Thursday, October 15, 2015

wa ba h

ya ampun blogkuuuuuu kok kamu sepi ^^

maafkan ya...

gw edisi typhus plus anak SD itu ternyata mamaknya ribet juga ya ^^ kegiatannya tambah banyak, mamaknya nongkrong tambah sering deh :)

sekolahnya Ava gimana? seru ga? asik ga?

alhamdulilah so far ok dan maaf banget demi alasan pribadi gw ga bisa banyak info detail tentang sekolahnya Ava.

per akhir September kemarin selain kemarau panjang juga mulainya banyak wabah penyakit, gw dan nyokap kena tipes :"( terus banyak anak teman yang kena rotavirus dan........CACAR!

masalah utama di Cacar adalah vaksin ini lagi susah banget di negara kita. Ada yang bilang karena gagal panen, pecah kongsi atau lain-lain.
walaupun yes gw tau di vaksin belum tentu habis itu ngga kena sama sekali, tapi paling tidak bisa mengurangi sakitnya kalau kena. (buat yang ngarep kalo udah di vaksin terus ga kena sama sekali, coba baca lagi referensinya yaaaa....)

di kelas ava sayangnya menjadi wabah karena cacar ini kan inkubasinya 10-14 hari, jadi mungkin teman yang pertama sakit ngga tau kalau dia carrier varisela, by the time di badannya muncul bintik, virusnya sudah beredar ke satu kelas. untuk itu diminta baiknya dirumahkan selama 14 hari, pasti bosen ya tapi ingat kita harus mikirin lingkungan sekitar kita kalau gini, jangan egois "ah anak gw udah segar kok, ini tinggal kering2nya aja (justruuuuuu baiknya cacar itu sampe bersih dan mulus baru boleh sekolah loh)"

semenjak yang pertama sakit, selama dalam 10 hari itu bertumbanganlah teman-teman kelas ava, puncaknya 10 anak dan 1 orang guru (dimana istri pak guru sedang hamil muda) kena cacar :(
dan salah satu teman ava yang kena itu ibunya lagi hamil 9 bulan dan lagi nunggu lahiran, plus teman-teman kelas semua sudah merencanakan liburan sekolah dan beberapa akhirnya merelakan tiketnya hangus...

sekolah sudah di disinfektan, dan diliburan but again, inkubasi virus ini yang kita ngga tau, anak yang kemarin masih ketawa-tawa main sama anak kita taunya besok udah muncul bintik sekujur badan.

bukan hanya disekolah ava, beberapa sekolah lain juga wabah cacar, beberapa bahkan bilang ada yang baru 1 minggu sudah disekolahin dengan alasan takut tertinggal pelajaran (boleh deep sigh*)
ada juga sekolah yang wabahnya HFMD ..dimana masa inkubasi lebih sebentar jadi bisa cepat ditangani kalau ada yang sakit.

so far Ava? alhamdulilah masih bertahan, ava dan 12 anak lainnya dikelas masih bertahan sampai sekarang, mudah-mudahan inkubasinya putus sampe di minggu lalu. banyak yang bilang gapapa kali kalo kena sekarang daripada repot nantinya, iya gw pasrah gapapa lah, tapi boleh ga abis minggu ini :D karena minggu ini Ava persiapan konser Yamaha dan dia udah niat banget latihan beberapa bulan ini.

ava memang sudah booster di umur 5 tahun, tapi keponakan gw rayden (16months) belom vaksin varisela dan gw juga mikirin bapak gw kalo doi kena (udah kena belom tentu ga kena lagi loh yaaaa), bayangin 250 orang penumpang + 11 crew dan ratusan orang di airport yang mungkin bisa kena dari dia.. HAYOOOOH parnonya gw sampe segitunya.



Kalau quote dari kepala sekolah ava jaman playgroup ketika ada yg memaksa masuk padahal lagi sakit

"Jangan hanya egois memikirkan anak sendiri, kesehatan anak lain dan lingkungannya juga harus kita pikirkan. Kita ngga pernah tau separah apa anak lain n keluarganya jika tertular penyakit dari anak kita"

Social responsible at it best!



sehat-sehat ya semuaaaaa........

No comments: