulan nyokap gw sempat menggilai adat jawa (setelah berpuluh tahun dia hidup di dunia orang palembang...fyi kakek gw yg dari nyokap juga udah ga sejawa itu krn adat palembang yg "ikut garis ibu")....jadi gw liat dan ngitung hari, tanggal, bulan sampe jam untuk acara nikahan gw....dan dicampur dengan logika ya..kaya "gak mungkin kawinan hari senin malam" atau "resepsi kamis subuh"...hehehhehe..
tujuannya pake itungan jawa? dikeluarga gw..itungan ini dipercaya berpengaruh ke rumah tangganya si pengantin nantinya...dan memang ada cerita "jelek" ttg bbrp anggota keluarga bokap yg tidak mau nurut dengan itungan jawa ini....jadi bude2 gw udah wanti2 dari jauh..untuk tetap gunakan HITUNGAN JAWA....
seinget gw dulu bulan agustus itu kalo di bulan jawa untuk pernikahan insyallah akan baik, banyak rejeki, dst dst..pokoknya yg bagus2...
dan gw sampe jam siramannya di hari jumat sebelum gw akad nikah...itu disesuaikan itungan jawa..harus setelah matahari "naik"...jadi setelah jam 12..ada2 aja yaaa
kalo tanggal resepsi...gw bedain seminggu selain biar gw bisa istirahat...itu tanggalannya bagus banget memang di tanggal jawa, dan juga orang udah gajian..hUAHHAHA at least mereka mau ngeluangin waktu n bensin untuk dateng ke acara gw..hihihihihih

2.upacara adat, sajen adat, perias adat, seserahan adat
untuk ini...jangan ditanya..gw rasa untuk upacara adat jawa sebelum gw nikah yg pas pasa bleketepe dan lain2 ini..sangat ngikutin aturan jawa (krn setiap kegiatan ada maknanya)..yang paling heboh pas cari ayam untuk dilepas n diperebutkan pas siraman gw...ayamnya harus sepasang dan sempurna...gosipnya siapa yg bisa nangkep si ayam bakalan dapet rejeki (amien)...tadinya nyokap gw pengen banget ada adat yang "naik kebo"..cuman si kebo mau ditaro mana???karena itu ga jadi(gw yakin kalo deket rumah gw ada tanah kosong..pastilah akan ada upacara naik kebo..hihih)...selainitu ada upacara masak nasi di dapur...berhubung rada repot..ga jadi dipake deh sama nyokap :)

sajen adat? lengkap seada2nya...gw punya buku panduan pernikahan JAWA...termasuk sajen2 lengkapnya...(yg mau ngomongin musyrik ntar dulu ye...jangan gabungin adat sama agama..CAPEK DEH)..sajen2nya sendiri cuman makanan n jajan pasar..cuman ya banyak, karena ada sajen paes (biar paesannya bagus n ga luntur), sajen kamar pengantin (lupa buat apaan..gw rasa mencegah adanya energi negatif),
sajen pelaminan (ditaro dibawah pelaminan atau dibelakangnya...biar ga ada yg jahatin..dan ini kejadian di sasono utomo..orang gedungnya bilang kalo bisa gw bikin sajen sendiri...soalnya pelaminan di sasono utomo kalo kurang sajen suka ambruk huheuheuhe walaaah...hal ini diduga karena bu Tien sebagai pendirinya sangat percaya kepada leluhurnya dan sajen2 itu buat menghormati mereka..)
sajen siraman, n sajen2 lain yang cukup banyak menurut gw..dan nyokap gw yang setengah jawa itu bikin sajen2 ini dengan niat banget dan sangat excited (pas dia nikah pake adat palembang..jadi harap maklum)...tujuan sajen2 ini menurut buku dan bude2 gw..adalah untuk menghormati leluhur dan eyang2 gw yang udah keburu "dipanggil"..berhubung orang jawa jaman dulu menganut agama Kejawen..jadi selain doa..ini bukti bahwa kita ijin sama para leluhur biar acaranya lancar...(gw sempet bt sama salah satu perias adat yang dengan santainya bilang ke mertua gw kalau sajen2 itu ga gt perlulah...acara adat bisa dimodifikasi..khan cuman buat pantes2an aja...WHAT...gw sampe kaget dan ga respect lagi sama dia...untung gw ga dirias sama dia....males deh perias adat kok meremehkan adat..)

perias adat>>ini yang waktu itu cukup krusial....mertua gw minta perias gw jangan laki-laki(padahal sake kandidat kuat pas itu....soalnya sahabatnya tante gw..hihihihi)...dan ternyata eh ternyata...ada syarat2 juga untuk jadi perias adat jawa khususnya yg memaes...
ibu perias yg memaes, harus udah pernah mantu atau ngawinin anak....gosipnya kalo belum pernah ngawinin..paesnya akan lebih mudah luntur (fyi pindih bahan untuk maes itu memang selalu basah..) dan ya memang dibuktikan di beberapa kejadian..paesannya luntur kalo si pemaes belum pernah mantu...makanya perias gw yg malam alias mba ani dari sanggar kencana lestari..biarpun mbak ani belum mantu...tp ibunya ibu IS yang "megang" gw diawal, mulai dari kerik2 bulu sampe garisin paesnya...jadi alhamdulilah yg maes gw tetep ibu2 yang sudah mantu :)

seserahan adat>ini yang lucu..list seserahan adat gw berdasarkan kepada list seserahan adat jawa jaman dulu....ini listnya

a.paningset utama/baku : cincin polos tanpa mata, seperangkat perlengkapan pakaian wanita (stagen, kain batik truntum, sindur,dan semekan atau sekarang bisa dibilang bustier ya)
b.paningset abon-abon ..atau akar2 pengikat : jeruk bali, tebu wulung/tebu hitam, sekul golong (nasi yg dibentuk jadi bulatan dan setiap2 bulatan dibungkus daun pisang(tx to my tante2 yg ngebuatin nasi ini pas acara), pisang mas, dan perlengkapan makan sirih (ini gw pinjem punya nenek buyut gw yg orang palembang,..perlengkapan sirih gw terbuat dari full perak dan bentuknya ukiran palembang gt..keren sekali)
c.pangiring paningset : berbagai macam hasil bumi : beras, umbi2an, dan lain2 (ditambah bumbu2an dapur juga sih)
d.sesaji pelengkap paningset : (ini yg rada ribet nih)...sepasang ayam idup (agar jodoh keduanya kekal)>>tx to abi yg mau bawa 2 ayam sekaligus..walaupun udah dikurungin tetep aja menakutkan ya bi..hihiih,,,2 buah kelapa gading atau kelapa muda untuk simbol ketajaman pikiran, dua batang tebu wulung sebagai simbol keteguhan hati, last....bahan jamu : jahe, kunyit, kencur, empon2an : sebagai simbol kesehatan bagi kedua mempelai :)

ini seserahan wajibnya..krn ibu mertua gw pada saat itu cukup kerepotan, jadilah gw yg nyari semua..dan di"ganti" ibu mertua gw..syaratnya ya itu...harus "dari" pihak laki2..entah yg buat..atau uangnya :)

selain itu juga list penyiram gw pas gw siraman tuh wajib kudu ibu2 yang sudah pernah mantu dan masih ada "bapaknya" alias suaminya...jadi kalau janda gak boleh nyiramin gt deh...dan ternyata mertua gw juga memberlakukan hal yang sama pas siramannya farid...ternyata memang pakemnya gt...

---- enough ttg kejawaan gw pas nikah, sekarang pas gw hamil---

gile pamalinyaaa ampun2an..pas nikah sih pamali2nya bisa gw atasi...kaya ga ketemu pas malam midodareni,(tp tetep smsan n tlp2an)....heheheh puasa senin kamis (katanya harus mutih..gw sih puasa beneran..hihiih)

nah pas gw hamillll.....kehebohan jawa ini mulai lagi :
1.pamali ngomong yg jelek2 ttg orang
2.pamali bunuh binatang
3.pamali potong rambut (hal ini baru gw ketahui setelah hamil 1 bulan..dan MENYESAL POTONG RAMBUT..tau gt gw biarin panjang ajaaaaah......entah sampe kapan gw dah boleh potong rambut)
4.pamali menjahit sesuatu (padahal pas hamil awal2 gw sempet jait baju gw yg bolong..berhubung gw ga tau..ya gw amit2 aja..abis itu tidak megang jarum n benang lagi...padahal gw gemes banget pengen jait...apalagi jait kebaya nujuhbulanan gw sendiri..huuuu)
5.pamali iket2 sesuatu : sampe gw ngiket plastik aja..sama emak gw dibuka lagi..trus dia yg iket..hauhauhuah ada2 aja
6.pamali ngumpetin makanan dikamar (gw sering umpetin makanan, soalnya adek gw yg gendut itu kalau makan suka lupa orang lain....jadi menghindari pertikaian..gw nyimpen makanan kering dikamar..) dan ternyata pamali..katanya bayinya bisa gendut (hmmm.....gimana yeeee)
7.pamali makan es batu atau minum dingin :katanya bayinya bisa gemuk dan besar ..lho bukannya bagus ya?????kebetulan akhir2 ini gw lagi ngidam gigitin es batu ukuran kecil2..hihihihihihihi
8.pamali belanja sebelum 7 bulan >>masuk akal...kalo keseringan belanja dan stress2 sebelum 7 bulan, selain mengakibatkan salah beli (mustinya untuk anak cewek lahirnya cowok..hihihih)..juga menghindari kecapean....MASUK AKAL
dan pamali yg terakhir ini gw tentang abis2an karena ga masuk akal
9.pamali keramas atau cuci rambut selama 30 hari setelah melahirkan>>>buset...lu aja sama keluarga lo yg ga keramas sebulan..gileee..ga masuk akal....


aneh2 aja yaaaaa.........untung ga ada pamali chatting dan nonton TV...heuheuheh krn jaman dulu belum ada teknologinya..hihihhihh

bulan ini gw harus ngadain acara nujuhbulanan...request bokap gw. karena insyallah ini cucu pertama, jadi harus ada selamatan (setelah sebelumnya udah pengajian 4 bulanan)..gw sih asik aja :) ada kesempatan buat kebaya pas lagi hamil besar..hehehehhehehe...dan kayanya akan ada acara semacam kekahan dst kalo anak gw dah sebulan gt....entah adat apa yg dipakai..feeling gw ga lain selain jawa..hihihihhhi

so buat temen2 yg kemarin nikah ala adat jawa....apakah anda sejawa keluarga saya????hihihihihihihhi...gw yakin ga segitunya :)

No comments: