Monday, February 2, 2015

Japan trip the preparation

Haiiii.... mau sharing buat persiapan japan trip gw kemarin....karena kita pergi pas winter dan suhunya around 0-10°c (beberapa sempet minus atau anginnya kenceng).
Plus jepang kan bahasanya gw sama sekali ngga ngerti....warga negaranya jg hampir ngga bisa bahasa inggris dan jarang ada tulisan latin... jadi preparation ini gw buat cukup lamaaaaaa dengan survey dan browsing sana sini..ready....

°Untuk estimasi biaya naik train ,bus dan juga tiket2 theme park bisa dilihat di website dan juga hyperdia (untuk transport cs)
°jangan lupa check jadwal libur nasional jepang, karena biasanya toko2 tutup dimana2 (khusus untuk tahun baru dan perayaan agama). tiap website themepark atau attraction site biasanya siapin tanggal2 libur. dicheck aja
°gw sangat tidak menyarankan bawa stroller karena ngga setiap station ada lift, malah di tokyo kebanyakan tangga tinggi banget ...di themepark rata2 menyewakan stroller kok..asal datangnya pagi2 banget...karena ngga banyak jumlahnya.
°kalau agak ragu sama petunjuk arah. mendingan TANYA sama petugas yang jaga di setiap gate. kalau bingung ngomongnya. tulis di aplikasi translator dan suruh dia baca (gw pake talking translator dan download keyboard kanji utk memudahkan mereka juga kalo mau ngomong sm gw)
°jasa pengiriman koper sangat memudahkan hidup gw kemarin 5 koper LARGE size dibawa2 pindah2 kota sangat ga mungkin! ingat untuk kirim koper membutuhkan waktu seharian, jadi kirim 1 hari sebelum lo sampai kota tujuan. kecuali lo naik keretanya di weekdays dan diluar rush hour (tokyo rush hour lebih horor ketimbang osaka rush hour)! bawa2 aja ngga masalah.
°reservasi kursi shinkansen sangat disarankan (kalau sudah beli JRpass, reservasi kursi gratis) , apalagi kalau bawa orangtua atau anak2, kursinya lebih nyaman drpd gerbong biasa dan ngga rebutan (rebutan ala orang jepang ya... ^^) dan kalo bawa koper bisa request kursi paling belakang jadi taro koper persis dibelakang kursi lo (ga bakal terganggu karena spacenya luas banget). dan ngga ganggu orang lain jg.
°anak2 dibawah 6 tahun kebanyakan free. termasuk tiket kereta sebenarnya, tapiiiiii kalo anak gw ga pegang tiket kan dia otomatis harus dipangku dan jatah kursinya ga ada dong. jadi gw beli semua tiket transport untuk anak2 (kodomo). termasuk IC card (ICoCA, suICa,pasmo, etc) dan JRpass. ngebayangin harus pangku bocah 25kg selama 2jam perjalanan shinkansen mayan ya!
°bawa pasport kemana2, semenjak april 2014 jepang memberlakukan tambahan tax 8% disemua tempat, jadi harga2 yang ada biasanya belom sama tax, dan tanyain bisa ada tax refund ngga buat tourist. tax refund biasanya bisa langsung dikasirnya atau di counter tax refund di dept.store tertentu (odakyu, bic camera etc)
°JRpass wajib sih menurut gw kalau pergi lebih dari 1 kota di jepang etismasi biaya tanpa JRpass kalo naik shinkansen bisa diliat di website hyperdia (atau appsnya) ... kalau cuma 1 kota terus kalau diestimasi biaya kurang dari harga JRpass sih ga perlu beli.. jrpass dewasa itu sekitar 3juta (utk yg 7hari).
°gw kemarin sewa mobile wifi karena kalau pakai simcard sayang harganya... gw sewa mobile wifi untuk 10 hari (bisa dipakai untuk 10 gadget) dengan harga yang sama dengan 1 simcard..
°gw kemarin ngurus visa jepang karena berangkatnya awal januari dan masalah bebas visa kan belum pasti,daripada repot dan ga bisa masuk kaaan he he he... gw visa urus sendiri ngga pake calo2an dan gampang banget..paling calo2 disana yg rese dan ga tau diri antri!!!ditegor malah lebih galak...satpam kedutaannya jg kaya buta tuli..liat calo2 nyerobot antrian...untung waktu itu gw bawa payung, gw bilang ke calo itu kalo ga antri ..nanti rasakan "lembut"nya payung gw.... abis ini gw mau kirim complain letter ke kedutaan besar jepang di indonesia....ajaib bgt isinya...(marah2 dikit....)

segini dulu kayanya....persiapan itin gw sih kurang lebih 4 bulan plus bacain review satu2 di tripadvisor karena gw bawa 1 anak dan 2 orang tua yang moodnya sama tingkat energinya mirip sama anak 5 tahun ^^

selamat merencanakan liburan

1 comment:

Putri said...

:) yang pasti harus extra sabar ya bu