Tuesday, December 13, 2011

nightmare on the holiday





last weekend kami merencanakan ke malang untuk absen ke Batu Secret Zoo di Jatim park 2 liburan ini sudah direncakan dari bulan september...semua tiket dan penginapan sudah diurus rapiiiih...kita nginep di Pohon Inn, berdasarkan reviewan dan juga lokasi untuk ke Secret Zoo'nya menurut gw lumayan laaaah...


liburan ini special untuk Ava dan Papinya, karena setelah dari Taman Safari kemarin itu, ava keliatan happy banget, dan bapaknya pun ngerengek2 minta ke zoo juga...gw pikir sekalian kita lihat kota Batu dan Malang :)
toh dingin ini (bapake ava nggak suka panas2an..takut item katanya)....


kita berangkat jumat pagi dengan 1st flight (naik apalagi kalo bukan Garuda :)) ...etapi rabu malam si ava kebangun dan nangis-nangis ternyata dia demam 38.5'c ....saat itu gw kompres air anget dan juga gw pantau panasnya,,,dia bilang lehernya sakit, kayanya radang,,,gw bertahan nggak kasih obat karena ava masih ceria, jumpalitan, lari2 dan makan lahap...


hari kamis ava sehat..bener2 sehat nggak ada tanda2 sakit atau apa..tapi tetep gw kasih minum air putih yang banyak..no ice cream, no kerupuk, no gorengan...
jum'at pagi kita berangkat dengan ceria dan sedikit rusuh, karena ternyata bapake ava ada beberapa barang yang belom masuk koper...


gw sendiri tengah malam sempet bongkarin koper ulang, karena ternyata ava kopernya udah sendirian, ga bs gabung....alhasil koper ava dibawa masuk cabin, koper lain masuk bagasi..
gw cerita langsung ke mimpi buruknya boleh??reviewan jalan2nya ntar dulu ya.... *pening*


jadi setelah terbang ke Malang dan landing dengan selamat tanpa kurang suatu apapun, kita langsung dijemput sama orang Garuda Malang (maklum gw datang sama Ibu Boss Uti Ava yang pengen liat Batu Secret Zoo jugak)...*kalo gw sekeluarga doang yang datang mana mungkin disambut pake arak2an gini (lebay bay bay)...


kita udah request rental car...requestnya Innova abis itu langsung cabut makan...udah makan siang, kita langsung ke Batu untuk check In,,dan sampai hotel persis jam 1 siang :)
*review hotelnya ntaaarrr*
terus istirahat bentar, kita muterin Batu, dan ujungnya turun keMalang mau makan rawon nguling yang terkenal... apa daya si rawon sudah habis tandas, jadi pak supir bawa kita ke Inggil MuseumResto :)
makan disitu sampai abis maghrib dan mampir ketempat batik dulu....
abis itu balik ke hotel.....tiba2 lapar lagi hihihihih..kita room service.....dan menikmati view gunung dari kamar hotel yang jendelanya segede2nya....


abis itu bobo dong yaaaa....Jam 12 malam ava kebangun nangis2 karena idungnya mampet, gw (yang kecapean banget dan setengah sadar) gosokin transpulmin bb..gw lupaaaaa....ava ga kuat kulitnya sama salep ini..hiyaaah..makin nangis dia...tp idungnya udah bisa napas katanya , bapaknya sempet2nya ngamuk2 ke gw... (sempet2nya deeeh)...efek panik  juga sih....
gw lap2 pake handuk dan kasih telon, pakein kaos kaki dan kasih susu, ava tidur lagi....


jam 3.30 pagi bapaknya ava bangunin gw dengan panik..
"ma...ini ava kenapa kok goyang2"
gw setengah tidur
"ngigo kali pa.....selimutin aja"
bapak panda ga tau ngapain pokoknya gw masih tidur karena super capek...
"ma...MA ANAKNYA MENGGIGIL!!!!BADANNYA PANAS BANGET MA!!"


gw denger gitu langsung duduk kaget, lari ke koper ambil temp yang emang gw bawa kemana2..
masih menggigil dan ngigo :( ...gw ukur suhunya 39.5'c sodara sodari!!!
paniklah gw...sampe cuma bisa bengong sama melukin ava....
bapak panda lari ambil tempra di tas obat, anaknya dibangunin disuruh minum tempra dan juga air putih yang banyak....


ditunggu 5 menit makin menggigil, gw ukur suhunya 39.9'c ...gw pikir krn malang dingin banget (dikamar kita ada ventilasi besar2 yang ga ketutup kaca, tapi cuma ketutup kawat nyamuk)...
gw langsung suruh bapake tlp kamar nyokap dan kasih tau kalau ava demam...


nyokap lari ke kamar gw dan PANIK!!!!mukanya super panik ,tapi tetep tenang karena muka gw udah lebih PANIK lagi...gw yakin nyokap takut gw malah ashmanya kumat kalo dia jejeritan...
nyokap nyuruh bapak panda tlp receptionist tanya ada dokter nggak disitu...
receptionist ditelepon2 TIDAK DIANGKAT!!!!


dengan inisiatif Panda, bapake lari turun kebawah dan tanya dokter,,,,gw masih dikamar sambil melukin ava dan kaya orang setengah sadar :( ....gw bingung mau apa.....jauh dari rumah, nggak tau siapa yang mau ditanya jam segitu...gw bbm dokter endah jelas beliau tidur...gw masih bengong aja...asli shock!!!!




bapake telepon dari bawah bilang, dokter nggak ada, tapi 5 menit dari sini ada rumah sakit besar, hotel nyediain mobil untuk kesana, kita harus siap2 untuk jalan.
nyokap bilang "UDAH LANGSUNG UGD AJA!!!"
ya udahlah..gw ganti baju dan bawa baju ganti + popok ava banyak2 di tas punggungnya bapak panda...
obat2an gw bawa semua, sama temp'nya juga...
ava digendong bapaknya ke mobil...pas di Lobby..itu LOBBY hotel RAMEEEE karyawan yang mau assist kita ke mobil (dari lobby ke drop off area emang jauh)...lah kenapa ditelepon2 kaga diangkat ya????


gw duduk depan, ava dipangku bapake, emak gw disebelahnya,,,,pak supir yang security hotel bilang "rumah sakitnya cuma 5 menit dari sini mbak"...gw udah tegang panik ga tau musti apa...


jalan dikit,,tau2 si ava batuk dam MUNTAH sodara2......kena celana bapaknya :( jadilah mobil bau muntah...
sampe RS. kita lsg ke UGD,.pak security disuruh nyokap bersihin jok, biar gak bau2 amat (bersyukurlah gw n emak hobby bawa tissue basah sebanyak2nya)...


di ruang UGD dokternya tanya2 (belom periksa) ini anak sakit apa, kenapa, dan gw jelasin plus kasih tau obat apa aja yg udah gw kasih....
ava udah nangis dan rewel aja liat susternya :( ....ava disuruh tiduran di dipan periksa, susternya datang kasih pengukur suhu jaman baheula....
jelas anak gw macam ulet keket ini ga bisa diem dan ujung2nya ga bisa diukur..
gw tanya apa boleh pake pengukur suhu digital punya gw...katanya boleh....
diukur suhunya 39.9'c
nunggu 10 menit...dokternya baru meriksa ....
katanya radang, ditanya sesiangan makan apa
seinget gw si ava minta ice juice 2x, bakso, goreng2an gitu....
yaaaaa...ketauan deh....


nunggu lagi 10 menit....dokternya bilang "dikasih obat panas lewat dubur ya bu"....
gw bilang "iya dok silahkan"
baruuuuu 10 menit kemudian susternya datang dan kasih obat itu..... padahal tuh obat ada di lemari penyimpanan yg ada dibelakang si dokter..
kata emak gw 
"ooooh kan kita di Jawa ya..jadi alon2" (dalam hati gw mau jerit2 biar pada cepet anak 39.9 udah menggigil parah masa penanganannya lamaaa gilaaaak)


udah dikasih obat, nunggu lagi 10 menit buat obat2annya,,obat pilek batuk yang gw bawa itu diminum,dikasih obat pereda panas, dan juga dikasih obat mual..plus...JRENG JRENG...antibiotik...
inilah perdana ava minum antibiotik, gw udah ga bisa mikir!
ini jauh dari rumah, jauh dari 5 orang dokter anak ava (iyeee ava punya dokter anak sampe 5 biar kalo 1 keluar negeri, 1 operasi, 1 jalan2 masih ada yang bisa didatengin), dan jelas gw ga mau sampai kenapa2, toh ini yang kasih obat dokter juga toh?ga mungkin dia lulusan sekolah makeup kaaaan...


dia jelasin sih itu obat apa aja, fungsinya buat apa,ya udah gw pasrah..gw bismillah aja, Allah juga tau kan ga mungkin Ava sampe dibawa ke UGD kalo ibunya mau ngeracunin dia...jelas ibunya mau ava sembuh dan sehat....


pulanglah kita ke hotel, dengan ava yang sudah tidak rewel, pas sampai hotel suhu badannya di 39'c. ava terus keringetan tapi sudah tidak menggigil....
paginya dia bangun cerah ceria,,,dan ngerengek2 minta ke zoo..karena dari kamar kita jelas itu kebon binatang keliatan jelas, dan suara2 binatangnya ASLI JELAS BANGET....
ava makannya agak rewel, tapi badannya gak panas sama sekali...
gw bawa breakfast dulu...dan minum obat, abis itu kita liat zoo'nya...langsung pesan eBike, karena emak malas jalan...dan gw liat ava juga takut tambah sakit...
seharian di Zoo ava sehat, ga demam, ga rewel, makan juga mau....tiap mau diajak pulang nangis gegerungan :(
pokoknya gw pantau suhunya terus, dan kita masuk jam 10 pagi,,,selesai jam 3 sore, itu juga pake acara istirahat, makan, ngemil2...ava Happy banget disini......hati gw sedih liatnya, keliatan nih anak lemes banget, tapi maksain liatin ke gw n bapaknya juga utinya kalo dia seneeeng....


abis itu kita balik hotel dan tidur...gw ga bisa tidur....karena gw harus mantau suhu badannya ava :( dia tidur nyenyak banget,,
terserah deh gw dipikir egois atau gimana :( bukannya nanggung udah sampai batu terus ga masuk ke zoo'nya...anaknya sendiri sudah ngerti dan minta masuk :( gw sepanjang zoo berdoa mudah2an dia sehat....


malamnya nggak demam, tidur nyenyak, besokannya pulang ke jakarta juga tidur sepanjang penerbangan...dan ga rewel sama sekali...tapi malamnya pas udah dirumah..kembali demam....
senin thanks to my Gincus mamak2, yang tiba2 panik dan ingetin gw untuk bawa ava ke dokter untuk tes darah,,soalnya semalam demam lagi (ini masih efek gw yang panik dan ga bisa mikir :( ) setelah itu gw langsung ke RSPI untuk cek,,,gw baru inget hari minggu siang ava nangis2 minta keripik apel, dan dikasih sama bapaknya.....


maksud hati mau nyenengin anak,,,mudah2an dia tetap senang, tapi up until now gw masih siaga1...bahkan kondisi badan gw udah mulai drop ..krn gw ga tidur2 takut ava kenapa2 kalo malam....


masih ada dikepala gw bapak panda jejeritan bilang anaknya gemeteran, dan masih ada dimata gw itu pengukur suhu digital nunjuk di angka 39.9'c :(


pelajaran buat gw dan juga teman2.....
kalau kita liburan, jangan lupa cek dokter atau rumah sakit terdekat dari tempat menginap,,kalau bisa beberapa rumah sakit atau klinik biar kita nggak panik2 amat....
gw walaupun obat2an udah segambreng, mau gimana kalo anak gw udah demam segitu dan menggigil hebat...


gw ikutin insting sebagai ibu, suami gw jelas ikutin instingnya sebagai bapak,,gw ngga bs bayangin apa yang terjadi kalau subuh itu baik gw ataupun bapaknya nggak bangun sama sekali selama ava menggigil dan demam tinggi :(


please dont judge me...u dont know what its like...mudah2an ga sampai kejadian lagi ya dan kejadian sama teman2 diluar sana.....kalau mau judge me..inget aja gw agak gesrek dan psycho...kalau mau komen harap dipikirkan daripada tiba2 gw muncul didepan muka lo dan nyakar2 (see i'm that psycho)


ava sekarang sudah mendingan banget, udah mau makan, dan mudah2an cepat sembuh deh...
makasih teman2 yang sudah concern di twitter dan juga bbm yaaaaaa.....hug satu2 :) mudah2an perhatian kalian dibalas dengan pahala yang melimpah dari Allah SWT...amieeen....

12 comments:

Anggi Karimuddin said...

Rien... Gw deg2an baca postingannya.. Gak kebayang menggigil sampai 39,9 begitu.. Aslik gw merinding sendiri..
Ava cepat sembuh ya Rien.. *peluk*

Anonymous said...

aku ketemu Ava di RSPI udah ceriaaaa :)) cepet sembuh & sehat terus ya cantiik :-*

ini_dhita said...

ava cepat sembuh yaaa *peluk peluk*

mio said...

Ariend, gw sedih + deg2an baca postingannya.. Huhuhuhu.. Smoga gak sampe kejadian lagi yah.. Smoga cepet sembuh Ava sayang.. *peluk Ariend+Ava* :-*

grace said...

sedihnya baca postingan ini.. cepet sembuh ava.. semoga kembali ceria n nyanyi lagu budi do re mi lagi.. :)) *hug* from tante grace..

ditunggu postingan ttg kota malangnya ya ka.. :)

netta said...

deg2an banget bacanya
smg ga ada lagi kejadian kayak gini..
sehat2 terus ya ava :*

hardness tester said...

wah anaknya lucu banget, bikin ngiri aja dehh

hayfa said...

Ariend.. Sumpah deg2an bacanya.. Ngebayangin demam suhu 39,9.. :( Taliyah yg demam gitu 8bulan lalu aja gw masih kebayang smp sekarang.. :(
Alhamdulillah ada rumah sakit deket situ ya.. Walaupun "alon2"..
Cepet sembuh yaa kakak Avaa...

InsyaAllah gak kejadian lagi..

Sedih bacanya..

Tp pas baca "mau comment hati2 gasrek & psycho" gw ngakak aja loh.. Hahaha...
para RUM kesambet, baek2 yaa klw mau comment , hati2 gigi taring ter-asah..:p

Anggie...mamAthar said...

Cepeeet sembuh yaa Ava.. *bighug n kiss... Ga bs bayangin kl gw yg berada di posisi spt itu...

l i a c t k said...

baca ini jadi inget pas liburan kemaren Ghiffari juga panas.. dan gw juga sama paniknya mana panasnya br bbrp jam sebelum naik pesawat.. gw ga kebayang gimana paniknya lo liat 39.9 :S

jadi i feel u bangetttt....

eh btw gw nyamber aj.. *salaman* -lia

arienda sapari said...

@anggi : iyaaaa..makasih ya nggi,,mudah2an aghnan sehat teruus :)

@ntin : iya pas ketemu lo dia sedang melarikan diri dari tempat anak2 hahahahah

@bubu dhita : amienn makasih bubuu

@mamir : amien, makasih mamir..mudah2an kana sehat terus yaaa...

@grace : thank u, iya mau review ntar lagi deh hahaha masih trauma plus ava belom sembuh takutnya nulisnya ga "happy"

@netta : :) thank u

@hardness : :)

@hayfa : iyaaak hauhauhaha lo kan tau guaaaaah..hauhuahuahuha makasih loh maak :*

@mamaAthar : huhuhuh..mudah2an jangan sampe ada diposisi kaya gw kemarin ..sehat2 terus anak kita :)

@liactk : huhuhuh anak sakit memang bikin stress...sehat terus ya ghiffari :)

hanna anindhita said...

belum punya anak, jadi belum terlalu bisa ngerasain gimana paniknya jadi ibu yg kondisi anaknya lg sakit gitu.. but baca cerita lo diatas bikin gw terharu banget, sampe lo ga tidur karena khawatir, dan gimana lo msh trauma takut ava kenapa :') it was very touching! jadi pengen punya anak jadinya.. *seretbajusuami* haha..

hawlaaaaaaa

yahluh, lama banget ga nulis ahhahahahha. 1 Tahun ngapain aja? terlalu fokus ke IG kayanya 😁. Dan tahun lalu tuh lg ikutan fitness challeng...